Efek Samping Sering Menahan Sperma Keluar?


Dok, saya sering melakukan masturbasi atau onani. Waktu masturbasi pas mau orgasme dan ejakulasi saya sering kali menahan keluarnya sperma, tidak sampai mengeluarkan sperma. Waktu saya menahan keluarnya sperma itu sensasi nikmat yang saya rasakan cukup nikmat walaupun tidak senikmat kalau langsung ejakulasi dan orgasme. Setelah itu keadaan Mr P saya jadi 80% keras, tapi saya rangsang lagi bisa keras lagi dan saya masturbasi lagi tetap tanpa sampai mengeluarkan sperma atau menahan sperma. Apakah dengan menahan terjadinya ejakulasi waktu masturbasi ada efek sampingnya atau berdampak buruk bagi kesehatan saya?

Jawaban

Menahan ejakulasi waktu masturbasi akan membuat orgasme tidak optimal. Padahal orgasme yang optimal akan diikuti oleh keluarnya hormon endorphine yang baik untuk kesehatan secara fisik, juga menimbulkan ‘sense of wellbeing’, terasa rileks secara psikis.

Dr. Andri Wanananda MS

3 comments on “Efek Samping Sering Menahan Sperma Keluar?

  1. daniel says:

    Dok mengapa y.. setiap saya melakukan onani saya terasa rilex tapi lama2 saya terasa lemas

    • Setau gue, Onani adalah aktifitas seksual non penetrasi yang biasa dilakukan pria.
      Kenapa setelah onani Loe merasa lemas karena pada saat onani loe mengeluarkan banyak energi. dan hati2 masturbasi yang terlalu sering bisa memicu aktivitas berlebih pada saraf parasimpatik. Dampaknya adalah produksi hormon-hormon dan senyawa kimia seks meningkat teramasuk asetilkolin, dopamin dan serotonin.

  2. Hanzkie says:

    Scr umum, jarak pancaran ejakulasi berapa jauh? Ada dokter yg mengatakan bisa sampai 2 meter. Apalagi jika ditekan ujung Mr. P lalu dilepas bisa muncrat jauh. Mohon penjelasan yg lengkap utk mengungkap apa dokter tsb benar.

Leave a Reply

