Jenis Bintik-Bintik Yang Muncul Pada Penis


Penis merupakan organ seks terpenting bagi seorang pria. Selain melambangkan kejantanan, organ seks pada pria ini juga menjadi fungsi vital dalam menikmati fantasi seks dan memperoleh keturunan. Oleh karenanya perlu anda memiliki pengetahuan tentang seluk beluk kesehatan penis anda.

Berikut ini saya uraikan jenis bintik-bintik yang muncul pada penis.

1. Papula Mutiara
Berupa bintik kecil berwarna cerah, biasanya tumbuh di pinggiran kepala penis dan merupakan variasi fisik yang normal dari kutil penis dan tidak berbahaya. Biasanya terjadi pada masa remaja dan akan hilang ketika sudah dewasa. Dalam beberapa kasus sering dialami pada pria dewasa namun biasanya akan hilang dalam hitungan minggu.

2. Jerawat
Jadi jerawat itu bisa tumbuh dimana saja, termasuk juga di penis. Jerawat pada penis terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori kulit pada penis. Bnayak dialami pada masa dewasa dan kan hilang dengan sendirinya. Di masa dewasa juga dapat terjadi tetapi jangan dikhawatirkan karena akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu.

3. Folikel Rambut
Dapat ditemukan pada skrotum dan batang penis hingga ujung kulup, dan biasanya bulu-bulunya halus dan sulit dilihat. Biasanya terlihat seperti bola putih kecil yang muncul transparan di bawah kulit.

4. Kelenjar Sebasea
Biasanya menempel pada folikel rambut dan berfungsi untuk menghasilkan zazt lemak sebagai pelumas. Pada penis yang kulitnya tipis dan halus, kelenjar ini terlihat dengan jelas bahkan terlihat lebih menonjol.

5. Kelenjar Apocrine
Berfungsi untuk membuat keringat di bagian penis dan sekitarnya. Pada beberapa orang, kelenjar apocrine terkadang menjadi sangat rentan terhadap infeksi.

@http://kesehatanpenis.blogspot.com/

386 comments on “Jenis Bintik-Bintik Yang Muncul Pada Penis

  1. budi akhmad says:

    siang dok,,,,,,,,,,,
    nama saya budi
    dok,,,,,,,,,,, d kepala penis saya terdapat bintik bintik dan mengkerut,,,,,,,,,,,
    saya takut sekali bagaimana mengobatinya dan apa nama penyakitnya……….
    mohonjawabannya………
    terima kasih

    • Setau gue, jika memang bintik2 dan kerutan yg ada di kepala penis tidak terasa sakit itu tidak mengindikasikan sebagai penyakit.

      Tapi jika ada kelainan dan ada rasa sakit, segera periksakan ke dokter.

    • saepul manan says:

      siang dok…di dekat kepala penis saya keluar urat kaya parises sakit sekali.mau tanya akibat apa.? Dan obat nya apa? Trimakasih sebelumnya.

      • Setau mimin, Varises yang terjadi di alat kelamin pria disebut dengan varikokel (varicocele). Kondisi ini dipicu oleh pembengkakan pembuluh darah vena, terutama pada buah zakar sehingga sering menyebabkan ukurannya besar sebelah. Varikokel diyakini merupakan salah satu pemicu kemandulan pada pria dewasa, Meskipun begitu tidak semua kondisi varikokel berpotensi menyebabkan kemandulan dan harus dioperasi. Untuk menilai seseorang butuh varicocelectomy atau tidak, medasarkan pada 3 hal yakni hasil pemeriksaan sperma, besarnya pembengkakan vena dan perbedaan ukuran di kedua buah zakar.

  2. Rino says:

    Dok .di dket ujung kemaluan ada bintik merah 2 itu penyakit apa ? Dan di tengah jg .kalo yg tengah sering gatel gatel

    • Bintik kecil berwarna cerah, yg tumbuh di pinggiran kepala penis dan merupakan variasi fisik yang normal dari kutil penis dan tidak berbahaya. Biasanya terjadi pada masa remaja dan akan hilang ketika sudah dewasa. tapi jika terasa gatal dan menggangu sebaiknya segera periksa ke dokter.

  3. anton says:

    dok, di penis saya muncul 1 buah titik merah kecil kira2 spt di gigit semut/serangga.
    kadang2 hilang dalam waktu 1 hari, dan dapat muncul kembali.
    klo saya perhatikan muncul tidak lama setelah onani.

    tidak ada keluhan sakit/gatal/berisi cairan.
    itu kira2 kenapa ya dok?

    memang sama skali tidak mengganggu, tp saya cukup penasaran.
    thanks :)

    • Mungkin itu Papula Mutiara
      Berupa bintik kecil berwarna cerah, biasanya tumbuh di pinggiran kepala penis dan merupakan variasi fisik yang normal dari kutil penis dan tidak berbahaya. Biasanya terjadi pada masa remaja dan akan hilang ketika sudah dewasa. Dalam beberapa kasus sering dialami pada pria dewasa namun biasanya akan hilang dalam hitungan minggu.
      tapi sebaiknya untuk memastikannya segera ke dokter.

  4. adietpopeye says:

    dok ada kemungkinan gak kalo kudis ato kurap di penis????
    cz ad semacam gejala kudis di kepala dan batanng penis

    • Penyebab gatal pada alat kelamin bermacam-macam. Yang paling sering tentu saja infeksi jamur. Yang juga penyebab sering gatal kelamin adalah eksim atau disebut juga dermatitis. Eksim umumnya dipicu oleh stres. Pada situasi ini, biasanya gatal lebih nyata saat Anda sedang tak beraktivitas. Saat stres berkurang, penyakit biasanya akan mereda juga.

      Eksim juga lebih sering kambuh bila kulit terlalu kering sehingga mudah teriritasi. Pada orang yang gemar membersihkan kulit kelamin secara berlebihan, maka kulit kelamin akan menjadi sangat kering, berkeriput dan bersisik. Semua hal ini juga dapat memicu munculnya gatal.

      Pengobatan yang tepat tentu saja harus dimulai dengan diagnosis penyakit secara tepat.

      • nunu uhui says:

        maksudnya diagnosis penyakit secara tepat gimana dok???
        karna saya jg mengalami sperti yang diatas, cuman ada luka di ujung kulit P, mksudnya di selaput kulit luar P. pas wkt berhubungan sering luka itu kambuh lg dan terasa perih. apakah karna setiap mandi selalu saya bersihin yg dlmnya pake sabun??? mohon penjelasannya dok. karna sering takut jg kalo nanti knapa2. trimakasih dok.

      • Maksudnya pemeriksaan lebih akurat dan penanganan lebih tepat oleh dokter. Terjadinya luka pada saat berhubungan mungkin kerena anda kurang melakukan pemanasan pada saat akan melakukan hubungan suami istri yang menyebabkan lecet/ luka pada penis.

  5. jojo says:

    dok mengenai bintik2 ini, di batang penis saya (sekitar tumbuhnya rambut2) terlihat seperti bintik2 putih gitu, bintik2nya tidak gatal, dan saya perhatikan di area yg banyak rambutny, bintik putih itu seperti tempat keluarnya rambut, tapi gak semuanya, kalo di tengah batang penis cuma bintik2 aja.

    itu apakah kondisi yang normal?? terima kasih sebelumnya

    • Mungkin itu, Kelenjar Sebasea = biasanya menempel pada folikel rambut dan berfungsi untuk menghasilkan zazt lemak sebagai pelumas. Pada penis yang kulitnya tipis dan halus, kelenjar ini terlihat dengan jelas bahkan terlihat lebih menonjol. Setau gue jika tidak terasa sakit itu tidak mengindikasikan sebagai penyakit.

  6. Baser says:

    Dok, dipangkal penis saya trdapat bintik bintik brwarna agak putih
    apakah bintik ni berbahaya ??
    Dpatkah dsembuhkan dok ??

    • Itu mungkin Folikel Rambut = dapat ditemukan pada skrotum dan batang penis hingga ujung kulup, dan biasanya bulu-bulunya halus dan sulit dilihat. Biasanya terlihat seperti bola putih kecil yang muncul transparan di bawah kulit. Tapi jika ada kelainan dan ada rasa sakit, segera periksakan ke dokter.

  7. ijo says:

    mlm DOk” dok sy mw tnya, apa obatnya jika ada bintik bintik putih seperti panu, di batang penis, ,,??

    • Dari penjelasan diatas, sulit menentukan panu atau bukan yang terdapat dipenis. karena Pengobatan yang tepat tentu saja harus dimulai dengan diagnosis penyakit secara tepat, jadi jika segeralah periksa ke dokter untuk memastikannya.

  8. Aditya says:

    Dok,saya mau tnya di kepala penis saya terdapat bintik bintik kecil dan kulitnya itu keriput,apakah itu penyakit?tpi itu tidak menimbulkan nyeri tpi saya cukup pnasaran.

    • mungkin itu,Papula Mutiara = berupa bintik kecil berwarna cerah, biasanya tumbuh di pinggiran kepala penis dan merupakan variasi fisik yang normal dari kutil penis dan tidak berbahaya. Dalam beberapa kasus sering dialami pada pria dewasa namun biasanya akan hilang dalam hitungan minggu.Tapi jika ada kelainan dan ada rasa sakit, segera periksakan ke dokter.

  9. Bingung says:

    Dokl saya mau tanya, ada bintik merah menonjol di kepala penis, ukuran kecil ada yang putih dan ada yang merah, dan in group tidak ada perih, tidak ada nanah, kencing tidak sakit semuanya normal pernah hilang sekarang muncul lagi dan sepertinya tidak mau pergi, letak kadang bedekatan 1-2 kadang 3 dan ada yang berjauhan , letak di bagian ujung kepala penis dan samping atas. saya coba setiap mandi mengunakan detol tapi tidak semuanya hilang, kalo setop yah muncul lagi. Apakah karena tidak di sunat, dari search internet sich liat dari kasat mata bukan herpes maupun siphilis, seperti kelenjar minyak yah bintil, solusinya apa yah dok…..thanks sebelumnya.

    • Mungkin itu, Balanitis adalah peradangan kepala Mr P dan kulup. Ini lebih sering dialami anak laki-laki dan salah satu faktor risikonya adalah tidak menjalani sunat. Tapi untuk memastikannya lebih baik periksa ke dokter untuk hasil yang lebih akurat dan tepat.

  10. ryand says:

    dok,saya mau tanya kalo bintik2 putih di kasaran batang dan kpala penis gmn dok?
    dan dulu prnah bgini skitar 5-7 yang lalu.
    dulu prnah saya isi pepsodent kan agak perih,tapi skrg wktu muncul lagi dan saya isi pepsodent lagi kok ga trasa perih cuman cuma dilubang penis aja yg agak perih?
    tlong penjelasan nya dok,saya tkut skali.
    makasi.

  11. erlangga says:

    dok di batang penis saya ada bintik2 kecil tidak sakit atau gatal

    warnanya sama dengan warna kulit saya penasaran apa y dok?

    • Mungkin itu, Papula Mutiara
      Berupa bintik kecil berwarna cerah, biasanya tumbuh di pinggiran kepala penis dan merupakan variasi fisik yang normal dari kutil penis dan tidak berbahaya. Biasanya terjadi pada masa remaja dan akan hilang ketika sudah dewasa. Dalam beberapa kasus sering dialami pada pria dewasa namun biasanya akan hilang dalam hitungan minggu

  12. Ervin says:

    Dok, kalau bintik-bintik putih di ujung penis persis di bawah saluran keluarnya air seni.. apa berbahaya?.. tidak ada rasa sakit dsb.

  13. Donny says:

    Dok , kok dibagian penis saya(Mulai dari bagian ujung bawah penis sampai ke testis) ada bintik-bintik merah ada yang putih atasnya( hanya bagian bawah saja ada bintik-bintik)sudah hampir 1 tahun lebih gak hilang. bahaya gak tu ? saya pernah beberapa kali merasa perih seperti panas di bagian ujung penis. apakah karena saya belum sunat ? boleh gak saya sunat sebelum di sembuhin dulu.Saya pernah coba pake sabun detol , penis saya sakit kalau di tekan. Thanks dok.

  14. wahyu says:

    dok….

    Di batang penis saya ditumbuhi bulu….(rambut)
    Apakah itu normal / penyakit ?

    Tolong di bantu dok….

    • Bisa jadi itu Folikel Rambut
      Dapat ditemukan pada skrotum dan batang penis hingga ujung kulup, dan biasanya bulu-bulunya halus dan sulit dilihat. Biasanya terlihat seperti bola putih kecil yang muncul transparan di bawah kulit.

  15. serama says:

    mohon bantuanx pak dokter….
    saya punya 2 maslah,,dbagian “P”

    1.ada semacam benjolan kecil” dan juga ada yang besar,,,warnya putih,,,benkolan ukuran kcil kadang bisa dpencet ,,dan mengeluarkan cairan kental semacam jerawat dwajah,,,bila sdh pencet kluar benjolanx ilang,,gk tumbuh lagii…
    Ini penyakit ato kewajaran???

    2.d kmaluan,,baik batang ato kantungx,,,yg saya miliki sering mengalami luka,,lecet kadang spt kulitx sobek ato mengelupas dbagian kantong dan sobek dbagian batng secara tiba”…
    Ini biasa setelah saya mimpi basah,,,
    Dan baruu tersadar perih setelah beberapa saat,..
    Apa ini penyakit berbahaya??

    • 1. Dari penjelasannya bisa saja itu Jerawat
      Jadi jerawat itu bisa tumbuh dimana saja, termasuk juga di penis. Jerawat pada penis terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori kulit pada penis. Bnayak dialami pada masa dewasa dan kan hilang dengan sendirinya.

      2. Mungkin loe pake celana dalamnya terlalu ketat atau size nya kecil sehingga menimbulkan luka lecet pada batang atau testis.

      • serama says:

        nah,,,
        Biasax juga lecetx dtg stelah maen skate dok…
        Tapii ini tumben,,,selama saya maen skate…
        Semoga benar” karena lecet biasa,,,
        Terimaksh pencerahannya….
        Info”x sangat menarikk

  16. aditya says:

    dok, di batang kelamin saya terdapat bintik – bintik. Tetapi warna bintik itu seperti warna kulit dan dari bintik itu keluar rambut atau bulu. Apakah itu penyakit ?

    • Mungkin itu, Folikel Rambut
      Dapat ditemukan pada skrotum dan batang penis hingga ujung kulup, dan biasanya bulu-bulunya halus dan sulit dilihat. Biasanya terlihat seperti bola putih kecil yang muncul transparan di bawah kulit.

  17. rino says:

    punya saya bintiknya berwarna putih, itu apa ya??
    cara ngilanginnya gimana?
    terimakasih

    • Dari penjelasan di atas kurang spesifik menjelaskannya. jika tidak mengganggu dan tidak terasa sakit biasanya tidak mengindikasikan sebagai penyakit, biasanya akan hilang dengan sendirinya.

  18. ferry says:

    Dok, buah zakar saya ada bintik2 seperti jerawat dan jumlahnya banyak, dan bila di pencet keluar cairan seperti jerawat. Cara hilanginya gimana dok?

    • Bisa Jadi itu jerawat, jerawat bisa tumbuh dimana saja, termasuk juga di penis. Jerawat pada penis terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori kulit pada penis. Bnayak dialami pada masa dewasa dan kan hilang dengan sendirinya. Di masa dewasa juga dapat terjadi tetapi jangan dikhawatirkan karena akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu.

  19. riko says:

    siang dok..
    saya punya msalah di mr.”p” ni..
    awalnya trasa gatal” d slangkangan.. trus menjalar ke buah zakarnya… ..
    awalnya trasa gatal yang teramat gatal… lalu kulit mengering dan smakin tipis dok..
    udah saya kasi salep hasilnya jg kurang mksimal.. sudah 2 tahun tp blum sembuh..
    tp skrang rsa gtalnya sudah brkurang.. kadang gatal dan kadang tidak .. bhkan muncul bintik” kmerahan d ujung penis dan btang pnisnya dok..
    saya kena apa dok??

  20. roby says:

    Dok, bintik putih yg disebabkan folikel rambut biasanya menghilang brp lama yah? kl ud bertahun-tahun blm hilang apakah itu dapat diindikasikan sebagai penyakit? bintik putih tsb tidak terasa sakit, ttp kl sy liat agak lbh membesar dibandingkan saat awalnya..
    thx..

  21. hs says:

    Dok, di batang penis sy keluar bintik2 putih kecil2 tp kalo sy pencet kadang keluar putih2 seperti jerawat..dan kok semakin lama kok smkn bnyk bintik2 nya..itu knp y dok? Dan bgmn cara mengobatinya?

  22. Zefri Andi says:

    dok dibawah kepala penis saya ada seperti bintik2 putih menggumpal seperti jamur (jika kulup diturunkan), dan jika dicoba ditarik akan terlepas tetapi mengeluarkan darah apakah ini berbahaya? bisakah disembuhkan? terimakasih

  23. Agung says:

    dok pada penis saya dibawah kepala penis kulitnya berwarna merah gatal seperti menggembang tidak seperti biasanya, apa ini lecet ato karena jamur? Mksh

  24. Andre says:

    Dok, di batang kelamin saya ada Folikel Rambut cara menghilangkannya gimana dok?

  25. wewen says:

    Dok,
    mohon pencerahan nya..
    di kepala penis saya terdapat bintik2 merah.
    Sebelum bintik merah, yg pertama timbul adalah bintik2 putih, lalu berubah menjadi bintik merah jika terjadi gesekan. (saya tidak sunat, terkadang kepala penis saya terasa panas dok)
    Sehari 2 hari bisa hilang dok,
    tapi setelah itu timbul lagi bintik putih,
    yg kalau terkena gesekan menjadi bintik merah…

    Ini penyakit apa ya dok??
    Thx

  26. Yakhin says:

    mau tx.. obat cair untuk kutu kelamin itu obat semacam obat apa ?
    minyak gosok / adayang lainnya ?

    • tindakan perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi kutu kelamin adalah:

      Mengeramasi rambut kemaluan dan wilayah sekitarnya sedikitnya selama 5 menit
      Bilas dengan baik
      Menyisir rambut kemaluan dengan sisir bergigi halus untuk menghilangkan telur
      Beberapa dokter menyarankan menggunting rambut kemaluan dengan pisau cukur listrik nonsharp untuk mengurangi jumlah kutu dan telur.

  27. Rei says:

    Hallo,,,
    saya punya keluhan di testis saya, di testis saya timbul benjolan merah gitu, gak sakit, tapi eh muncul lagi kecil jadi udah ada 2 sekarang, kenapa tuh? saya belum pernah ML tapi onani sering.
    apa karena onani kah???
    saya takut dok
    terima kasih

    • Untuk pengobatan lebih akurat sebaiknya segera periksa ke dokter. setau gue onani tidak menyebabkan benjolan pada penis.

      • Rei says:

        Terima kasih
        eh biasanya biaya periksa ke dokter kulit dan kelamin rata2 berapa ya???
        takutnya mahal bgt gitu, 50-100 ada tidak???

  28. dole says:

    dok kenapa penis saya suka mengkerut,apa ada obat nya

    • Menurut gue wajar aja kalau penis mengerut ketika kita merasa kedinginan, atau habis melakukan olah raga, tetapi bila keadaan tubuh kita telah normal maka penis akan kembali lagi seperti keadaan semula.

  29. jojo says:

    dok saya mao tnya..klo kulit kelamin putih kyk panu dan terdapat bintik2 apakah berbahaya?ud 2taon gk ilang2..ud pernah kedokter tapi gk sembuh dan gk da rasa sakit?thank

  30. ial says:

    dok di kepala penis saya terdapat benjolan/bintik warna merah pertamanya sdikit,lama” brtambah jmlahnya
    apa itu dok ?
    penyakit kulit/penyakit kelamin dok
    mkasih

  31. anto says:

    dok, di kepala penis saya dekat lubang kecing pertama tiba2 tumbuh bintik2 lebih kurang 4-5 kecil, keesokannya menjadi satu bintil yg didalamnya seperti ada air, jd seperti luka setelah kena sundut rokok. itu apa ya dok

    • Sebaiknya segera berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat ya, supaya dokter dapat memeriksa secara langsung. Dokter akan memberikan penjelasan mengenai penyakit, penyebab, dan pilihan pengobatan yang dapat dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaannya.

  32. nino says:

    mlm dok… sy mw bertanya niy dok,,, di bwh garis kepa penis saya ada luka sprti robekan,bila berhubungan itu tersa sakit dan pd batang penis menimbulkan bintik-bintik putih bening bila itu kan timbul psti terasa perih,dan makin menjalar,namun tak bnyak sy sudah coba mengobatinya,tapi terkadang ia timbul kembali dan se umur hidup sy baru saya alami saat niy….btw di karnakan apa ya dok…apakah ini bernahaya?tlg dok solusinya,sy ga ingin ini berkelanjutan,trima kasih atas iformasinya.

  33. dika says:

    dok.
    banyak bintik2 di buah zakar seperti jerawat apakah berbahaya dok.

  34. scherragung says:

    dok, klo saya di bagian testis ada yang berwarna putih dan biasanya sering terjadi luka(kata teman saya itu terkena jamur). menurut anda itu apa dan bagaimana solusinya?

    • Kalo ada bercak putih di batang penis bisa aja karena penyakit kulit yg lain
      gambaran penyakit kulit spintas mirip2
      untuk panu sendiri gambarannya berbentuk kayak bercak
      kalo panu (*Pityriasis versicolor) memang bisa menyerang alat kelamin

  35. Yugishi says:

    Di ujung penis saya ad benjolan2 merah berair yang makin lama melebar Dan menyatu dgn yg lain yang terasa nyeri jka tersenggol. Juga Di testis tp yg ini benjolanya agak mengeras tidak berair Dan terkadang terasa gatal, kira2 itu ap and solusinya ap dok?.

  36. tata says:

    Dok di batangpenis saya terdapat bintik merah besar, apakah itu jerawat? terima kasih

  37. Risnu says:

    dok di kepala penis saya terdapat benjolan warna merah pertama sedikit tp nambah2 trs,itu kenapa ya ? trs cara nyembuhinya gmna ?

  38. rio says:

    Dok saya mau tanya… belakangan ini setiap saya pipis kq ada yg ngganjal di ujung kepala penis saya… setelah berusaha ngeden br keluar seperti sperma.. itu kenapa ya dok.?
    Padahal tidak onani kq kluar spermanya…?
    walaupun cm 1 tetes…
    memang g sakit.. tp kq aneh banget dok… jd risih saya…
    solusinya dong dok…

  39. atit says:

    malam dok, di pangkal penis saya tumbuh 2buah sebesar kacang hijau berwarna merah..tidak sakit tapi terkadang gatal..kira kira umurnya sudah mau satu bulan ini blm hilang jg kira kira apa ini berbahaya dok ? and kl boleh tau dokter kulit/kelamin yg dokter anjur kan di mana…

    thanks dok..

    • Mungkin itu Herpes Kelamin, dimana gejala diawali dengan munculnya lenting-lenting bening sebesar kacang hijau di kepala atau leher penis. Lenting cacar ini luput dari perhatian dan baru terasa setelah lentingnya pecah dan menimbulkan rasa perih, lalu menjadi luka seperti lecet. Herpes kelamin harus diobati, tetapi sewaktu-waktu bisa kambuh lagi dan sampai sekarang belum ada obat yang ampuh untuk membasmi virusnya. Sekali pria terkena herpes kelamin, maka seumur hidupnya akan mengidapnya. sebaiknya segera periksa ke dokter kulit/kelamin terdekat.

  40. Ducs says:

    Klo bintik kecil wrna hitam, agak menonjol kyk jerawat itu apa?

  41. ipul says:

    Dok di pinggiran penis saya trdapat benjolan tdk mengganggu sih, tp klo d sentuh baru berasa tp ngak trlalu sakit
    I2 semacam penyakit apa yah dok? Trus solusinya apa?

    • Seperrtinya Herpes Kelamin, dimana gejala diawali dengan munculnya lenting-lenting bening sebesar kacang hijau di kepala atau leher penis. Lenting cacar ini luput dari perhatian dan baru terasa setelah lentingnya pecah dan menimbulkan rasa perih, lalu menjadi luka seperti lecet. Herpes kelamin harus diobati, tetapi sewaktu-waktu bisa kambuh lagi dan sampai sekarang belum ada obat yang ampuh untuk membasmi virusnya. Sekali pria terkena herpes kelamin, maka seumur hidupnya akan mengidapnya. segeralah periksa ke dokter.

  42. Andre says:

    d0k, di kelenjar penis saya ada tumbuh sperti jamur bgtu, itu nama nya apa ya?
    N gmana cara meng0bati..?
    TQ

    • Mungkin itu Penyakit Penis, yang sering terjadi terkena jamur candida albicans yang menimbulkan penyakit balanitis. Kepala penis berlumuran jamur , tampak selaput putih susu di sekujur kepala penis dimana biasanya akibat tertular dari pihak istri yang mengidap keputihan jamur. Untuk pengobatannya sebaiknya segera periksa ke dokter.

  43. ipe' says:

    Dok,
    Kok ada benjolan d pinggiran kepala penis sy, benjolan i2 nggak sakit tp kadang ngilu dikit, warnanya merah cerah. I2 semacam penyakit apa yah dok trus penyebab.a karna apa? Tolong solusinya dok, thz!!!

  44. indra says:

    dok mau tanya dipangkal penis didekat rambutnya ada bintik bintik hitam, tapi tidak terasa sakit, dan semakin lama makin bertambah, itu apa ya ???

  45. toni says:

    Siang dok.. Di bbrp hari ini di sekitar kepala penis saya nampak terdapat sisa sisa kotoran berwarna putih..
    Kalau di bersihkan sperti kotoran daki pada kulit namun berwana putih..
    Apakah ini berbahaya dok?
    Dan sekarang, tanpa saya sadari mncul 2 bintik luka yang perih di pinggiran kepala penis saya..
    Padahl sehari sebelumnya tidak apa-apa..
    Apakah ini gejala penyakit sifilis atau herpes semacamnya dok??
    Terima kasih..

  46. Dave says:

    Donk di permukaan luar kulit penis saya ada jerawat putih dan bernanah, ketika dipecahkan keluar jerawatnya…. dan setelah itu kalau menggunakan celana dalam agak lama terkadang gatal. kira-kira penyakit apa ya?

  47. Aldi says:

    Dok D kantung pelir it Ad bintik kcil tiba tiba membesar membentuk guratan-guratan memerah dan trs gtal. it ap dan gmn mengatasinya? Trims.

  48. kris says:

    dok mau tanya , saya ada bintik-bintik di leher sudah 3 thun dari umur saya 16 ,, saya blum mnikah .. dan di bagian pinggir lingkar kepala juga ada bintik-bintik , apakah berbahaya , tidak merasa sakit bintik-bintik tersebut .. terima kasih

  49. rio says:

    Dok, di ujung penis bagian bawah ada beberapa bintik kecil. Bintik itu seperti jerawat yg kecil. Jumlahnya tidak bertambah & tidak gatal. Itu apa ya Dok?

  50. candra says:

    Selamat sore Dok, saya mau tanya, tahun 2004 awalnya d kantung bagian bwh ada benjolan kecil putih, tp skrg sudah sebesar kacang hijau, itu apa ya Dok? terima kasih

  51. fery says:

    dok di kepala penis saya timbul sperti ruam2 kadang gede kadang kecil, dan ada keluar cairannya juga di ruam2 tersebut, ruam2 tersebut jika sudah kering nanti akan timbul lagi di daerah yang berbeda terus dok di batang penis dan di bawah kepala penis terasa gatal yang sangat.

    • Mungkin itu Herpes Kelamin, dimana gejala diawali dengan munculnya lenting-lenting bening sebesar kacang hijau di kepala atau leher penis. Lenting cacar ini luput dari perhatian dan baru terasa setelah lentingnya pecah dan menimbulkan rasa perih, lalu menjadi luka seperti lecet. Tapi sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikannya.

  52. Calvin Wei says:

    dok,gini sblm saya sunat di ujung kulit penis ada seperti bintil2 kecil di sktar ujung kulit penis saya itu ada dari saya kecil,dan sngt gatal tetapi stlh disunat ,,dan proses sunat itu sendiri kan ujung kulit dibuang dan dilipat didlm dan dijahit dan bintil itu menjadi ada di bawah kulit btang penis saja jumlhny sdkt saja ukuranny hnya seperti partikel gula,dan kadang2 gatal tapi saya tdk merasakn nyeri atau sakit ketika kencing dan berhubungan badan,, itu bukn penyakit kan dok?

  53. billy says:

    dok dlu saya terkena lecet di batang penis sekitar bawah kepala penis dikit kemudian saya beri ALbotil lalu terjadi pengelupasan kulit dan sembuh namun efeknya sampai sekarang masih tetap ada yaitu ketika akan berhubungan mr P saya teasa seperti perih namun tidak luka kemudian setelah melakukan hubungan sudah tidak terasa perih lagi biasa namun masih tetap agak geringging perih,kenapa ya itu dok?

    • Mungkin jika masih suka terasa perih saat melakukan hubungan intim karena terjadi gesekan pada luka lama pada saat penetrasi. Sebaiknya periksa ke dokter untuk penyembuhan secara baik dan benar.

  54. Asradi says:

    Dok, pada kulit kantung biji pelir bagian bawah terasa sakit jika disentuh. sampai2 untuj jalan pun susah… Ini tiba2 saja langsung muncul, padahal gak ada tanda2 sebelumnya. Dan didaerah yang terasa sakit itu berwarna hitam.. Lama kelamaan agak membengkak dan terdapat beberapa bintik air seperti lepuhan kulit…

    Ini penyakit apaya Dok???

  55. mus says:

    dok sy mau tnya ni,,,saya brsan 1 mggu lbih hubngan seks ma cwe sy,,kbtuln cwe sy pas haid.llu stlah seth menjlng 3 hr it muncul bintik2 kudis pada kulit penis,boleh tau ni pnyakit ap dok,,,n obatnya ap y dok.

    • Sebaiknya segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih akurat dan spesifik, jika itu diakibatkan karena hubungan sex pada saat menstruasi. biasanya jika berhubungan pd saat haid akan menimbulkan luka dan endometriumnya mengalami peluruhan, darah menstruasi atau sperma yang tidak steril bisa masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

  56. yupsjonathan says:

    doc bisa ketemu gak mau konsul lewat sini tidak jelas tapi jangan mahal2 yah .. kedoc mahal2 sekarang saya butuh konsul doc tolong saya ..087779201XXX saya harap docter berbaik hati ..
    hilaf doc abis jajan belakangan hidup dihantui rasa takut .sms yah klo berniat membantu makasihhh

  57. Andi ar dhyaz says:

    Dok di kepala penis sya muncul benjolan merah tetapi tidak gatal..,tapi benjolan yang ada di kulit zakar sya yang terasa gatal sekali..benjolannya berwarna merah ! Apakah itu tidak berbahaya ? ? ?
    …mohon penjelasanx

  58. Dendy says:

    Dok mau tanya nih. Saya mengalami gatal didaerah selangkangan dan sudah menjalar kepenis. Saya juga mau tanya apa kurap bisa timbul dipenis? Sebabnya ada yg tumbuh mirip kurap tidak berair tetapi gatal persis seperti diselangkangan dan testis. Mohon jawabannya…

    • Penyakit jamur sendiri sangat berkaitan erat dengan higines pribadi, makin kurang perhatian terhadap kebersihan pribadi, kemungkinan kambuh dan penyebarannya bisa semakin luas.

      Pengobatan untuk jamur sendiri harus betul, baik cara pemakaiaan obatnya juga lama pemakaiaan obatnya. Seringkali penderita penyakit jamur memakai obat selama gatalnya masih ada atau memakai obat seperlunya saja sehingga jamurnya tidak terkikis habis malah mungkin resisten (kebal) dengan obatnya.

      Baik penyakit jamur atau eksim keduanya berkaitan dengan higines (kebersihan) pribadi/perorangan.

      • Dendy says:

        Terimakasih Dok, syukur alhamdulillah udah mulai berkurang gatalnya, tapi kurap dipenis masih ada, gatal tidak berair juga tidak terbuka mirip luka bakar (lesi). Saya kasih cairan kalpanax perih dan sekarang mengitam, saya akan tunggu sampai keadaan saya membaik, sekarang saya sedang mengkonsumsi propolis untuk diminum dan dioleskan ke derah sekitar penis termasuk penisnya juga diolesi. Apa ini efektive Dok?

      • Propolis bisa digunakan untuk meyembuhkan berbagai penyakit pada manusia. Di Australia propolis sudah digunakan secara meluas sebagai obat karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dan
        Propolis mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur.

  59. Mr . Z says:

    Dok , penis saya gatal* kaya di gigit nyamuk , baru gatal setiap saat , mengapa seperti itu ?
    Apa obatnya ?

    • Loe, kurang menjaga kebersihan alat vital mungkin.Sepert penis harus dicuci dengan air dan sabun lembut minimal sehari sekali dan Sesudah mencuci alat kelamin kita, jangan lupa mengeringkannya
      dengan handuk atau lap sebelum memakai celana kembali. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya jamur yang menimbulkan rasa gataldi sekitar alat kelamin, karena jamur sangat mudah tumbuh di daerah yang lembab.

  60. ardi says:

    selamat pagi dok
    Dok mo naya nih,di kulit kantong buah zakar saya ada benjolan putih sebesar biji kacang hijau dan keras trus klo di pegang nggak sakit tp klo di pencet sakit itu kira kira apa ya dok dan berbahaya apa tidak
    trimakasih

  61. mansa says:

    Dok…bgmn dg bintik2 putih seperti daging kecil2 yg tumbuh di sekitar kepala penis, apakah itu juga termasuk jenis Papula Mutiara??Sy mengalami ini dari sejak remaja dan skrg umur sy sdh 22th,apakah itu bisa hilang dengan sendiriny tanpa melalui pengobatan atw memang harus ada tindak lanjut???Trimaksi dok….

  62. Mr. D says:

    Dok, di buah zakar muncul bintik2 putih serta muncul di bagian bawah penis, dan kadang disertai gatal, itu bagaimana dok, apakah itu berbahaya? terima kasih

  63. saya kena panyakit bintik bintik kae nanah apa obat nya ya

  64. Aldo P says:

    Siang dok…
    saya laki2 umur 22 thn…
    bgini dok skitar sminggu lebih trkhir ada 3 bnjolan merah sbesar gigitan nyamuk di kepala penis sya, 2 dpnggir kpla penis dan 1 di ujung kpla pnis, lalu yg lain ada bintik2 merah mnyebar dkpla pnis tpi hnya sdkit dok..
    tdk gatal tpi jika bnjolannya dpgang atau dtekan baru trasa gatal stelah itu tdk lg dok…
    sya tdk prnh mlkukan hubngn seksual dok tiba2 muncul sja…
    kira2 itu pnyakit apa ya dok?
    trus di beri obat apa ya dok berhubung sya krja di tmpat terpencil dok jd cuma ada toko obat tdak ada dokter dsbnya..mhon jwabannya dok..trima ksih sblumnya dok..

    • Dari penjelasan diatas jika belum pernah melakukan hubungan sexual sama sekali berarti itu bukan disebabkan karena penyakit menular sexual, mungkin anda kurang menjaga kebersihan organ vital. dan jika tidak terasa sakit dan menggagu biasanya tidak mengindikasikan sbg penyakit.

      • Aldo P says:

        trima ksih dan maaf sblumnya dok utk hubungan seksual lngsung pernah tp hnya skli dok itu pun sdh sktr setahun lbh dok..apakah mngkin slma itu msh bsa menularkan pnykit dri psangn yg brsangkutan dok?
        trus obat apa ya dok kira2 utk jnis keluhan sperti ini dok yg mngkin bsa sya dpatkn di toko2 obat,smentara smbil sya mnunggu ksempatan utk bsa konsultsi dng dokter brhubung sya bkrja ddaerah trpencil dok?
        mbca komentar sbelumnya dbwah ada yg memakai propolis,apakah itu bsa sya konsumsi dok?

      • Aldo P says:

        tmbahan lg dok smpai skrg sya mngkonsumsi ampicilin sja dok..apakh sdh benar?trims

  65. dok, buah zakar(testis) sy lecet sudah 4 hari ga sembuh2… awalnya di gigit semut trus lepas kuitnya nempel di cd… obatnya apa y dok? hatur nuhun dok…

    • Jika terjadi lecet biasa pada kulit testis diberi obat luka yg ada dipasaran juga biasanya akan cepat sembuh dalam beberapa hari. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan alat vital.

  66. Madi says:

    dok, disekitar pinggiran kepala penis saya banyak sekali tumbuh papula mutiara gitu dok..tetapi tak ada rasa gatal dll..apakah ini berbahaya.?dok mohon penjelasannya..terimakasih

    • Papula Mutiara, adalah bintik kecil berwarna cerah, biasanya tumbuh di pinggiran kepala penis dan merupakan variasi fisik yang normal dari kutil penis dan tidak berbahaya. Biasanya terjadi pada masa remaja dan akan hilang ketika sudah dewasa. Dalam beberapa kasus sering dialami pada pria dewasa namun biasanya akan hilang dalam hitungan minggu.

  67. Madi says:

    tapi dok,apkah papula mutiara tsb bisa menumbuhi kepala penis? Bgaimana cra menghilangkannya dok..?
    Terimakasih

    • david says:

      Dok,pada kulup penis saya terdapat bintik-bintik putih yang sudah lama lengket pada kulup penis saya.
      Saya sudah mencoba membersihkan menggunakan sabun tapi tetap tidak bisa lepas….
      Bagaimana cara mengobatinya dan apa nama penyakitnya?
      Mohon jawabannya…
      Terima kasih

  68. ridho says:

    dok di “P” saya gatal-gatal dan ada benjolan , kalo di pegang terasa perih kenapa ya dok?
    dan gimana cara penyembuhannya ?

    • Penyebab penis gatal2 bisa diakibatkan berbagai faktor seperti kurang menjaga kebersihan alat vital dll, dan jika ada benjolan dan terasa sakit sebaiknya periksa ke dokter untuk pemeriksaan langsung.

  69. Mr. A says:

    Permisi, mau tanya kalau pada gambar di atas itu kira2 termasuk kedalam bag/no berapa ya? Apakah berbahaya? Selama ini saya merasa tidak ada gangguan, hanya saja saya khawatir dampak dalam jangka panjang..

    • No. 3 ( Folikel Rambut )
      Dapat ditemukan pada skrotum dan batang penis hingga ujung kulup, dan biasanya bulu-bulunya halus dan sulit dilihat. Biasanya terlihat seperti bola putih kecil yang muncul transparan di bawah kulit.

  70. riqi says:

    Dok dipenis saya ada keriput , kenapa ya ? Dan warnanya agak hitam,

    • Biasanya setelah infeksi jamur tersebut meninggalkan bekas kehitaman pada alat kelamin. Infeksi jamur ini penyebabnya selain karena terlalu lembab, seperti jarang mengganti pakaian dalam bisa juga karena penggunaan handuk yang sama dengan orang lain yang terinfeksi. Namun untuk lebih dapat memastikan kelainan yang anda alami, anda dapat berkonsultasi dgn dokter untuk pemeriksaan langsung

  71. bagaimana ya cara memperbesar penis

  72. ishal says:

    siang dok.. mu nanya dong.. klo di pinggir kiri batang dket ke buah zakar ad benjolan merah tuh klo d.pijit, aga enyut enyutan sih.. ap it trmasuk jerawat juga?

  73. Dheedhy says:

    Dok, saya di diagnosa oleh dokter spkk saya balanitis (padahal sy tdk mendapatkan keluhan sakt atau rasa panas maupun nyeri) Yg ingin sy tanyakan apakah boleh dilakukan sirkumsisi/sunat saat seperti ini ? Soalnya saya baca artikel balanitis dikarenakan pria yg blm disunat (termasuk saya). Dan saya dikasih obat salep dan antibiotik obat oral. Apakah sunat salah satu pengobatan juga untuk balanitis ? Yg saya tau, Kalo mau sunat tidak boleh mengidap sakit kelamin atau sejenisnya. Mohon pencerahannya dok. Trims.

    • Memang sebenarnya pada saat melakukan sirkumsisi/sunat harus dalam keadaan sehat, tapi dalam kondisi tertentu/mendesak sunat bisa saja dilakukan kapanpun selama dalam pengawasan dokter.

      • Dheedhy says:

        Dok klo begitu apakah balanitis bs di sembuhkan total ? Atau tdk bisa hilang alias kambuhan ketika metabolisme tubuh menurun? Btw saya sudah melakukan sunat sekitar 3 Minggu lalu stlh saya posting pertanyaan sebelumnya.

  74. aso says:

    saya mengalami gatal gatal di bagian penis akibat benjolan yang muncul pada bagian penis padahal saya belum pernah ngesex ?

  75. Dyas says:

    Permisi dok mau tanya…
    Kalo dibagian kepala penis keriput dan dibagian batang sama dibagian buah zakar ada bintik-bintik yang warnanya sama dengan kulit,tetapi tidak gatal tuh penyakit bukannya?
    Kalo penyakit,penyakit apa ya dok?
    Terima kasih dok…

    • Kondisi kepala penis setiap orang memang berbeda, ada juga yg terlihat keriput. jika memang bintik2 tersebut tidak menimbulkan rasa sakit biasanya tidak mengindikasikan sebagai penyakit.

  76. andre says:

    malam dok saya mau tanya, di sekitar kepala penis sy (terlebih bagian bawah kepalanya) ada tumbuh benjolan2 kecil berwarna putih,tidak sakit, tp cukup menganggu sy karna sy takut berbahaya
    saya tidak sunat, dan dulu jarang membersihkan kelamin saat mandi (tidak membuka kulup penis dan membersihkan area sekitar kepala penis) dikarenakan kurangnya pengetahuan
    hal ini sudah lama saya alamai sejak smp namun skrg setelah sy kuliah tidak hilang2 juga…. kira2 ini penyakit atau bukan? bgmn menghilangkannya karna sy orngnya tertutup dan sangat malu untuk ke dokter kelamin
    terima kash

    • Untuk mengetahui itu penyakit atau bukan memang sebaiknya periksakan ke dokter untuk melakukan pengecekan secara visual, tapi jika anda merasa malu sebaiknya dari sekarang anda mulai rajin membersihkan alat vital anda.

  77. ryan says:

    dok ini saya mau menanyakan, di batang penis saya ada putih2 pada sekitar kulitnya seperti kulit manusia biasanya saat ganti kulit , jadi agak2 kering begitu, apa ini normal?
    , tidak ada rasa gatal dan semacamnya cuma agak khawatir saja dan berlangsung sudah agak lama namun tidak hilang2 , kalo ganti kulit manusia kan paling 4-5 hari sudah hilang

  78. titi says:

    dok, putra saya umur 7 tahun, sejak 4 hari lalu mengeluh alat kemaluan nya sakit jika kencing,juga frekuensi kencingnya jadi lebih sering dan kemarin saat kencing diakhiri dengan 3 tetes darah encer yang keluar. sudah ke dokter dan tes urine, dikasih obat antibiotik dan ibuprofen. di dalam kulupnya ada putih2 kayak bekas taburan bedak. putra saya sakit apa ya?

    • Jika memang sampai kencing mengeluarkan darah memang sebaiknya segera periksa ke dokter dan tes urine untuk mengetahui penyakit dan penyebabnya, jadi sekarang ibu tinggal menunggu hasil tes urine yg sudah dilakukan.

  79. imron says:

    Dok di bgian kantung kemih saya terdapat bntik2 bnyk dan itu tumbuh pada pori2 bulu. Trus di btangnya jg ada tp dkit. Rasa gatalnya itu cuma kdang2. Itu pnyakit apa ya dok? Dan obatnya apa?

    • Biasanya jia tidak terasa sakit tidak mengindikasikan sebagai penyakit, dan apabila rasa gatal yg timbul tidak hilang dalam waktu yg lama kemungkina itu dikarenakan infeksi kulit karena jamur, tapi sebaiknya untuk memastikannya periksalah ke dokter.

  80. arief says:

    Dok mau tanya,,,
    Saya ada varicocele pengobatanya pun saat ini terapi kemarin sewaktu hubungan kok yang keluar sperma campur gumpalan darah segar dan agak kehitaman,,,klo buat kencing tdk ada rasa nyeri keluar air seni jg normal tp setiap kecing air seni yg terakhir pasti ada campuran darah’nya tp nga banyak,,,,tolong untuk saran’nya dok,,,,trimakasi

    • Varicocele adalah pelebaran pembuluh darah vena yang dari testis, dinding vena menjadi sklerotik (menebal) dan berkelok-kelok. Pada dasarnya kelainan sama seperti varises atau hemoroid cuma berbeda lokasi sehingga sebutannya juga berbeda. Pengobatan yang terbukti cukup memuaskan adalah dengan operasi pemotongan/pengikatan (ligasi) vena yang melebar. Beberapa metode lain yang juga invasif misalnya embolisasi dan injeksi agen sklerosis. Tidak semua orang merasa nyaman dengan tindakan operasi (invasif). Akan tetapi untuk terapi tanpa operasi (non invasif) sepertinya belum ditemukan metode yang memuaskan secara ilmiah.

  81. agus says:

    dok mau tanya,penis kalau ada benjolan dbtang penis kalau benjolan itu dpegang sakit dok,itu knapa dok??bahaya gak,

    • Gejala-gejala Infeksi Menular Seksual berbeda-beda, kadang kala tidak memperlihatkan gejala sama sekali. Untuk itu tidak usah kawatir beberapa IMS dapat dikenali secara dini ciri-cirinya sebagai berikut :

      1. Keluarnya cairan yang tidak wajar (darah/nanah) dari penis atau vagina

      2. Rasa nyeri atau iritasi saat buang air kecil atau ketika melakukan hubungan seksual.

      3. Adanya luka, ruam, lepuh, kutil atau benjolan di sekitar alat kelamin atau anus.

      4. Adanya bintil-bintil berisi cairan pada alat kelamin

      5. Gatal atau iritasi di sekitar alat kelamin atau anus.

      Cirri-ciri tersebut bisa diakibatkan dari hal lain di luar IMS, jika mendapati hal tersebut sebaiknya periksa ke dokter. Apalagi bila sebelumnya pernah melakukan hubungan seksual tidak aman. Jangan sampai menunggu sampai cirri-ciri tersebut hilang dengan sendirinya.

  82. Andi says:

    dok di area buah zakar saya keluar bintik hitam bentuknya seperti andeng2 merah tetapi ada dibuah zakar, menurut saya itu akibat saya sering menjabut bulu yg ada di area itu hinga keluar bintik hitam itu, seperti gumpalan darah andeng dan jumlanya lumayan banyak, tidak gatal Dan tidak mengangu tp jelek dilihat bagaimana dok untuk menghilangkanya..?? Mohon saranya

    • Membersihkan bulu dengan cara mencabutnya, maka dampak yang akan timbul adalah iritas dan penyakit kulit. Karena lubang pada bekas cabutan bulu tersebut bisa menjadi akses bagi kuman atau jamur. yang pada proses selanjutnya dapat memicu timbulnya jamur dan infeksi pada kelamin. Sebaiknya pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  83. bobi says:

    dok di tengah batang penis saya terdapat bintik merah dan semalin lama semakin banyak. tidak sakit sih tapi saya takut aja.
    umur saya 14 thn

    • Beberapa Infeksi melular Seksual dapat dikenali secara dini ciri-cirinya sebagai berikut :

      1. Keluarnya cairan yang tidak wajar (darah/nanah) dari penis atau vagina

      2. Rasa nyeri atau iritasi saat buang air kecil atau ketika melakukan hubungan seksual.

      3. Adanya luka, ruam, lepuh, kutil atau benjolan di sekitar alat kelamin atau anus.

      4. Adanya bintil-bintil berisi cairan pada alat kelamin

      5. Gatal atau iritasi di sekitar alat kelamin atau anus.

      Cirri-ciri tersebut bisa diakibatkan dari hal lain di luar IMS, jika mendapati hal tersebut sebaiknya periksa ke dokter. Apalagi bila sebelumnya pernah melakukan hubungan seksual tidak aman. Jangan sampai menunggu sampai cirri-ciri tersebut hilang dengan sendirinya.

  84. andre says:

    Dok saya mau nanya di kepla penis saya dekat saluran kencing ada benjolan ,dalam keadan hidup baru kelihatan benjolnya ,tapi gak aada pengaruh apa2 sama saya dok,sakit atau apapun itu gak da pengaruhnya,tapi cuma benjol merah aja dok ,apakah itu akbiat keseringan onami,apakah bisa di hilangkan dok saya gak enak aja lihatnya .

  85. jodi says:

    dok, saya mau tanya di kepala penis saya ini kok rasanya keriput ya? lalu klo saya coba tekan erat2 kulit kepala penis akan muncul seperti benjol2 kecil yang warnanya sama seperti kulit kepala penis? benjolnya sih tidak besar seperti bintik begitu.. tidak gatal, tidak ber air, dan tidak perih. mohon di beri pencerahannya lewat email juga gpp thx.

    • Pertanyaannya anda sudah pernah melakukan hubungan sexual atau belum? jika belum pernah berarti itu bukan dikarenakan infeksi menular sexual dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

      • jodi says:

        saya sudah pernah melakukan. dan per tanggal 27 oktober saya sudah cek urine di lab dan ureta saya. hasilnya tidak ada bakteri ataupun jamur.

  86. jodi says:

    mohon pencerahannya dok. hasil tes urine lengkap. semua normal. tidak di ketemukan bakteri ataupun jamur. ureta secret yg berbentuk cairan juga saya periksakan swab. hasilnya tidak ditemukan bakteri. itu bintiknya samar tidak terlihat. hanya jika saat mau ereksi saya tekan atau remas kuat kepala penis nya baru terlihat.

  87. JODI says:

    mohon pencerahannya dok. hasil tes urine lengkap. semua normal. tidak di ketemukan bakteri ataupun jamur. ureta secret yg berbentuk cairan juga saya periksakan swab. hasilnya tidak ditemukan bakteri. itu bintiknya samar tidak terlihat. hanya jika saat mau ereksi saya tekan atau remas kuat kepala penis nya baru terlihat.

    saYA SUDAH PERNAH MELAKUKAN HUB SEXUAL

  88. alin says:

    malam dok saya mau bertanya keluhan di kelamin saya ciri-ciri penyakit yang sekarang saya alami adalah,ada benjolan kecil-kecil pada kelamin saya jumlahnya lumayan banyak,kalau di sentuh terasa sakit pada kelamin saya,setiap saat mengeluarkan cairan yang lumayan bau.karena saya sendiri belum di sunat umur saya sekarang 22 tahun dok.
    terima kasih dok.saya mohon solusi dan minta penjelasanya.

  89. amirul says:

    dok. sya remaja 15 thn. di kulit kelamin sya tepatnya di kantung testis sering gatal-gatal truss di tempat tumbuhnya bulu terdapat kelenjar sabasea. apakh itu yang menyebabkan gatal-gatalnya dok…??? trus gi mana cara menghilangkan gatal-gatal tersebut

    • Kelenjar sebasea adalah kelenjar berbentuk kantong kecil yang terletak di dermis, di sebelah folikel rambut, yang melepaskan sebum ke rambut dan melembabkan kulit. Rasa gatal yg ditimbulkan mungkin akibat tumbuhnya rambut kelamin pada alat vital.

  90. Iwan Iqson says:

    malem… saya ada keluhan di bagian batang dan kepala penis saya,
    terdapat luka bintik memerah seperti jerawat, gatal2,,
    itu kenapa yaa dok?

    mohon penjelasannya

    • Penyebab bintik merah pada penis bisa diakibatkan Kutu kudis yang terdapat di penis bisa menyebabkan benjolan merah yang gatal dan biasanya muncul satu baris. Lesi atau luka serupa juga bisa hadir di bagian tubuh lain jika memang memiliki kutu kudis.

      • iwan says:

        mlm dok saya sepertinya ditulari penyakit dari teman saya dok,mungkin melalui luka pada tangan saya lalu saya tidak sengaja memegang luka teman saya yang terkena penyakit setelah beberapa hari penyakit yang dialami teman saya menular ke badan saya.penyakit yang saya dertia sekarang yaitu bintik merah yang banyak pada bagian kantung,dan pada bagian bawah kepala p ada byk bintik putih dan sangat gatal dok.selangkanga tanga saya juga bintik putih jika di pencet akan keluar air.sy coba kasih salep di bagian kantung tdk hilang jga, tpi rasa gatalnya berkurang.semoga ada solusinya dok.

      • Untuk memastikannya memang harusnya ada periksa ke dokter, karena penyebab rasa gatal yg ditimbulkan bisa dari berbagai macam faktor, dan belum tentu anda tertular dari teman anda hanya karena memegang luka teman anda.

  91. Angga says:

    Penis saya di tumbuhi bintik bintik sebesar jerawat,terasa gatal dan agak ngeri jika di sentuh.
    Berbahaya gak dok,dan penyakit ap namanya.

    • Adanya bintik-bintik merah yang gatal dan nyeri atau lecet kecil di penis merupakan tanda dari herpes genital. Awalnya muncul rasa sakit atau gatal-gatal terlebih dahulu dan 1-2 hari kemudian muncul lecet. Luka herpes juga bisa muncul di paha, skrotum (buah zakar) dan bokong.

  92. Dheedhy says:

    Dok klo begitu apakah balanitis bs di sembuhkan total ? Atau tdk bisa hilang alias kambuhan ketika metabolisme tubuh menurun? Btw saya sudah melakukan sunat sekitar 3 Minggu lalu stlh saya posting pertanyaan sebelumnya.

  93. ahmad rifai says:

    dok , saya mempunyai masalah dengan penis saya , ada bintik berwarna putih dan sedikit gatal .

  94. ciyus says:

    dok emang kalau buah zakarny panjang sblh itu bsa mandul?

    • Setau mimin, belum tentu orang yg buah zakarnya besar sebelah menyebabkan kemandulan sepanjang tidak sakit atau nyeri, buah zakar yang hanya sedikit besar sebelah sebenarnya normal-normal saja.

      Tapi untuk meyakinkan Anda, coba lakukan Analisa Sperma ke dokter andrologi, hingga dapat diketahui jumlah sperma, bentuknya & motilitas (geraknya), sebagai prasyarat untuk memperoleh keturunan kelak.

  95. ahmads says:

    siang dok..td sy udah bca pluhan prtanyaan yg ada di atas tp kayanya kasusnya g ada yg sama dgn kluhan sya..sya sudah mnikah hmpir 2 thun tp sya blm d anugrahi anak..sy blum smpt priksa/konsultasi kdokter krn memang kmi msih blm mnemukn wktu yg pas krn kmi msh sbuk dgn aktifitas msing2 & kbtulan istri sy msih kuliah jd ga trlalu mntargetkan hrs pnya anak skrg2 jga..wlwpun klau dtanya prasaan tntu sja kami pngn cpt2 pnya momongan jg..saat ini sya khususnya mulai mrasa hawatir & mnduga2 jgn2 sy trmasuk lki2 mandul..krna scara fisik sy merasa pada kepala penis sya tpatnya dbawah lubang kencing ada klainan yaitu brupa bnjolan kecil sbsar kacang ijo dan ukurannya ttp sbsar itu..brwarna bening didalmnya ky cairan gitu dan seingat sya itu udah ada sejak sya msih kecil..pertanyaannya apakah bnjolan trsebut brbahaya atw tidak?..dan mngkinkah benjolan tersebut yg menghambat sya untuk bsa pnya anak saat ini?…klo dtanya msalah hubungan suami istri itu sya rasa sangat normal & bnjolan trsebut sm sekali tdak jdi msalah ktika kmi brhubungan..trimakasih sblumnya dok..mohon dngan sangat ada pencerahan dokter bgi sya..skali lgi trimaksih

    • Berikut adalah beberapa penyebab gangguan kesuburan pada pria yang lazim ditemui.
      1. Saluran sperma tersumbat, bisa karena gangguan fisik atau bawaan lahir bisa menyebabkan sel sperma tidak bisa masuk ke cairan mani. Trauma fisik yang mengenai testis, prostat dan uretra juga bisa menyebabkan tersumbatnya saluran ini. Pada beberapa kasus pembedahan bisa menyelesaikan masalah ini.
      2. Infeksi menular seksual seperti clamidia dan gonorhea bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada pria.
      3. Gangguan ejakulasi. Pada kondisi ini cairan semen tidak keluar melalui penis saat ejakulasi tetapi malah masuk ke kandung kemih. Penyebabnya biasanya karena diabetes, operasi prostat atau kandung kemih, serta obat-obatan tertentu.
      4. Penyakit autoimun. Ketidakseimbangan hormonal juga bisa mempengaruhi kesuburan pria. Menurut dr.Andon Hestiantoro, Sp.OG, kelainan enzim pada sperma juga menyebabkan sperma sulit berenang menembus sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan.
      5. Problem seksual seperti impotensi dan ejakulasi dini.
      6. Varicoceles, yakni membesarnya pembuluh darah vena di bagian skrotum dan mengganggu sirkulasi darah. Varicoceles ditemukan pada 15 persen pria dan sekitar 40 persennya menyebabkan infertilitas.

  96. endra says:

    dok saya mau tanya , ,
    di bagian btang penis ada bntik2 putih tp yang bagian bwah glen penis nya ada bntik putih kayak dbawah kulit hmpir kyak jerawat tp g mnonjol, itu bahaya apa tidak dok?
    1 lg dok kalo skrotum agak kndor itu knapa ya? makasi dok

    • Jika itu memang jerawat biasanya akan hilang dengan sendirinya, tapi jika tidak kunjung hilang dan menyebabkan rasa sakit sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikannya.

  97. parjuji says:

    Bntik” merakitar 5 biji di kpala mr P itu knp dok..gatalnya ilang” timbul dok…mhon petunju…tenks dok

    • Adanya bintik-bintik merah yang gatal dan nyeri atau lecet kecil di penis merupakan tanda dari herpes genital. Awalnya muncul rasa sakit atau gatal-gatal terlebih dahulu dan 1-2 hari kemudian muncul lecet. Luka herpes juga bisa muncul di paha, skrotum (buah zakar) dan bokong. cek disini Tanda-tanda Bahaya di Alat Vital Pria

      • andi says says:

        dok maaf anus saya terdapat bintik bintik dan rasa nya sakit sekali itu tanda penyakit apa ya…..?

        \

      • Apabila memang tidak ada faktor risiko Penyakit Menular Seksual (PMS), maka kemungkinannya dapat infeksi , perlukaan karena digaruk, atau penyebab lain. Apabila keluhan semakin mengganggu kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin karena penyakit kelamin akan lebih mudah ditegakkan apabila dilihat secara langsung.

  98. Rio Alfiyansya says:

    saya mau tau dok, bagian buah penis saya ada bintik” kecil berwarna putih jika di pencet keluarnya sperti adonan trigu dok..

    • Timbulnya jerawat atau benjolan di daerah intim memang membuat sebagian orang kesal. Namun janganlah panik dan membuat situasi lebih buruk dengan mencoba meremasnya. Meremas dapat menyebabkan peradangan tambahan, yang dapat menyebarkan bakteri yang menyebabkan jerawat, yang mengarah ke penyebaran jerawat dan kemungkinan jaringan parut.

      Bersihkan kulit Anda beberapa kali sehari dengan sabun pH netral, tapi jangan membesar-besarkan, karena hal ini bisa menyebabkan masalah lain. Jika Anda menderita pembengkakan, kompreslah dengan es untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan dan nyeri.

  99. tidak disebutkan says:

    mimin , saya mau tanya … kalau ada urat merah diatas penis atau tertutup rambut tp kalo dipegang nyeri seperti lecet , tp tidak lecet ….ada 1 bintik merah diatasnya ..
    gejala saya tidak ada dibagian kepala atau leher penis ..

    mohon bantuannya mimin ..!!!makasihh

    • Ada lecet atau koreng di penis
      Adanya bintik-bintik merah yang gatal dan nyeri atau lecet kecil di penis merupakan tanda dari herpes genital. Awalnya muncul rasa sakit atau gatal-gatal terlebih dahulu dan 1-2 hari kemudian muncul lecet. Luka herpes juga bisa muncul di paha, skrotum (buah zakar) dan bokong. cek disini Tanda-tanda Bahaya di Alat Vital Pria

  100. riski says:

    Dok di kantong testis sayakoktiba” banyak bintik bintik sepertu jerawat n rasanya sakit dok?

  101. hendra says:

    Malam,Dok. Mau nanya ,kronologisnya begini dok setelah hampir 3 hari berturut2 saya melakukan hubungan dg pasangan saya hampir 4-5x dalam 1 hari.dan setelah itu muncul bintik merah dg jarak masing2 agak jauh,,,apakah ini merupak penyakit atau cuma sekedar iritasi kulit ,smntra tdk merasa sakit. termasuk d glans penis ny juga tampak bercak memerah. trims dok. sblmny sya jg mngkonsumsi antibiotik thiamicin 1000.

    • Saat gairah bercinta sedang tinggi-tingginya, benturan benda keras pada kepala atau bagian tubuh lainnya bisa saja terjadi, sehingga menimbulkan memar atau luka lecet. Karena pelepasan hormon oksitosin saat penetrasi seks, mungkin Anda dan pasangan tidak akan merasakan apapun.

      Tapi rasa sakit karena benturan tersebut baru akan terasa esok harinya setelah hubungan seks.

  102. andre says:

    dok mau tanya kenapa ya di buah zakar saya (Testis) tumbuh bulu-bulu banyak lagi..????

  103. wandi says:

    Dok di bawah kepala penis sy ada bintik merah kyk jerawat rasax gatal dan menyebar ke batang penis sy dok…apakah itu berbahaya dok

    • Mungkin itu Herpes Simplex / Herpes Genital Penyebabnya adalah Herpes Simplex Virus (HSV) gejala yang ditimbulkan :
      • Sering tanpa gejala, bila ada, awalnya muncul rasa seperti terbakar atau gatal di alat kelamin, diikuti bintil-bintil berisi air di atas dasar kemerahan. Dalam beberapa hari bintil-bintil ini akan pecah dan menimbulkan luka lecet terbuka yang sangat nyeri.
      • Pada perempuan biasanya timbul di sekitar alat kelamin, dinding liang kemaluan dan kadang-kadangdi sekitar anus.
      • Pada laki-laki biasanya di batang penis, namun dapat juga di sekitar anus.
      • Infeksi ini dapat juga terjadi di daerah sekiat mulut.
      • Sebelum timbul lecet, biasanya didahului keluhan berupa pegal-pegal pada otot (kadang disertai demam), pembengkakan kelenjar lipat paha dan nyeri.. Kadang-kadang gatal serta kemerahan pada tempat yang terkena.

  104. riyan says:

    dokter, sy blum sunat dan di ujung kulup sy pas di bagian kulit dalam ada semacam kristal2 berwarna putih dan itu menebal sampai sekarang,itu juga gatal.ini sudah lama sy derita, sy mau ambil langkah sunat khitam tapi tidak ada biaya.apa penyebabnya dan apa yng harus sy lakukan.?terimah kasih

    • Jika loe belum siap untuk dikhitan karena hal2 tertentu. Kalau tidak disunat, harus lebih teliti dalam membersihkan daerah kelamin. Mengapa ? Karena, kelenjar-kelenjar di sekitar ujung penis kita setiap hari menghasilkan smegma, suatu zat berwarna putih dan agak lengket. Bila tidak dibersihkan, smegma akan membusuk, bercampur keringat dan bakteri, sehingga menimbulkan bau tak sedap serta dapat menimbulkan infeksi. klik disini untuk info lebih lanjut.

  105. wati says:

    ada kaya bintil di bagian bawah lingkar kepala penis suami saya, warnanya sama kaya kulit,warna hitam gitu,Q tanya gak ada rasa sakit atau gatal dok?ap itu perlu di cek kespesialis kulit?

  106. handika says:

    DOK klo bintik putih kecil” ada di bawah tumbuh nya rambut dan dibatang penis ituh apah ,gimana ngobatin nya bahaya gak dok

  107. irvan says:

    dok, penis saya tuh bengkok ke arah kanan….kmaren” sy berhubungan sex tapi memakai kondom, namun keesokan harinya batang kemaluan saya sakit bagian kiri..gimana ya dok? thx

  108. brothers6 says:

    malem dok….ni ada keluhan di testis saya terasa sangat gatal dan kalo di garuk
    kadang ga terasa sampai lecet dan perih lalu kulit testis menjadi kering dan mengelupas kadang selakangan juga gatal waktu berkeringat,ini termasuk jenis jamur apa infeksi testis mohon penjelasan dan cara mengatasinya.trims

  109. ryo says:

    dok saya mau tanya.. di batang penis saya itu terdapat ada warna hitam2nya, terus di batang juga ada tumbuh kayak jengger gitu, tapi kecil.. tapi tidak sakit dok… klo digaruk itu terasa gatal, tapi kalau dibiarkan tiadak apa2.. itu apa ya dok.. terima kasih.. mohon jawabnya dok..

    • Benjolan berupa jengger ayam dapat disebabkan oleh karena infeksi virus (penyakit jengger ayam) atau penebalan kulit biasa. Infeksi atau bisul ataupun jerawat juga dapat terjadi. Untuk mengatasinya diperlukan salep antibiotik yang sesuai dengan kondisi yang dialami.

  110. brothers6 says:

    malem dok….ni ada keluhan di testis saya terasa sangat gatal dan kalo di garuk
    kadang ga terasa sampai lecet dan perih lalu kulit testis menjadi kering dan mengelupas kadang selakangan juga gatal waktu berkeringat,ini termasuk jenis jamur apa infeksi testis mohon penjelasan dan cara mengatasinya.trims

    • Mungkin itu karena anda kurang menjaga kebersihan penis, Kalo mandi itu usahakan benar2 bersih dan kalo habis buang air kecil/besar dikeringkan pake handuk/ tissue (yang benar2 kering/bersih). Gunakan celana dalam yang bahannya bisa banyak menyerap keringat dan ganti setiap habis mandi.

  111. yono says:

    dok numpang tanya,dibatang penis dekat ko tiba-tiba ada benjolan lunak tak berisi cairan bening tapi seperti ada urat yg mengeras gitu.
    kejadiannya baru seminggu yg lalu,sekarang benjolannya sudah kempis tapi urat yg mengerasnya masih ada,advis dari dokter gimana?

    • Jika itu benar urat pada penis namanya varikokel (varicocele) itu adalah Varises yang terjadi di alat kelamin pria. Kondisi ini dipicu oleh pembengkakan pembuluh darah vena, terutama pada buah zakar sehingga sering menyebabkan ukurannya besar sebelah. Varikokel diyakini merupakan salah satu pemicu kemandulan pada pria dewasa. Selain terasa nyeri, varikokel mempengaruhi kondisi buah zakar mengecil dan mengurangi kualitas sperma yang dihasilkan. tidak semua kondisi varikokel berpotensi menyebabkan kemandulan dan harus dioperasi. Untuk menilai seseorang butuh varicocelectomy atau tidak, berdasarkan pada 3 hal yakni hasil pemeriksaan sperma, besarnya pembengkakan vena dan perbedaan ukuran di kedua buah zakar.

  112. dimas says:

    saya remaja umur 15 thn di buah zakar saya terdapat seperti panu awalnya warna putih sekarang hampir sama kaya warna kulit saya,gak gatal itu terjadi saat saya onani.
    truz klo penis bengkong mereng ke atas samping kebawah apa gpp

    • Jika itu memang Panu? Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur Malassezia Spp. Penyakit ini ditandai dengan perubahan warna kulit (menjadi lebih putih, kemerahan atau kecoklatan) dan disertai sisik yang halus. Jamur penyebab panu tersebut sebenarnya secara normal dapat dijumpai pada kulit semua orang.

      Beberapa faktor risiko tertentu, misalnya kelembaban yang tinggi, sering berkeringat, meminum obat-obat antibiotik atau obat lain yang dapat menurunkan daya tahan dalam jangka yang cukup panjang, maka jamur ini akan berkembang lebih pesat (overgrowth), sehingga menimbulkan kelainan kulit, antara lain dalam bentuk panu.

      Penis sebagian pria memang agak bengkok pada saat ereksi.

  113. roby says:

    dok saya mau tanya, dikantong buah zakar saya ada bintil2 hitam, tidak terasa gatal sih,.apa itu penyakiy

    • Bila gatal dan bintik timbul dalam hitungan hari maka cukup beralasan jika kita menduga penyebabnya adalah infeksi. Infeksi di dearah kemaluan tidak selalu merupakan infeksi menular seksual, tetapi dapat juga merupakan infeksi kulit biasa seperti jamur.

  114. risau says:

    doc..saya mau tanya.dileher penis saya digigit oleh sjenis parasit berwarna kehitaman.ianya mulanya kecil dan semakin membesar saban hari.akhirnya apabila ia besar menjadi sebesar kacang hijau dan ianya tercabut.tetapi ia meninggal kan rasa seperti pedih seperti melecet pada bhgian tersebut dan rasa sakit pada bahagian ari-ari.bagaimana itu doc..mohon pnerangan..terima kasih..

  115. yoyok says:

    malam dok?umr say 29 tahun,saya ada kelhan di kelamin saya…
    pada batang kemaluan/kulit terasa gatal dan warna putih seperti kudis.pertama kali muncul pada selengkangan paha dan lama kelamaan merambah ke area kemaluan……solusi terbaik/pencegahannya apa dok?

    terima kasih selamat malam.

    • Kelihatannya sih itu panu, jika itu benar panu biasanya permukaan kulit agak kasar dan jika digaruk akan mengeluarkan sisik rasa gatal yg ditimbulkan akan sangat mengganggu apalagi pada saat anda berkeringat.
      cara menghilangkannya bisa menggunakan obat oles panu yg mengandung ketokonzol, klotrimazol, mikonzol dan anti jamur lainnya, atau segera peiksa ke dokter utk penanganan lebih cepat.

  116. Ardian says:

    malam dok,saya blm di sunat dan di bagian pinggir kepala penis saya terdapat bintik2 kecil,
    trus lubang penis saya dulu nya kecil sekarang semakin membesar dan di dalam lubang penis saya ada seperti benjolan merah.itu knp ya?

    • Lubang penis memang akan membesar dan itu normal saja, apalagi kalau kamu lagi terangsang, maka lobang akan semangkin membesar jangan khawatir. Jika terdapat benjolan dan menimbulkan rasa sakit sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikannya.

  117. irfan says:

    Dok dibagian batang Mr.P saya ada 2 benjolan tapi skrng udah rata.tapi masih tersa gatal dan mengeras.
    hari 1 lagi muncul di bagian tepi kepala P warnanya merah,gatal dan mengeras. ini gejala apa yah dok??
    mohon penjelasannya.

    • Biasanya jika ada benjolan di penis itu merupakan ciri dari sifilis primer, muncul seperti benjolan ada bagian yang keras tapi tidak sakit yang muncul di penis. Hal ini biasanya disertai dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening di selangkangan.

      • rfgt jugath says:

        dok saya ,mautanya. di daerah penis sya ada semacam bintik putih tapi setelah saya garuk itu cuma seperti kulit yang terkelupas namun keesokan harinya ada bintik seperti di gigit nyamuk namun terluka seperti sehabis ter gores celana dalam dan terasa gatal tolong penjelasanya
        nya

      • Dapat dimungkinkan bahwa Anda mengalami iritasi sehingga terjadi lecet pd penis Anda. Anda dapat mengatasinya dengan tetap menjaga kebersihan dan mengobatinya dengan antispetik (misal: povidone iodine). Jika hal ini berlangsung terus-menerus, kami sarankan sebaiknya Anda mengunjungi dokter

  118. andri says:

    Mohon informasinya dok, ayah saya umur sekitar 65 tahun ia memiliki masalah pada kulit luar di bagian kantung penis ia merasa perih dan panas pada kulitnya tersebut kalau terkena air seninya, bisa di beri solusi obatnya ga dok…… Thanks

    • Perih pada kulit sekitar kemaluan, merupakan tanda gangguan pada saluran kemih. dan banyak rasa nyeri atau perih berbentuk cedera ringan atau lecet. jadi sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikannya.

  119. Budi says:

    dok kepala penis saya kalau sedang ereksi dan saat oral terkadang suka terasa ngilu akibat terkena gesekan gigi pacar ataupun saya garuk dengan kuku saya, apa rasa ngilu itu dapat dihilangkan? mohon solusinya ya dok

    • Pertanyaanya apakah anda telah di khitan atau belum? karena perbedaan penis sunat dengan tidak salah satunya adalah tingkat kesensitifan dari kepala penis. bagi yang sunat kepala penis akan lebih tahan terhadap gesekan karena kepala penis setiap hari sudah bergesekan dengan celana dalam. hal ini juga mengakibatkan kepala penis lebih tebal. kalau yang tidak sunat, kepala penis setiap hari tertutup kulup, sehingga jika kulup terbuka dan tergesek sesuatu kepala penis lebih sensitif. kelebihan sunat juga, akan lebih tahan jika ada bakteri yang masuk.bagi yang ingin memperkuat penis agar tidak terlalu sensitif tanpa sunat, coba sering sering kulup dibuka, dan digesekkan kain atau celana

  120. Rusdi says:

    dok saya mau tanya dok itu mr.p saya ko terasa ngilu saat terkena gesekan saat ereksi, rasa ngilu itu dapat dihilangkan apa tidak dok? apa saya perlu periksa ke dokter untuk masalah ini?

  121. budi says:

    malam dok;
    nama saya budi
    mhn pencerahan, dibagian atas pangkal penis sy ada tumbuh bintik hitam kayak tahi lalat atau kayak luka bakar tapi nyatu dengan kulit. tapi tidak sakit dan tidak gatal dan tumbuh sebesar kacang ada 3 dok. kira2 apa ya dan berbahaya tidak dok. makasih

  122. Anto says:

    Siang dok..
    Dibatang penis saya muncul 1 benjolan seperti jerawat (gatal), kemudian setelah hari ke-2 dan atau hari ke-3 muncul setitik (seukuran mata pulpen) nanah berwarna kuning. Pada hari pertama hingga hari ke-3 terasa kadang gatal disekitar benjolan, dan hari ke-4-5 benjolan akan hilang serta nanah pecah dan kering(tidak gatal lg). Dalam 3 bulan terakhir sudah terjadi skitar 3x dan selama 6 bulan terakhir saya hanya melakukan hub. sex dengan istri saya. Setiap hal ini terjadi hanya ada 1 benjolan (disekitar/ditempat yang sama) dan tidak pernah lebih 1 benjolan.

    Apakah ini jerawat biasa/bisul atau penyakit kelamin apa??
    Kemungkinan ini terjadi karena tertular (istri) atau kurangnya kebersihan&perawatan alat kelamin saya sendiri??

    Thanx Dok..

  123. riza says:

    dok, klo di klamin cuma terdapat 2 bintik seperti kutil agak besar gak seperti gambar di atas itu gimana, kelainan atau apa ? terus bahaya gak ???

    • Kutil kelamin dikenal sebagai penyakit kelamin yang mudah menular melalui hubungan seksual yang bisa mengenai pria, Sebenarnya kutil kelamin ini bisa sembuh dengan sendirinya bila kekebalan tubuh baik, tentunya didukung dengan makanan dan olahraga yang baik. Tapi kebanyakan pasien tidak bisa menjaga daerah kelamin tetap kering, kalau basah kan jadi tambah banyak kutilnya.

  124. antho says:

    dok, sya antho…
    d bagian kepla alat kelamin sya ad bintik merah dan lama2 makin banyak jga kulit.y mengelupas….?obat.y ap yah dok…….??

    • Apabila rasa nyeri pada penis dikarenakan kulit melepuh atau kulit lecet di penis, maka anda menderita penyakit akibat hubungan seksual. kecuali anda belum pernah melakukan hubungan sex sama sekali.

  125. Michael says:

    Dok kalau di skrotum saya ada sebuah daging sebesar kacang kedelai, (terpisah dari testis) tidak sakit sama sekali, namun hal ini tetap mengganggu pikiran saya. Yang memalukan, daging ini tidak bisa dirasa stau dilihat jika mr.p tidak berdiri karena ukuran daging jadi yg kecil . Bagaimana ya baiknya dok? Terima kasih

  126. shoyo says:

    dok saya mau ujung penis saya ada kaya bintik putih kecil sebesar titik pulpen tapi hanya sedikit sekitar 1/3 atau 1/4 ujung penis dan disekitar jari-jari pun terdapat yang seperti ini.. penyakit apa ini? bisa sembuh? pas yang browsing karena takut ini adalah std tapi ga ada yang mirip tapi ada satu penyakit kulit namanya lichen nitidus mirip seperti yang saya alami, ga pernah sakit atau gatal selama ini

  127. Imam says:

    Sore dok,,sekitar 3 bln yg lalu saya mngalami lepuhan seperti kulit yang kena kenalpot panas di batang kelamin saya tapi kalo lagi biasa jadi mangkerut dok,,tapi 2 blan lalu timbul lepuhan seperti cacar tapi bbrapa hari pecah yg mmbuat gatal dan mmbuat rasa ngilu di kelamin saya sampe sekarang
    mohon bantuannya dok
    trimakasih

    • Apabila rasa nyeri pada penis dikarenakan adanya bisul, kulit melepuh atau kulit lecet di penis, maka anda menderita penyakit akibat hubungan seksual. jadi sebaiknya anda periksa ke dokter kecuali anda belum pernah melakukan hubungan sex sama sekali.

  128. Alam Fauzi says:

    Dok…saya mau tanya,di bagian Batang Penis saya terdapat bintil-bintil kecil dan tepat berada di bawah rambut,tapi cuma satu,kadang berwarna merah dengan warna putih di tengah nya,dan pada saat saya sentuh terasa sakit.
    Untuk pencegahan hal-hal yg tak di inginkan saya hanya membersihkannya setiap hari dengan Kapas secara perlahan.
    Tolongin saya dok,ini sebenarnya penyakit apa?apa penyebab nya?cara mengilangkan dan cara pencegcegahan nya gimana?

    Saya terganggu oleh rasa sakit nya

    • Jika dari penjelasan diatas yang anda maksud mungkin Folikel Rambut (Dapat ditemukan pada skrotum dan batang penis hingga ujung kulup, dan biasanya bulu-bulunya halus dan sulit dilihat. Biasanya terlihat seperti bola putih kecil yang muncul transparan di bawah kulit) tapi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sebaiknya anda periksa ke dokter untuk memastikannya.

  129. martino says:

    pagi dok., mau nanya di batang mr.P saya kok gatal ya dok. trus di kepala jamurnya itu ada bintik gitu dok seperti digigit nyamuk merah bengkak gitu dok., seperti gejala sipilis., tapi saya belum pernah berhubungan sex dok mungkin kah saya terkena sipilis, apakah bisa di obati secepat nya dok? bagai mana cara mengatasinya dok.? terimakasih dok

    • Sifilis ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka sifilis. Luka terjadi terutama pada alat kelamin eksternal, vagina, anus, atau dubur. Luka juga dapat terjadi pada bibir dan mulut. Penularan kuman penyebab sifilis ini dapat terjadi selama hubungan seks vaginal, anal, ataupun oral. Selain itu, wanita hamil yang menderita penyakit ini dapat menularkan ke bayi di dalam kandungannya. Sifilis tidak dapat menyebar melalui kontak dengan kursi toilet, pegangan pintu, kolam renang, bak air panas, bathtub, pakaian bersama, atau peralatan makan. jadi jika ingin memastikannya sebaiknya periksa ke dokter.

  130. sse says:

    dok
    di kepala mr p saya pernah ada bentolan yg makin lama makin besar, yg ujung2nya saya pencet ampe kluar cairan putih, yg kemudian dia mengempes sendiri.
    bbrapa minggu setelah itu muncul lg di bagian yg lain yg dengan model bentolan yang sama
    kira2 apa itu dok

    • Untuk memastikannya memang sebaiknya periksa ke dokter, tapi jika itu Jerawat pada penis biasa terjadi karena adanya penyumbatan pori-pori kulit pada penis. Bnayak dialami pada masa dewasa dan kan hilang dengan sendirinya. Di masa dewasa juga dapat terjadi tetapi jangan dikhawatirkan karena akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan minggu.

  131. malu ah says:

    tanya dong, kalau bintik seperti gambar di atas namanya apa

    • Namanya Folikel Rambut Dapat ditemukan pada skrotum dan batang penis hingga ujung kulup, dan biasanya bulu-bulunya halus dan sulit dilihat. Biasanya terlihat seperti bola putih kecil yang muncul transparan di bawah kulit.

      • henz says:

        Dok mw tanya kalau dibawah kepala penis ada lipatan daging, itu gimana ya dok…kbtulan baru proses penyembuhan khitan dengan cara laser n tidak di jahit dok..lukanya sudah sembuh cuma ya itu jadi ada lipatan daging dibawah kepala penis

      • Jika merasa mengganggu, sebaiknya anda kembali ke tempat anda di khitan untuk mengkonsultasikannya kembali.

  132. mad says:

    Ada biji seperti jerawat pada telur sy.. Tapi biji itu sebelah dalam.. Apakah itu.. Dah 2 bulan tak hilang2.. Makin banyak.. Bila dipicit tak sakit.. Tlg sy..

  133. teds says:

    dok.. di pangkal penis saya ada benjolan2an seperti kapalan dan warnanya hitam..tidak gatal dan tidak nyeri atau sakit.. itu apakah sebuah penyakit atau normal (saya punya intesitas sexual yg tinggi baik dengan pasangan atau sendiri)? dan dibagian kepala penis ada seperti bercak putih dan tidak nyeri atau gatal… apakah itu termasuk jamur yg seperti dikatakan diatas? kebetulan selangkangan saya sudah kena jamur.. apakah bercak yg dibagian kepala penis itu efek dari jamur yg diselangkangan saya?

    • Jika selangkangan anda memang sudah terkena jamur, mungkin saja itu berpindah kepada pangkal penis juga karena anda kurang menjaga kebersihan alat vital, tapi sebaiknya periksakan ke dokter untuk pengobatan lebih baik dan cepat.

  134. Wahyu says:

    Dok,kalo saya gatal2 disekujur tubuh itu bagaimana ya? Sebelumnya saya sempat berenang sebelum berenang saya tidak apa2,tp karena saya tidak bilas sampak besoknya saya gatal2,hinggal kemaluan,selangkangan dan sekujur tubuh saya gatal semua dok. Itu gejala apa dok? Terima kasih?

    • Mungkin ada mempunyai beberapa alergi ( air kaporit pada kolam/ makanan ) pada tubuh anda yg menyebabkan gatal2 pada sekujur tubuh, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk penyembuhannya.

  135. zain says:

    pernah kluar nanah juga….
    klo g salah namax pexakit gonhore ea doc…????

    • Penyebab Gonorrhea bisa bermacam-macam, namun yang paling umum adala karena berhubungan seksual secara tidak aman. Karena itu penggunaan kondom merupakan salah satu cara pencegahan yang paling mudah agar tidak tertular penyakit gonorreha.

  136. budi says:

    “dok kepala penis saya kalau sedang ereksi dan saat oral terkadang suka terasa ngilu akibat terkena gesekan gigi pacar ataupun saya garuk dengan kuku saya, apa rasa ngilu itu dapat dihilangkan? mohon solusinya ya dok”

    Quote

    saya sudah di sunat tapinya dok tapi masih terasa ngilu, kenapa ya?

  137. adri widjanto says:

    Mau tanya dok, di batang penis saya ada bercak2 warna hitam, dan ada satu seperti jerawat batu gitu warna hitam, kira2 apa ya dok.. saya sebelumnya belum pernah menemukan seperti ini di penis saya… trims penjelasannya ya dok

    • Biasanya jika itu memang jerawat akan hilang dalam beberapa minggu dan tidak menimbulkan rasa sakit, tapi jika anda ragu dan penasaran sebaiknya segera periksakan ke dokter.

      • dendi says:

        Dok saya berumur 18 thn
        D kepala penis saya ada seperti lingkaran ( jika d perhatikan seksama ) dan bagian tengahnya agak cekung . Tidak gatal dan sakit . D bagian bulu kemaluan saya gatal .

      • Saya kurang mengerti maksud anda dari penjelasan diatas, jika pada rambut kemaluan terasa gatal mungkin karena ada kurang menjaga kebersihan alat vital anda, atau bisa jadi karena lembab pada sekitar rambut kemaluan, mungkin anda bisa mencukurnya rapi agar tidak terlalu lebat.

  138. Reza says:

    dok umur saya 19th. cukup intens masturbasi.. dibatang Mr.P saya ada bintik putih kaya jerawat di punggung. ga sakit tapi saya takut knp2. bagaimana cara mengatasinya? mohon infonya . makasih

    • Bintik tersebut merupakan bentuk dari kelenjar sebasea ektopik, kelenjar sebasea sendiri umumnya ditemukan dalam hubungannya dengan folikel rambut.

      Kondisi ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena keadaan ini tidak berhubungan dengan adanya suatu penyakit tertentu, meskipun terkadang menimbulkan permasalahan kosmetik saja. Kebanyakan pria merasa khawatir mengenai penampilan penis mereka.

  139. astaga says:

    tanya dok, bagaimana menghilangkan folikel rambut?, apakah ini termasuk penyakit?

    • Folikel rambut itu bukan merupakan suatu penyakit, Folikel rambut / kantong rambut Adalah suatau saluran yang menyerupai kantong dan melindungi tunas rambut serta tertanam didalam dermis(lapisan dalam kulit).

  140. dok…. mau tanya ni dok… di pinggir kepala penis saya ada bintik merah, dan ada keluar cairan putih sikit dari kepala penis saya dok..
    kira” itu penyakit apa ea dok…?

  141. siktus says:

    mimim

    boleh nanya gg
    ada cara alami menghilangkan variecocle gg?

    • Varikokel adalah pembesaran abnormal pembuluh darah vena di kantung testis. Jika Anda didiagnosis menderita varikokel (pemeriksaan dengan alat radiologi bernama scrotal ultrasound), Anda mungkin disarankan untuk memperbaikinya. Ada dua cara yaitu: varicocelectomy, dan varicocele embolization. Varicocelectomy adalah operasi yang dilakukan oleh ahli urologi. Dalam operasi, dokter bedah akan membuat sayatan di perut bagian bawah dan mengikat vena yang bermasalah itu supaya aliran darah dapat dialihkan ke vena yang masih normal lainnya. Sedangkan Varicocele embolization adalah prosedur operasi dimana dokter bedah akan membuat sayatan kecil dan sebuah kateter dimasukkan ke dalam vena yang bermasalah.

  142. briyan says:

    dokk..kok d lipatan kepala p ku ad bintik putih yg melingar di p ku.menonjol ad yg bsar n kecil..tp gx prnh aq rsain sakit ato gatal gitu…tp kalo aq obati pake antiseptik obat panu gitu kok terasa perih..pdhal ini sudah aq alami dari dulu..
    mohon solusinya dokk…

    • Jika bintik2 putih itu sudah terjadi lama dan tidak menimbulkan rasa sakit dan mengganggu, bisa jadi itu tidak menginikasokan sebagai penyakit, tapi jika diberi obat aniseptik terasa perih itu bisa mengindikasikan sebagai penyakit/ jamur, jadi sebaiknya untuk memastikannya ada periksakan ke dokter.

  143. briyan says:

    kalau misal itu jamur obat merek ap yg cocok n paling ampuh itu dok…

  144. peter says:

    selamat malam dok berapa lama si sperma dapat hidup dalam organ vital pria ? apa yang akan terjadi jika sperma terlalu lama disimpan ? apakah sperma hanya diproduksi ketika mengalami ransangan ? dan apakah ada penyakit yang mungkin timbul apabila olahraga berlebihan dan jarang melakukan seks ? terima kasih dok

    • Untuk mengetahui lebih jelas bisa dilihat disini Siklus Kehidupan Sperma Seumur Hidup, Jika sperma lama disimpan dalam tubuh pria maka secara otomasis akan dikeluarkan sendiri oleh tubuh melalui mimpi basah, sperma itu di produksi setip hari tidak hanya pada saat menerima rangsangan, resiko terkena penyakit justru terjadi pada seseorang yang pernah atau sering melakukan hubungan sex.

  145. Indra says:

    Dok, saya mau bertanya. Di bagian kepala peis penis saya ada bintil-bintil kecil bewarna merah dok. Itu sudah saya alami sekitar seminggu yang lalu. Pada awalnya timbul rasa gatal pada bagian kuliat di bawah kepala penis saya. Namun, saat itu saya hanya biarkan saja. tapi lama-kelamaan saat saya melihat kepala penis saya terdapat bintik-bintik merah. Terkadang saat gatal tiba saya suka mengaruk dengan cara mengusap-usap dari luar celana.Dan, sekarang bintik merah itu mengeluarkan cairan putih sedikit dok. Pengobatan yang sudah saya lakukan adalah mengolesi kepala penis saya dan kuliat antara kepala penis dengan salep miconazole. Kira-kira apa yang terjadi pada saya dok ?

    Terima kasih.

    • Adanya bintik-bintik merah yang gatal dan nyeri atau lecet kecil di penis merupakan tanda dari herpes genital. Awalnya muncul rasa sakit atau gatal-gatal terlebih dahulu dan 1-2 hari kemudian muncul lecet. Luka herpes juga bisa muncul di paha, skrotum (buah zakar) dan bokong.

      • Indra says:

        Maaf dok, tapi yang gatal bukan di bagian kepala penis. Melainkan pada bagian kulit di bawah kepala penis. Namun sekarang terlihat seperti mengelupas bagian kepala penis saya.Dan bila terkena celana dalam seperti kepala penis yang baru saja di sunat, rada nyeri sedikit. Lalu langkah penyembuhan apa yang harus saya lakukan dok ?

      • Indra says:

        maaf dok, melanjutkan email saya yg kmren,, tapi yang gatal bukan di bagian kepala penis. Melainkan pada bagian kulit di bawah kepala penis. Namun sekarang terlihat seperti mengelupas bagian kepala penis saya.Dan bila terkena celana dalam seperti kepala penis yang baru saja di sunat, rada nyeri sedikit. sekarang ini rasa gatal hilang, namun terdapat bintik2 merah di area sekitar penis dekat selangkangan. Apa yang terjadi dengan saya dok?Lalu langkah penyembuhan apa yang harus saya lakukan dok ?

  146. dendy guswantoro says:

    Salam kenal
    Saya mau nanya permasalahan di kelamin saya
    Banyak bulu tumbuh di buah zakar saya dan sering cukur bulunya sekarang timbul banyak muncul timbul benjolan warna putih kecil2…..apakah berbahaya???bagaimana menghilangkannya ???
    Kemudian….di bawah buah zakar saya ada kotoran putih seperti daki…penyebabnya dari apa ????bangai mana cara membersihkannya…..

    Terima kasih sebelumnya…saya tunggu jawabannya

    • Dendy, banyaknya bulu pada area kelamin itu memang wajar dan itu normal bagi seorang laki2 dewasa. biasanya jika rambut kemaluan di cukur rapi tidak sampai habis menggunkan gunting tidak akan menimbulkan benjolan warna putih yang dendy maksud. Jika pada buah zakar ada semacam kotoran/ daki itu mungkin karena kurang menjaga kebersihan area kemaluan, sebaiknya jika mandi bersihkan juga area kemaluan dan jangan lupa untuk mengganti celana dalam 2X sehari.

      • dendy says:

        Maaf dok melanjuktkan email sy sebelumnya bahwa bejolan putih kecil tsb banyak tumbuh di area buah zakar dan ketika di pencet tidak menimbulkan sakit dan juga tidak dapat keluar putihnya shg seperti jerawat batu. Mohon penjelasannya dan cara menghilangkannya, jika memang perlu diberi obat atau salep kira2 apa yah dok terima kasih.

      • Sebaiknya anda periksa ke dokter untuk penyembuhan dan pengobatannya. karena akan sangat sulit jika memberikan pengobatan tanpa melihat secara langsung.

  147. avdsgjj says:

    mf dok numpang tanya lw penyakit@ di kulit teluar pas kepala ada nananh macam nanah jerawat trus gatal ,,trus disamping@ n di bawah zakar gatal
    apakah ini disebabkan jamur dok,,,trimakasai dok

  148. hendika says:

    dok saya mau nanya nih ko dikepala penis saya keluar bintik kemerah-merHan dan tengorokan saya sakit takut’a ini gejala sipilis tetapi saya blm berhubungan badan dgn perempuan

  149. faiz says:

    gan saya takut dah di palkon saya terdapat 2 hingga lebih bentol yang ada
    bentolan itu kalau disenggol gak tterasa perih
    kalaupun saya terkena sifilis
    tapi saya belumm pernah sama sekali melakukan seks
    #apa kah saya hrus berkonsultasi ke Dokter atau pengobatan yang alami tuh apa gan

    thanks before

    • Sifilis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Treponema pallidum. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual, baik vaginal, rektum, anal, maupun oral. Sifilis tidak menular melalui peralatan makan, tempat dudukan toilet, knop pintu, kolam renang, dan tukar-menukar pakaian. tapi untuk memastikannya anda bisa periksakan ke dokter.

  150. dok kalo timbul bintik” merah macam cacar, trus pedas bila di pegang kira” itu penyakit apa ya dok? bintik merah timbul setelah saya berhubungan.
    tolong info ya dok

    trims

    • Bisa jadi itu penyakit sipilis, tapi umtuk memastikannya anda bisa periksakan ke dokter.
      Gejalanya:
      - Terjadi lesi kecil dan tanpa rasa sakit pada bagian tubuh tempat bakteri masuk, biasanya alat kelamin, rektum, lidah atau bibir.
      - Luka kecil tapi bisa menyebabkan borok.
      - Pembesaran kelenjar getah bening di pangkal paha
      - Bagian yang sakit akan sembuh tanpa pengobatan, tetapi infeksi sifilis tetap. Pada beberapa orang, sifilis kemudian bergerak ke tahap sekunder.

  151. Erdic says:

    dok, saya punya masala dibgian kepala penis terdpat 1 bintik merah bulat dan bernana setiap saat gatal uda 3 hari muncul ga sembuh” dok,,,sya takut dokter kena hif apakah itu ciri”nya dok..? mhon bantuannya….

    • Sepertinya itu bukan karena HIV tapi Gonorrhea. adalah salah satu penyakit kelamin yang yang disebabkan oleh infeksi kuman Neisseria gonorrhoea ( diplokokkus gram negatif ). Gonorrhea banyak di derita oleh kaum homoseksual, kaum remaja dan dewasa muda.

      Gejala gonorrhea pada pria adalah :
      Nyeri dan perasaan tidak nyaman pada saluran kencing (urethral discomfort)
      Nyeri pada saat kencing (disuria)
      Keluar duh tubuh (pus/nanah) dari penis disertai nyeri (purulent discharge)
      Sakit tenggorokan jika terjadi infeksi pada tenggorokan disebabkan karena oral seks
      Gatal – gatal pada anus disertai keluar nanah jika terjadi infeksi pada daerah anus karena hubungan seks melalui anus.

      Tapi untuk memastikannya sebaiknya segera periksa ke dokter untuk penyembuhan lebih cepat dan pengobatan lebih tepat.

  152. johan says:

    dok mau tanya donk, saya abs berhubungan seks tpi saya memakai kondom keesokannya ad bintil” merah pada kepala penis saya, tidak gatal, tidak nyeri, tidak sakit.. apa itu berbahaya dok? adakah obatnya? tolong pencerahannya dok.. thanks.

    • Jika bintik2 yg muncul setelah anda melakukan hubungan sex dan memakai kondom, bisa jadi di karenkan kondom yang anda gunakan? bisa karena alergi, atau kondom yg digunakan sudah expired. tp sebaiknya periksa ke dokter untuk peyembuhan dan pengobatannya.

  153. r1234 says:

    dok didekat alat kelamin saya timbul bintik merah banyak saya kira jerawat setelah saya pencet ko malah semakin banyak ya?itu apa ya?trus diselaput ujung penis saya itu sering lecet bila habis melakukan onani itu berbahaya ngk ya?

    • Jika bintik2 merah itu jerawat biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, terus jika di selaput ujung penis sering lecet bisa jadi karena kurangnya lubrikasi pada saat onani. bintik2 merah bisa berbahaya jika menimbulan rasa sakit, dan lecet pada penis bisa berbahaya jika tidak mengering lukanya.

  154. Andy says:

    D0k nma q andy.
    Q mau nxak..?
    Wktu tu kan q maen ma pcr q, trus stlh bbrapa hri tmbul kyak bsul d sktar btang pnis q, trus d kpala pnis q dya merah2, stiap mlm dya trasa gtal. Stiap q garuk dya tmbul kyak bsul tu.
    Tl0ng kcih tau cra png0btanx d0k…?
    Makasih

    • Sepertinya, anda terkena Penyakit Menular Seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit menular seksual akan lebih beresiko bila melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan baik melalui vagina, oral maupun anal.

      Pada laki-laki gejala-gejala infeksi PMS antara lain:
      Bintil-bintil berisi cairan, lecet atau borok pada penis/alat kelamin.
      Luka tidak sakit, keras dan berwarna merah pada alat kelamin.
      Adanya kutil atau tumbuh daging seperti jengger ayam.
      Rasa gatal yang hebat sepanjang alat kelamin.
      Rasa sakit yang hebat pada saat kencing.
      Kencing nanah atau darah yang berbau busuk.
      Bengkak panas dan nyeri pada pangkal paha yang kemudian berubah menjadi borok.
      Kehilangan berat badan yang drastis, disertai mencret terus menerus, dan sering demam serta berkeringat malam.

      Jadi sebaiknya ada periksa ke dokter untuk pengobata lebih cepat dan diagnosa lebih tepat.

  155. jipri says:

    Pagi dok,, saya jipri.. Di bawah kepala penis saya, tepatnya dibgian bawah saluran kencing, di bagian kiri dan kanan terdapat bintik putihh kecil cerah yang menonjol.. tidak gatal dan tidak sakit sh dok,, tapi benda itu tumbuh sudah lama sakali dok,, sejak umur saya 14 thun dan sakrang umur saya sudah 24 tahun.. Kira itu apa ya dok.. Kok gak mau hilang..?? Dan klo posisi buah penis yang tidak rata,, itu knapa ya dok,,? mhon bantuanya ya dok,, terimakasih.

    • Jika hal itu sudah berlangsung lama, sebaiknya anda memeriksakan ke dokter untuk memastikannya. karena pengobatan kulit itu lebih efektif jika diperiksa secara visual bukan hanya dari kira2 saja.

  156. anwar says:

    dok tanya di bawah kepala penis tepatnya di bawah kulit di bagian batang penis atas ada benjolan kecil yang agak keras di pencet juga tidak sakit, apakah itu PMS atau apa dok?

  157. tito says:

    mav dok mo tanya,.. di kantong zakar saya terasa gatal .., terutama klo lg timbul bintik ” serta klo keadan celana dalam mulai lembab/ saat malam hari,itu bisa saya garuk sampe berdarah, tapi lukanya cepet kering dok, saya sudah pernah kasih ketokonazole dan juga salep kudis tapi juga blm sembuh,.. itu sudah berjalan 2 tahunan…, mohon petunjuknya dok..,terima kasih….

    • Mungkin anda kurang menjaga kebersihan alat vital seperti mengganti celana dalam minimal 2X sehari dan gunakanlah celana dalam yg mudah menyerap keringat. Sebaiknya pada saat malam hari/ tidur coba untuk tidak menggunakan celana dalam. dan sebaiknya anda periksakan ke dokter untuk pengobatan lebih tepat.

  158. Faiz says:

    Dok Mau tanya di batang penis saya Ada bintik merah trus di Buah zakar juga Ada Itu kenapa dok?

    • Hal itu bisa disebabkan berbagai macam faktor, tapi jika hal itu tidak terasa nyeri, menggangu dan anda tidak melakukan sex bebas. itu tidak mengindikasikan sebagai penyakit. tapi jika anda ragu, anda bisa memeriksakan nya ke dokter.

  159. yogi says:

    dok..mw tanya.. saya gak sunat… trus kl dibuka kulit kepala penisnya ada bercak hitam dikulitnya seperti flek wajah tp tidak gatal,tdak menonjol berbentuk lingkaran kecil. dulu berwarna buram lama2 semakin jelas warna hitam.. sudah cba dbersihkan namun tidak bs hilang.. awal saya tau bulan desember 2012. apa itu berbahaya dok??? sebab jka dperhatikan lagi bagian kulit lain mulai bertambah bercaknya.. namun masih warna samar2… tolong petunjuknya dok..

    • Yogi, jika kamu belum disunat dan jarang membersihkan kulup pada penis memang sering terjadi seperti itu, sebaiknya jika bercak itu terus bertambah segera periksakan ke dokter untuk pengobatan lebih cepat dan tepat.

  160. LM10 says:

    Permisi Dok, permasalahan pada kemaluan saya sama persis dengan gambar yang paling atas, itu namanya apa? wajar ngga dok? ada dampak negatifnya? Cara penyembuhannya bagaimana?

  161. fauzan says:

    dok mhon pencerahannya, dok penis saya kemarin di gigit semut merah, terus itu keluar benjolan berwarna merah seperti bekas sengatan dan akhirnya membesar. tapi saya tidak merasakn sakit dan gatal sama sekali ,apa itu bahaya dok?

    • Biasanya jika timbul benjolan berwarna merah/ bentol karena gigitan serangga itu akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. tapi jika benjolan itu tidak hilang2 dlm waktu yg lama sebaiknya periksakan ke dokter.

  162. fauzan says:

    oke terimakasih banyak dok atas sarannya..

  163. david says:

    dok, mohon penjelasanya..saya posisi sekarang kerja di taiwan, disini saya mengalami penyakit gatal kayak jerawat di penis dan kantungnya.. sudah hampir 2 bulan ngk sembuh..sudah berulang kali saya periksakan ke dokter disuntik sama dikasih salep anti jamur..tpi tidak sembuh, paling hilang 1 sampai2 hari trus tumbuh lagi..penyakit apakah itu dok, dan apa solusinya..terimakasih

    • Jika memang sudah di periksakan ke dokter dan telah di suntik dan di beri salep, tapi tidak sembuh juga. Sebaiknya anda datang kembali ke dokter dimana anda di periksa agar si dokter tau dan dapat memfollow up penyakit anda lebih jauh, atau coba cari alternatif lain dengan pergi ke dokter yg berbeda tentunya dokter kulit dan kelamin.

  164. Raja Gisang says:

    dok saya mau tanya ,,, udah 3 hari didekat area P tersa amat gatal dok
    mohon bantuannya
    terms

    • Penyebab gatal pada area penis memang bisa diakibatkan banyak faktor, seperti kurang menjaga kebersihan penis, atau karena terkena penyakit kelamin. jika kamu sudah menjaga keberisihan dan masih gatal sebaiknya periksakan ke dokter.

  165. Just A Man says:

    Dok di daerah skrotum saya terdapat benjolan gatal, trus ditengahnya ada bintik hitam.,,
    dan menjalar ukurannya agak kecil pada penis, apakah karena kutu?

  166. noe says:

    dok. saya mw tanya di bawah kepala penis saya ada bintik2 putih seperti jerawat nasi…

    tidak sakit jg tdk gatal…
    apa itu sejenis penyakit kelamin… mohon penjelasan’a…

    • Mungkin itu hanya jerawat pada penis, biasanya akan hilang dlm beberapa minggu.
      namun perlu berhati-hati jika terasa perih atau gatal sebaiknya periksakan ke dokter.

  167. nurulhuda266 says:

    dok … ane ada bintik putih di kepala penis ….. tdk gatel…

    kira2 itu semacem penyakit jg bukan…?!

  168. Mr. X says:

    Dok, kalau bintik di batang penis dan testis warnanya sama seperti kulit. Dan dari bintik itu tumbuh rambut. Itu apa ya dok? Apakah berbahaya?

  169. Zaini fadhil says:

    Dok.. Kepala zakar saya ada benjolan merah spt jerawat tp tdk gatal, lama2 luka terus mengering, kira2 itu penyakit apa dok?
    Kalo dibuah zakar ada benjolan juga sama spt jerawat tp gatal, setelah digaruk luka terus mengering, tumbuh lagi dan seterusnya. Mohon solusinya dok…..

  170. Fred says:

    sore dok, saya mempunyai beberapa masalah pada Mr.P saya :
    1. di kulit Mr P saya bagian atas ( bagian yg menutup kepala), ada satu daerah dimana terdapat bintil2 putih..(kulit bagian dalam dan bukan bagian luar ) tp bintil2 tersebut tidak terasa gatal dan tidak berair..tapi terasa timbul sedikit jika diraba..hanya di 2 spot dan berkurumun..

    2. Di Ujung kepala penis saya (posisi di dekat lubang) terdapat daging tumbuh bentulnya seperti balon (kantong air) saya rasa itu saya punya sejak lahir..dan tidak terasa sakit hingga sekarang, tetapi apabila kulit kepala penis saya di tarik, agak sakit sedikit karena kulitnya terhubung ke benjolan tersebut, tapi jika dlm keadaan tertutup ato tidak ereksi tidak menjadi masalah sama skali.

    3. di bagian kulit badan penis saya terdapat tanda hitam (bulat) seperti tahi lalat ( tapi tidak terasa timbul sama sekali ketika diraba) dan saya yakin awalnya tidak ada..tapi kok sekarang ada dan jumlahnya ada 6 titik di spot yg berbeda..

    Nb: saya blum di sunat

    kira2 dari keadaan diatas, saya minta saran dari dokter terlebih dahulu, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    Thx,

    Fred

    • Pada pria yg belum di khitan/ sunat hal itu memang sering terjadi, hal itu karena tertutupnya kepala penis oleh kulup. sebaiknya periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  171. ewin says:

    malam dok. begini pada leher dan kepala penis saya timbul benjolan seperti akibat luka bakar, keesokan harinya benjolan tersebut pecah dan mengakibatkan lecet pada leher penis saya. itu termasuk penyakit apa dan bagaimana cara menganggulanginya. mohon pencerahannya

    • ciri tersebut mengindikasikan penyakit menular seksual, sebaiknya periksakan ke dokter untuk penyembuhan lebih cepat dan akurat.

      • ewin says:

        hehe,,, akhirnya saya lega dok. setelah d cek ternyata akibat alergi obat yang saya konsumsi. karna pada beberaapa hari sebelum alat vital saya melepuh saya demam dan mengkonsumsi obat yang diberikan. baru pertama kali saya alergi obat dan membuat khawatir setengah mati karna alat vital saya yg menjadi korban :D

  172. andre says:

    Dok mau tanya,, kalo di penis saya ada bintik warna hitam dibagian kepalanya,seperti darah yang mengendap,,tapi berwarna hitam,apakah itu penyakit atau apa? Terus bagaimana cara menghilangkan nya?

  173. yudha says:

    malm dok,saya ada bintik-bintik pada penis,dlu cm sedikit tp skg tmbh byk,sdh 3th ga hlg,tp ga gatal,gmn dok?

  174. syahrani says:

    dok,di testis saya ada bbrapa bintik2 coklat kecil,kadang klo bintik2 itu pecah darahnya banyak yg keluar,apakah itu berbahaya? bagaimana menindaklanjutinya,mohon pencerahannya dok,terima kasih

  175. ivan rachman says:

    dok saya gatal pd penis saya cara mengilangkan x seperti ap yah dok dan bisa berbahaya gak

    • Jika cuma gatal pada penis bisa jadi karena kurang menjaga kebersihan penis, atau karena rambut kemaluan yang gondrong juga bisa menyebabkan banyak bakteri jika kita tidak mencukurnya.

  176. ali says:

    Dok saya mau tanya ada bintik2 di buah zakar saya bahaya ga ya kira2 bentuk nya kaya jerawat pernah dulu ane pecahin dalem nya kaya jerawat gitu dok

  177. ghofar says:

    permisi dok. di batang penis saya terdapat benjolan seperti bisul/jerawat sakit bila di pejet. apakah ini wajar? cara biar cepat hilang di kasih apa dok? terimakasih

  178. ariski says:

    dok,, bulu/rambut di penis, harus dicukur secara rutin atau nggak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s