Sering-seringlah Periksa Buah Pelir


Saat masih kecil, ada mitos yang mengatakan jangan suka memainkan bola-bola testis, nanti bisa masuk ke dalam dan menyebabkan kebutaan. Tapi sering-sering memeriksa kondisi buah pelir sangat penting untuk deteksi dini kanker testis.

Memegang-megang alat kemaluan ketika masih kanak-kanak memang terlihat kurang sopan. Tapi seiring usia bertambah, kegiatan tersebut menjadi hal yang lumrah dan alamiah, bahkan bisa jadi kegiatan yang menyelamatkan nyawa sendiri.

Mengecek bola-bola testis atau dalam bahasa medis disebut dengan testicular self-examination adalah teknik yang sangat berguna untuk mengetahui gejala kanker testis. Jika bisa dideteksi lebih awal, kanker testis bisa disembuhkan 100 persen.

Seperti dikutip dari Askmen, Selasa (23/2/2010), berikut langkah-langkah untuk mengecek kesehatan testis pria.

1. Cek selagi masih muda

Kanker testis adalah jenis kanker yang banyak menyerang pria muda, yaitu antara umur 15 dan 34 tahun. Meski kasus kanker testis jarang terjadi, yaitu hanya 1 persen dari jenis kanker pada pria namun tetap saja perlu diwaspadai. Jadi ketika Anda atau anak Anda berusia 15 tahun, segera periksa bola-bola testis.

2. Cek secara rutin

Memang tidak ada ketentuannya seberapa sering harus mengecek bola-bola testis. Tapi minimal sebulan sekali daerah tersebut perlu diperiksa. Dengan melakukannya sesering mungkin, bentuk dan ukurannya pun bisa dirasa dan dikenali dengan baik.

Jadi jika ada perubahan atau kelainan bola-bola testis dari biasanya, Anda perlu curiga.

3. Persiapkan waktu yang tepat

Waktu yang paling baik untuk mengecek bola-bola testis adalah selama atau setelah mandi dengan air hangat. Air hangat akan membuat skrotum (buah zakar) menjadi rileks dan tenang sehingga bola-bola testis bisa diperiksa dengan mudah.

Biasanya bola testis bagian kanan sedikit lebih besar daripada bagian kiri. Sementara itu bola testis kiri posisinya lebih rendah daripada yang kanan. Jika keadaan bola-bola testis seperti itu, tak perlu khawatir karena hal itu normal.

4. Cek secara keseluruhan

Menggunakan kedua tangan, putar secara lembut dan perlahan masing-masing testikel (bola/biji testis). Sambil diputar beri sedikit tekanan dengan jari-jari tangan. Kenali dengan baik bola-bola testis. Biasanya biji testis memiliki tekstur yang lembut dan agak keras pada bagian bolanya.

Bagian epididymis (pembuluh yang menyalurkan sperma) yang agak menonjol dan berlokasi di bagian atas-belakang testis juga bisa terasa dengan lembut. Gumpalan di bagian tersebut normal, jadi tak perlu khawatir.

Saat memeriksa testikel satu persatu, coba rasakan apakah ada massa, gumpalan atau benjolan yang tidak normal di bagian depan atau samping testis. Adanya benjolan sebesar biji beras atau kacang bisa jadi pertanda yang membahayakan testis, apalagi jika menimbulkan rasa sakit.

Jika ada kelainan pada bentuk atau ukuran testis dan ada rasa sakit, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi itu kanker atau mungkin juga bukan.

Selain gumpalan yang tidak normal pada bola-bola testis, tanda-tanda kanker testis antara lain:

  1. Pembesaran atau penciutan testis yang tidak wajar
  2. Ada cairan di daerah skrotum (kantung kemaluan)
  3. Rasa sakit di bagian bawah perut, lipatan paha dan skrotum
  4. Pembesaran dan pelembutan pada bagian dada

101 comments on “Sering-seringlah Periksa Buah Pelir

  1. andy says:

    aku mau tanya dok,
    jika bola testis yg kanan lebih besar dari yg kiri, dan aku memegang bola testis tidak terasa sakit,
    apakah itu normal dok,
    apakah bisa bola testis kanan dikecilkan..
    Setidaknya lebih besar dikitlah dari bola testis kanan

  2. rudy says:

    dok….. aku mau tanya,
    di testis kanan saya ada benjolan sebesar kacang di bagian atas, tapi saya pegang ngga terasa
    sakit…. cuman pinggang saya bagian kanan terasa sakit
    apakah bahaya ngga dok? Thank’s

    • Setau gue, jika adanya benjolan sebesar biji beras atau kacang bisa jadi pertanda yang membahayakan testis, apalagi jika menimbulkan rasa sakit.

      Jika ada kelainan pada bentuk atau ukuran testis dan ada rasa sakit, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi itu kanker atau mungkin juga bukan.

  3. kurniawan says:

    Dok ak mau tanya testis bagian atas ada benjolan lunak tp kadang2 melimbulkan sakit apabila pakai celana dalam yg terllu ketat.

  4. rudy says:

    Dok …. aku mau tanya… Jika terkena kanker testis kita melakukan hub suami istri. apakah bisa menularkan ke istri? Thnak’s dok….

  5. rudy says:

    dok…. sorry repotin, maksud saya di testis kanan atas ada benjolan udah sekitar 3minggu dan tidak terasa sakit, saya ngga periksa ke dokter dan apabila ini adalah tumor atau kanker, saya melakukan hub dengan istri,apa bisa menular ke istri? Thank’s dok……

    • Setau gue, jika ada gumpalan atau benjolan yang tidak normal di bagian depan atau samping testis. Bisa jadi pertanda yang membahayakan testis, Ingatlah bahwa hanya seorang dokter yang boleh memberi vonis positif tidaknya kanker testis. jadi sebaiknya segeralah Loe periksa ke dokter. Jika melakukan hubungan sex kemungkinan pelularan sangat kecil.

      • iswahyudi says:

        Dok mau nanya tntang testis saya , kuk testis saya yg sblah bagian bawah kayak ada benjolan segede jempol tangan , tp gk ada rasa sakit , , kira” bermasalah gk dok ?

      • Setau Gue, jika adanya benjolan bisa jadi pertanda yang membahayakan testis, apalagi jika menimbulkan rasa sakit. sebaiknya Loe periksa ke dokter untuk memastikan benjolan itu berbahaya atau tidak.

  6. reno says:

    dok,saya mau nanya,ketika saya pakai celana yg agak ketat atau penis tegang karna dipegang2 ma cewek tp tdk keluar sperma,yg ada setelah itu diseputaran testis terjadi gumpalan mcm lendir2 agak keras dan sakit,tp lama2 juga hlg sendiri apa lagi kalau sperma uda udah keluar,jd enakan,.kalau kejadian mcm ini bhya gk dok

    • Dari pertanyaan loe diatas gue agak bingung sih, disekitar testis ada gumpalan seperti lendir? mungkin maksud loe ada benjolan bukan, jika ada benjolan di sekitar testis dan terasa sakit sebaiknya loe segera periksa ke dokter untuk memastikan benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

  7. pras says:

    maaf mau nanya…
    sering onani tuh effeknya gmana??
    krn aku orangnya g nahan…
    law lg krangsang dikir ja maniku kluar meski stetes… tuh gmana ngatasinnya???
    makasih

  8. setyo says:

    dok saya mau tanya di dalam testis saya yg kiri ad gumpalan kecil tapi tidak sakit,terus testis saya besar sebelah dan saya terkadang merasa sakit di bagian bawah perut,apakah itu berbahaya dok

    • Jika ada benjolan sebesar biji beras atau kacang bisa jadi pertanda yang membahayakan testis, apalagi jika menimbulkan rasa sakit.

      Jika ada kelainan pada bentuk atau ukuran testis dan ada rasa sakit, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi itu kanker atau mungkin juga bukan.

  9. Julio Hector says:

    Dok..
    Saya ingin tanya penyakit apa yg menyebabkan testis sebelah kiri bisa membengkak dan terasa ngilu kalau di sentuh, dan susah untuk kita berdiri, saya telah baru saja mendapatkan sakit ini baru 1 minggu, penyakit apakah itu…? Apa solusinya jika itu hernia..?
    terima kasih atas perhatuannya
    Salam
    Julio.N

  10. dok…saya mau tanya testis sya yang kanan lebih sedikit besar dari yg kiri..dan lebih rendah juga dari yang kiri…itu knp ya?tp klo kantung testisnya lagi mengembang jadi satu ukuran tapi klo kisut terlihat jelas berbeda…

    • Biasanya bola testis bagian kanan sedikit lebih besar daripada bagian kiri. Sementara itu bola testis kiri posisinya lebih rendah daripada yang kanan. Jika keadaan bola-bola testis seperti itu, tak perlu khawatir karena hal itu normal. Tapi jika besarnya sudah tidak wajar maka patut diwaspadai.

      • Seventeeen says:

        Kalo terbalik keadaannya gimane? Yg kiri lebih rendah dr yg kanan dan kiri lebih besar dr yg kanan. Trims

      • Biasanya bola testis bagian kanan sedikit lebih besar daripada bagian kiri. Sementara itu bola testis kiri posisinya lebih rendah daripada yang kanan. Jika keadaan bola-bola testis seperti itu, tak perlu khawatir karena hal itu normal.

  11. Agung says:

    Dok saya mau tanya,adik saya punya kelainan dengan buah zakarnya,dy hanya mempunyai 1 buah zakar,apakah dy masi bisa mempunyai keturunan??
    Trim’s,..

    • Fungsi testis pada pria adalah sebagai pabrik penghasil sperma, dan testis diciptakan Tuhan sepasang, alias dua buah. Kesuburan pria dengan satu testis bisa jadi berpengaruh, dalam arti jumlah sperma yang dihasilkan dari hanya satu buah testis bisa jadi kurang dibandingkan jika dihasilkan oleh dua buah testis, namun jika kondisi fisiknya baik (kesehatan dan sistem hormonalnya baik), jumlah spermatozoa-nya normal (jumlah spermatozoa yang baik sebaiknya minimal 20juta per milliliter ejakulat) maka tetap punya kans untuk bisa membuahi.

  12. Dok saya mau tanya.kalau biji testisnya turun kalau di raba banyak kaya usus begitu Dok,itu normal gak dok terima kasih.

    • Setau gue jika ada kaya usus didalam testis itu mungkin hernia/ turun berok, Turun berok adalah kondisi keluarnya organ usus dari tempat yang seharusnya. Penjelasan sederhananya adalah usus melorot lewat lubang locus minoris. Jika ada tekanan besar maka usus bisa keluar melalui lubang tersebut. Bila terus dibiarkan bisa menimbulkan bahaya karena usus yang melorot ini akan terperangkap atau terjepit hingga mati dan memberikan masalah yang besar.

      • dodo says:

        Tanya dok, bnernya yg dsbut testis kanan tu yg kanan menurut kita (pasien) atau kanan menurut lawan ( dokter) .
        н̲̣̣̣̥є̲̣̥н̲̣̣̣̥є̲̣̥н̲̣̣̣̥є̲̣̥н̲̣̣̣̥є̲̣̥н̲̣̣̣̥є̲̣̥н̲̣̣̣̥є̲̣̥, bingung dok, maklum.
        Trims

      • Ya kanan menurut kita sendiri, kan testisnya punya kita sendiri.

  13. rani ramli.k says:

    mlm dok!mau tanya ank sy brumur 26 bln,sktr 1bln yg lalu testisnya besar sebelah (kanan lebih besar)sdngkan yg kiri lbh kecil,tp ukurannya beda sekali antara yg kiri sm yg kanan,sy jd khawatir dok,sy jg sdh periksa testinya,sy tekan2 tp tdk terasa skt,tp sy msh khawatir.thank’s…

    • Jika dikatakan baru sekitar 1 bulan yg lalu ukuran testis menjadi besar sebelah dan terlihat perbedaan pada sebelumnya pasti ada penyebabnya? dan sebaiknya untuk memastikannya segera periksa ke dokter.

  14. trontt says:

    ini blog buat cowok atau buat cewek sih??

  15. Anddy says:

    malam dok ! saya mao tanya.. kenapa testis sebelah kanan saya terasa ngilu dan tidak nyaman (geli).. sebelumnya saya sudah pergi ke dokter, dan bagian perut kanan bawah saya ditekan utk pemeriksaan ISK.. setelah ditekan, selang beberapa jam baru terasa ngilu dan tidak nyaman.. apakah ada hubungan ngilu tersebut dengan setelah perut saya ditekan ? thanks…

    • Sebenarnya sih, tidak ada hubungannya antara perut kanan bawah yg ditekan dengan rasa ngilu pada testis. mungkin bisa diakibatkan fakor lain.

      • Anddy says:

        Jadi, kira-kira apa saja yang bisa menyebabkan ngilu pada testis ? Thanks

      • Rasa ngilu dan nyeri pada buah zakar saat penis ereksi patut dicermati sebagai peradangan atau retraksi persarafan. Kualitas sperma akan terpengaruh bila ada peradangan yang lama, misalnya akibat penyakit Gondongan (Parotitis). Retraksi persarafan bisa akibat Hernia Scrotalis, yaitu ‘burut usus’, yakni masuknya usus ke dalam scrotum (kantung buah zakar). Dianjurkan Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Urologi untuk memastikan penyebab dan terapinya.

  16. martogi rea says:

    dok, saya mau bertanya kenapa bola buah zakar saya sering sakit terus kantong buah zakar terasa besar dok??

    • Ada kemungkinan juga keluhan yang Anda alami dapat disebabkan oleh karena Hernia (adanya usus yang turun ke buah zakar). Sebaiknya Anda segera periksa dokter untuk memastikannya.

  17. Marten says:

    dok, dah hampir seminggu buah zakar saya agak perih.Tp klo jalan atau aktifitas ga terasa. Klo lg nonton tv sambil tidur2an baru terasa ga enak. sudah sebulan ini saya latihan perut sixpack. apa ini juga pengaruhnya karena saya tidak pake personal trainer dok..

    • Mungkin ada terkena Torsio testis adalah terpuntirnya funikulus spermatikus yang terdiri dari vas deferens atau saluran sperma, pembuluh darah arteri spermatica dan plexus pampiniform, pembuluh limfe dan saraf. Keadaan ini diderita oleh 1 diantara 4000 pria yang berumur kurang dari 25 tahun, dan paling banyak diderita oleh anak pada usia pubertas 12-18 tahun. Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya torsio testis, antara lain perubahan suhu yang mendadak (berenang), latihan yang berlebihan, penggunaan celana yang terlalu ketat dan trauma yang mengenai buah zakar.

  18. Andre phanderson says:

    Dok, saya mw tany. Kok testis bagian kiri saya lebih besar dr yg kanan ? Trus kalo d pegang testisnya terasa kyk ad daging atau sesuatu yg agk hancur gitu.. Tpi ga sakit.. Itu knp ya ?

    • jika perbedaan besarnya tidak terlalu mencolok biasanya itu normal terjadi, tapi jika besarnya berbeda sekali sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penyembuhannya.

      • Andre phanderson says:

        Thanks dok. Dan apa itu yang ad di dalam kantung testis saya? Mengapa terasa berbeda ketika di pegang ?

  19. acoy says:

    dok sya mw nanya..dok buah zakar sya tuh klo lg kisut agak mlorot pnjang lo lg jongkok hmpir nmpel lantai.trus lo lg mengkerut agk gde..trus dok lo buat loncat trasa sakit d’buah zakar’y apa tuh bhya.tuh udh slma sya msh usia 14 th usia sya skrang 28th.

  20. muh says:

    dok saya mau tanya, kok buah zakar saya yang kiri lebih pnjng kalo lemes?

    • Biasanya bola testis bagian kanan sedikit lebih besar daripada bagian kiri. Sementara itu bola testis kiri posisinya lebih rendah daripada yang kanan. Jika keadaan bola-bola testis seperti itu, tak perlu khawatir karena hal itu normal. Tapi jika besarnya sudah tidak wajar maka patut diwaspadai.

  21. Andre phanderson says:

    Thanks dok. Dan apa itu yang ad di dalam kantung testis saya? Mengapa terasa berbeda ketika di pegang ?

  22. Chandra says:

    Dok di sebelah kanan atas penis saya ada benjolan tadinya kecil lama2 besar dan dipegang aga sakit.
    itu apa dok?
    Apa bisa ilang? Bila penis ke samping kanan sakit kena benjolannya

    • Benjolan di area genital dan penis banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Jika tidak sedang ereksi terlihat makin jelas, kemungkinan besar letaknya lebih di permukaan kulit. Karena tidak ada rasa sakit atau gejala lainnya seperti kemerahan atau bengkak, saya singkirkan kemungkinan peradangan akut, misalnya yg disebabkan infeksi bakteri.

  23. adam says:

    Dok.. mudah2an masih bisa jawab.. tadi sore testis sebelah kanan nyeri2 .. seperti senat-senut.. kaya pembuluh nadi lambat + nyeri.. dan menjalar ke perut bagiam bawah.. agak lama terus hilang.. sy takut torsio dok.. gak punya uang untuk bedah..

  24. adie says:

    bro dokter..mau tanya nih..dulu saat saya masih remaja sekitar 15 thn saya sering onani dan dengan macam2 cara saya onani contohnya dengan mengesekan penis ke paha posisi sambil duduk..tanpa mengunakan tangan..kadang saya lakukan di kursi sekolah.. yg mau saya tanyakan setelah sekian tahun usia 22thn setelah sy berhenti onani saya perhatikan buah zakar saya yang kiri sedikit turun sebelah, tetapi bila kondisi dingin normal..dan dikulit buah zakar saya ada beberapa urat halus yg memerah dan sedikit tegang (semacam varises) tapi tidak memutar2 hanya seperti urat berdiamater 5mm..apakah itu bisa di obati atau terapi? ato mungkin ada obatnya..terima kasih dok,,

  25. wahyuri says:

    dok saya mau tanya buah zakar saya terasa sakit sebelah kiri apa bila disentuh dan tidak disentuhpun terasa sakit gejala penyakit apa ya dok.

    • Rasa nyeri mendadak yang sangat anda rasakan di buah zakar anda. Karena mungkin itu adalah tanda dan gejala dari terjadinya torsio testis. Torsio testis adalah terpuntirnya funikulus spermatikus yang terdiri dari vas deferens atau saluran sperma, pembuluh darah arteri spermatica dan plexus pampiniform, pembuluh limfe dan saraf.

      Gejala yang ada pada torsio testis adalah nyeri yang hebat di kantung pelir yang sifatnya mendadak dan diikuti pembengkakan pada buah zakar. Nyeri yang menjalar ke selangkangan dan perut bawah sering disalah artikan sebagai gejala usus buntu. Tetapi rasa nyeri pada torsio testis tidak diikuti demam, hal ini yang membedakan torsio testis dengan adanya infeksi pada buah zakar.

  26. rizky says:

    dok saya mau tanya,di buah zakar saya ada benjolan lumayan banyak, sebesar kacang2 sepeda,tapi gak semua nya besar dok,sebelum nya si kecil2 dok tapi uda lama besar sendri tapi gak sakit dok,penyakit apa itu dok

  27. Indra says:

    Doc saya mau nanya nih, buah zakar saya terasa linu dan nyeri pada sebelah kanan dan terkadang bisa pindah kesebelah kiri. Jujur saya nafsu seks saya amat besar, sehingga kadang bisamasturbasi dan ejakulasi 5 x dalam sehari, atau paling tidak minimal ada sekali dalam sehari, dan penyebab dari nyeri tersebut terkadang membuat rasa ingin BAB.

    memang dalam beberapa bulan ini berat badan saya bertambah 8 kilo karena makan yang kurang terkontrol sehingga membuat perut saya menjadi buncit, padahal sebelumnya perut saya demikian. apakah dari perut buncit ini yang menyebabkan zakar saya terasa linu atau nyeri? sebelumnya saya juga suka mengenakan jeans saat kerja.

    Kira – kira apa penyebabnya doc? apakah dari masturbasi, penambahan berat badan (buncit) atau pemakaian celana jean?
    bagaimana cara penyembuhan dan diperlukan berapa hari untuk tahap penyembuhannya?

    terima kasih sebelumnya.

    ps. umur saya sekarang 27 tahun.

    • Penyebabnya bisa jadi dikarenakan terlalu sering onani, dan faktor lainnya. sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikannya atau anda coba untuk menghentikan kegiatan onani selama bebrapa hari untuk melihat perbedannnya.

  28. wahyuri says:

    dok saya mau tanya lagi ko ada benjolan dikantong tektis sebesar ibu jari tpi dipegang ngga sakit…..tapi saya takut dok kira kira penyakit apa ya….. mohon penjelasanya dok terimakasih…

  29. Chim say's says:

    dok mau tanya nih di ujung penis saya yg sbelah kiri ada benjolan merah kecil sih tpi ga sakit kalo di pegang itu apa ya dok apa bisa ilang?

  30. yudha says:

    dok saya sekarang mengidap penyakit gondong, saya tau karna ciri cirinya yaitu susah buka mulut, demam, lemas. nah kemudian saya merasakan testis kiri saya linu dipegang ataupun ga dipegang, dan lebih keras dibanding testis kanan, kalo posisinya testis kanan lebih turun drpd testis kiri tp ga, dan besarnya sama, tetapi dok kantong testis kanan mengkerut kalo testis kiri tidak, gimana itu dok ?

    • Penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis) adalah suatu penyakit menular dimana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah.

      Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

      Adapun mereka yang beresiko besar untuk menderita atau tertular penyakit ini adalah mereka yang menggunakan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menekan hormon kelenjar tiroid dan mereka yang kekurangan zat Iodium dalam tubuh.

  31. rio says:

    dok d buah zakar saya terasa ada seperti benjolan lagi seperti menambahnya buah zakar terasa sakit dik jika di sentuh kira” apa dok. terjadi di sebelah kiri badan .saya merasa jadi ada 3 buah zakar itu terasa sakit sekali jika d sentuh apa solusinya

    • Rasa nyeri pada testis mungkin bisa saja diabaikan oleh sebagian pria karena rasa seperti itu dianggap bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya. Tapi ada beberapa macam nyeri sakit pada testis yang tidak boleh diabaikan begitu saja karena bisa pertanda penyakit yang serius. jadi sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  32. redo says:

    dok d sebelah kiri saya testisnya lebih besar dari yg kanan . terus buah zakar yg kanan terasa bengkak dan sakit selain itu seprti ada 2 buah zakar di sebelah kiri. ibarat 1 zakar menjadi 2 seperti mmblh. gejala ini baru saya alami hari ini ketika bangun tdr terasa perih

    mohon konsulnya dok ,saya tkt terjadi apa”
    mhon jawaban nya dok. trma kasih

    • Pada umumnya, kedua testis tidak sama besar. Dapat saja salah satu terletak lebih rendah dari yang lainnya. Hal ini diakibatkan perbedaan struktur anatomis pembuluh darah pada testis kiri dan kanan. tapi jika perbedaannnya terlalu mencolok dan menimbulkan rasa sakit sebaiknya segera periksa ke dokter.

  33. dwi says:

    selamat malam doc, saya begitu tertarik ketika membaca blog ini.
    jadi begini doc, saat masih sd hingga smp ukuran penis saya (saat tidak ereksi) terlihat normal sktr 8-10 cm tetapi ketika saya beranjak sma saya perhatikan kok penis saya tampak mengkerut / menjadi kecil. sedikit info memang pada saat smp-sma saya mempunyai kebiasaan onani yang hebat. apakah ini dari pengaruh onani atau hipogonad ya doc? dan saat itu pula hingga saat ini ukurannya masih sama.
    mohon saran dari dokter, terima kasih

    • Dwi, onani tidak menyebabkan ukuran kelamin menjadi kecil. sedangkan Hipogonadisme adalah penurunan fungsi testis yang disebabkan oleh gangguan hormon. Cirinya antara lain belum terlihat tumbuhnya kumis atau rambut halus, penis tidak berkembang, suara tidak pecah, dan penampakan wajah masih seperti anak-anak atau babby face.

      Ukuran penis dalam keadaan fleksid (tidak ereksi) rata-rata sekitar 6-7 cm. Dalam keadaan ereksi, tentu akan bertambah menjadi rata-rata sekitar 10-12 cm. Perkembangan penis terjadi bersamaan dengan perkembangan testis, dipengaruhi hormon testosteron.

  34. andre says:

    saya ada benjolan sebesar kacang di kiri atas testis.. keras seperti testis… awalnya terasa sangat mengganggu apalagi jika dibuat duduk terasa nyeri… namun bukan di benjolannya melainkan di atasnya.. dekat penis… setelah diperiksa dokter di scan tes darah dll.. memutuskan itu epididimitis (klo ga salah) setelah 1 bulan berobat sakitnya mulai hilang namun terasa lambat sekali penyembuhannya.. bahkan masih ada sedikit rasa ‘tidak nyaman’. dan benjolan tersebut tetap ada.. rasanya tidak sakit.. namun jika ditekan langsung ngilu…apakah itu bukan termasuk kanker testis? dan apakah benjolan tersebut akan tetap ada?

    • Jika itu Epididimitis, adalah suatu kondisi medis yang dalam hal ini terdapat peradangan pada epididimis (suatu struktur melengkung di bagian belakang testis tempat penyimpanan sperma yang sudah dewasa). Kondisi ini mungkin sedikit dapat sangat menyakitkan, dan skrotum (kantung berisi testis) bisa menjadi merah, hangat dan bengkak.

      Epididimitis dapat diklasifikasikan menjadi akut , sub-akut, dan kronis, tergantung pada lamanya gejala. Jadi sebaiknya anda kembali ke dokter yg memeriksa anda untuk membicarkan lebih lanjut penyakit yg anda. agar ada tindakan lebih lanjut dari dokter yg bersangkutan.

  35. shane says:

    selamat malam Dok, saya ingin bertanya.Kondisinya,saya raba testis hanya ada satu. tapi selama ini saya tidak merasa sakit apapun.Selain itu, ketika ereksi,penis tidak mengarah k atas tapi tetap ke bawah dan tidak terlalu keras. Namun, masi bs mengeluarkan sperma tapi semprotannya tidak kencang dan sedikit Dok. Dok apakah kondisi seperti ini masi bisa punya keturunan? sebaiknya apa yg dilakukan?

    mohon saran dan informasi dari dokter. Terimakasih.

    • Normalnya laki-laki terlahir dengan dua buah testis (buah zakar). Tapi pada kondisi tertentu, laki-laki bisa terlahir hanya dengan satu testis. Masalah kesuburan Laki-laki yang terlahir hanya dengan satu testis memiliki risiko tinggi mengalami jumlah sperma sedikit, kualitas sperma tidak baik dan penurunan kesuburan. Artinya, laki-laki yang hanya memiliki satu testis akan sulit atau bahkan tidak bisa memiliki keturunan. Sebaiknya untuk memastikannya anda segera periksa ke dokter.

  36. hariadi says:

    Say a ♏嵺° tanya saya berumur 21thn,tinggi 160cm,berat Ƃάϑɑ̤̈̊π 51kg.
    Saat Ƙɐɑϑɑɑπ suaca dingin kulit testis saya mengkerut dan penis menjadi Lếϐïh kecil sekitar 3 cm dan þåϑα saat biasanya penis saya ©υмα berukuran 4 cm ϑäπ
    Saat ereksi ©υмα sekitar 10 cm serta ereksi secara perlahan saat ßαήĞυή ∂ï ƥäªǥϊ˚ ħarï dan
    Kedua tetis sebesar telur burung puyuh. ϑäπ rambut þåϑα pangkal penis sangat sedikit ϑäπ
    Tidak bertambah lagi. apakan ɪ̣̇ŋɪ̣̇ normal?
    Trima kasih

    • Hariadi, emang pada saat cuaca dingin sangat normal jika penis kamu mengkerut/mengecil. Dan akan kembali membesar pada saat anda ereksi. yang terpeniting bukanlah panjang dan besarnya penis tapi kekerasan pada penis, dan bersyukurlah dgn apa yg kamu miliki saat ini. Maksud anda mungkin rambut kemaluan? pertumbuhan rambut kemaluan pd setap orang berbeda, saat yg lain tidak ingin memiliki hair pubic yg lebat kamu malah pengen melebatkannya?

      • agung says:

        dok saya di vonis varikokokel grade 2 testis sebelah kiri kadang terasa sakit sewaktu beraktifitas,tapi hilang sewaktu tidur….dan apakah varikokel itu menimbulkan adanya hidrokokel????karna pas sewaktu di usg testis dan dopler sebelah kiri testisku ada benjolan lunak sebesar kacang dok..

      • Kemungkinan itu bisa saja terjadi, sebaiknya dikonsultasikan kembali di tempat anda di periksa agar dokter dapat memfollow up penyakit anda lebih jauh.

  37. rizky says:

    dok, saya pria berumur 22 tahun, saya hanya punya 1 buah pelir,.
    untuk kuantitas jumlah sperma kalau lama tidak keluar jumlahnya cukup banyak dan kental.
    saya selama ini tidak ada keluhan tentang kelamin saya.
    apakah saya bisa mempunyai keturunan??
    terima kasih

  38. sulinah says:

    Dok,saya mw tnya,saya punya tetangga anknya berumur 8buln..& dia punya buah zakar hnya 1,,itu bahaya ga dok..tlong bls yaah..thnks

    • Hal itu memang terjadi pada beberapa orang, tapi sebaiknya untuk memastikannya lebih baik konsultasikan pada dokter, karena penyakit kuli/kelamin itu lebih efektif/ akurat jika dilihat secara langsung oleh dokter yg bersangkuatan.

  39. lina-adin says:

    mlm doc.sy mw brtny.sy mpnyai seorg ank laki2.dr sjk bayi lubang kncing brda d blakang bhs kdokteran hypospodia gt.klu sy raba kantung venisnya cm ada satu,jika mengkerut klihatan kcl sbsar kelereng.yg sy mo tanyakn brpengaruhkn sm ksuburan spermany jika dy besar nti?bs kah dy pny ktrunan dgn kondisi trs doc.sy mhn solusinya.trmkasih.

    • untuk mengetahui apakah bisa mendapatkan keturunan, hanya bisa dengan cara memeriksakan sperma di laboratorium. jadi harus menunggu anak dewasa dulu baru bisa memeriksakan spermanya.

  40. iqbal says:

    salam kenal…iqbal
    mau nanya dok.sy punya buah zakar sebelah kanan lebih besar dr yang kirinya dan posisi yang kirinya lebih tinggi dari yg kanan.trus ukruan penis saya kecil seperti penis anak umur 7 tahun.saya sekarang umur 28 tahun.apa itu kaknker penis ato usus turun di buah zakar dok..
    mohon infonya dan cara penyembuhannya.
    terima kasih bnayak sebelumnya

    • Untuk menentukan itu penyakit atau bukan sebaiknya di periksakan ke dokter. buah zakar kiri dan kanan memang tidak sama persis besarnya. yg terpenting bukan ukuran tapi kekerasan pada saat ereksi.

  41. ono says:

    Pagi dokter…?
    Usia saya 24 tahun, Saya mau tanya dokter buah, zakar saya yg sebelah kiri lembek sekali dan ukuranya kecil sedangkan sebelah kanan terasa keras dan ukurannya besar dan dua duanya sering trasa ngilu penyakit apakah itu dokter n solusi tk mengatasinya?
    Terikasih seblumnya…!!!

    • Buah zakar kiri dan kanan memang tidak sama besarnya, tapi jika perbedaanya terlihat sangat jauh dan menimbulkan rasa nyeri sebaiknya di periksakan ke dokter.

  42. agung says:

    dok apakah varikokel bisa di sembuhkan tanpa oprasi

  43. agung says:

    apa benar dok varikokel terasa nyeri pada saat beraktifitas dan hilang pada saat tidur?dan apakah penyakit varikokel itu bisa menurun ke anak kita dok

  44. Hi mates, its wonderful piece of writing concerning
    teachingand completely explained, keep it up all the time.

  45. didi says:

    dok, di testis kanan saya nampak ada 1 urat seperti urat nadi pada tangan,.
    tpi bgitu diraba tak terasa timbul, dan urat’a pun tak berkelok2 ,.
    apakah itu normal dok,.?

    • Sepertinya itu Varises yang terjadi di alat kelamin pria disebut dengan varikokel (varicocele). Kondisi ini dipicu oleh pembengkakan pembuluh darah vena, terutama pada buah zakar sehingga sering menyebabkan ukurannya besar sebelah.

      Varikokel diyakini merupakan salah satu pemicu kemandulan pada pria dewasa. Selain terasa nyeri, varikokel mempengaruhi kondisi buah zakar mengecil dan mengurangi kualitas sperma yang dihasilkan.

  46. riofahriza says:

    Testis sebelah kanan saya lebih kecil di banding sebelah kiri dok.tp tidak menimbulkan rasa sakit
    apakah itu normal ????

Leave a Reply

