Mengenal Penyakit Pada Pria


Penyakit yang perlu para pria ketahui, yaitu :

Penyakit Prostat, dimana penyakit ini cuma dimiliki oleh pria dan letaknya di bawah kandung kemih dan menjadi pangkal kemaluan di bagian dalam. Fungsinya sebagai kelenjar yang memproduksi semacam getah lendir sebagai media spermatozoa agar tetap hidup. Didalam kelenjar sebesar biji kemiri ini, air mani  berisi spermatozoa yang dikirim dari buah zakar, lalu bercampur dengan getah prostat ditampung. Jika prostat mengalami gangguan, maka fungsinya tidak akan normal, mengakibatkan fungsi ejakulasi pun akan terganggu.

Penyakit Testis atau Buah Zakar, dimana kita ketahui bahwa buah zakar merupakan pabriknya yang memproduksi sel benih spermatozoa. Jika buah zakar mengalami gangguan, maka produksi spermatozoa akan menurun dan pada tingkat penyakit yang berat dapat mengakibatkan kemandulan. Hal ini disebabkan adanya bendungan pembuluh di buah zakar yang menimbulkan tertimbunnya cairan di kantung buah zakar, sehingga ukuran buah zakar melebihi normal. Hal ini biasa disebut hydrocele. Penderita ini sukar punya anak, disebabkan kualitas sperma tidak sebagus lelaki normal.

Penyakit Penis, yang sering terjadi terkena jamur candida albicans yang menimbulkan penyakit balanitis. Kepala penis berlumuran jamur , tampak selaput putih susu di sekujur kepala penis dimana biasanya akibat tertular dari pihak istri yang mengidap keputihan jamur. Kalau istri sehat, mungkin dari wanita yang mana.

Penyakit Sifilis, dimana pada stadium lanjut, kuman sifilis akan menggerogoti penis, sehingga tukak penis berakibat hancurnya jaringan penis. Penis jadi keropos dan hancur.

Penyakit Kutil Pada Kelamin, biasanya menyerang kepala penis, tampak kutil bergerombol mirip kembang kol di penis. Virusnya ditularkan lewat hubungan seks yang tidak normal, atau memasukkan penis ke dalam liang dubur. Hal ini sering dilakukan oleh pria yang kelainan seks seperti kaum homoseksual.

Kanker Penis, biasanya bersifat ganas, diawali dengan borok. Namun Kasus ini tidak banyak terjadi, lebih sering kasus keputihan yang disebabkan oleh penyakit kencing nanah ( gonorrhoe ). Setiap bangun tidur pagi ada tetesan nanah. Sekarang banyak disebabkan oleh micoplasma, dengan gejala keluar lendir terus dan kuman ini lebih bandel dibanding kuman kencing nanah yang sudah lebih mudah di basmi.

Herpes Kelamin, dimana gejala diawali dengan munculnya lenting-lenting bening sebesar kacang hijau di kepala atau leher penis. Lenting cacar ini luput dari perhatian dan baru terasa setelah lentingnya pecah dan menimbulkan rasa perih, lalu menjadi luka seperti lecet. Herpes kelamin harus diobati, tetapi sewaktu-waktu bisa kambuh lagi dan sampai sekarang belum ada obat yang ampuh untuk membasmi virusnya. Sekali pria terkena herpes kelamin, maka seumur hidupnya akan mengidapnya. Hal ini menyebabkan, si istri akan tertular pada saat melakukan hubungan suami istri. Tidak jarang juga suami memperolehnya dari istri, jika istri keputihan dan tidak diobati.

Impotensia, dimana ketidakmampuan pria dalam ereksi dimana penyebabnya oleh dua kemungkinan, yaitu organik: ada kemungkinan pada persarafan atau pembuluh darah penis. Pria dengan kencing manis lama, kelumpuhan saraf tulang belakang, sehabis operasi prostat. Kejiwaan : oleh karena ada hambatan kejiwaan , ereksi tidak dapat terjadi.  Ejakulasi dini misalnya, ini sering disebabkan oleh faktor kejiwaan yang tidak stabil.

Kemandulan Pria, adanya gangguan hormon yang berhubungan dengan fungsi reproduksi. Hormon kelamin tidak boleh kelebihan atau kurang. Jika kromosom seksnya berlebihan ( XXY ) dan normalnya ( XY ), maka tidak sempurna memproduksi sperma. Begitu pula jika buah zakar sejak bayi belum turun dan tertahan di rongga perut. Buah zakar yang tidak turun, tidak bisa untuk memproduksi sperma, sebab suhu di perut lebih panas dibanding di kantung zakar. Hal yang sama terjadi pada profesi sopir dan berpakaian ketat, sehingga kantung zakar bersuhu lebih panas dibanding pria yang berpakaian dalam longgar dan tidak banyak duduk seperti sopir.

Kebotakan, Ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Penyebabnya bukan hanya adanya penyakit lokal di kepala seperti jamur, infeksi atau salah pakai shampoo. Tetapi bisa juga oleh faktor dalam. Pada lelaki kebotakan berpola khusus ( male pattern baldness ), yakni botak di bagian pinggir dan depan atas, serta dipucuk kepala. Penyebabnya faktor familial dan hormon lelaki dan bisa juga oleh penyakit. Kebotakan lelaki karena proses penuaan, perlu diatasi dengan menggunakan obat penghambat proses penuaan. Kebotakan pada pria disebabkan penyakit, perlu diatasi juga dengan cara menanggulangi penyakit apakah jamur pada kepala, psoriasis, atau ada infeksi lain di kulit kepala.

Gynecomastia, jika pria mendadak tumbuh payudaranya dimana jaringan payudara mendadak bertumbuh. Normal terjadi pada remaja laki-laki yang belum seimbang hormon seksnya. Namun jika terjadi pada pria di atas 50 tahun, biasanya sesisi saja dan umumnya mereda sendiri dalam 6 – 12 bulan. Namun jika tidak mereda lebih dari setahun, maka kemungkinan terjadi tumor pada buah zakar atau kelenjar pituitary otak. Penyebabnya cirrhosis hati, pemakai hormon estrogen untuk kanker prostat, atau pemakaian obat golongan steroid lain. Pasien seperti ini perlu di biopsi untuk menyingkirkan kemungkinan kanker.

Deviasi Seksual, seperti homoseksual yang disebabkan oleh gen dan obyek seksnya adalah kaum sejenis. Homoseks yang bersifat fakultatif, dimana penyebabnya adalah kehidupan asrama, penjara dan institusi lainnya, masih dapat di koreksi dengan psikoterapi. Jika penyebabnya bawaan, lebih sukar di koreksi, karena ada kelainan pada gennya. Di kalangan ini ada juga yang heteroseksual atau biseksual, dimana dia bisa juga memiliki anak dan memiliki istri. Sedangkan transeksual adalah keinginan untuk mengubah jenis kelaminnya menjadi seorang wanita.

Hypersex, disebabkan aktivitas hormon androgen yang terus membanjir menambah libido pria. Bertambahnya libido, bukan berarti pria selalu perkasa. Puber kedua pun cuma istilah belaka, manakala  seorang pria mulai menyangsikan potensi seksualnya sendiri. Ketika istri di rasakan kurang responsif dan seks menjadi dingin, suami mulai berpikir macam-macam. Ingin membuktikan bahwa seksnya masih poten, lalu suami mulai macam-macam dengan seks. Suami yang mulai macam macam-macam dalam seks inilah yang di sebut dengan puber kedua.

Penyakit Buta Warna, memang terjadi cuma pada pria dan ini diturunkan. Sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Ada kelainan pada retina mata, sehingga tidak membedakan warna-warna.

Penyakit Kutu Bewok, hanya terjadi pada kaum pria. Ini terjadi jika bewokan tetapi jarang mandi, dan kalau mandipun tidak pakai sabun. Selain itu penyakit akar bweok juga sering terjadi, dimana tumbuh bintil-bintil bisul di kulit tempat bewokan tumbuh.

@berbagai sumber

66 comments on “Mengenal Penyakit Pada Pria

  1. Tanya Dok….
    Tolong dong berikan penjelasan apa penyebab penyakit-penyakit kelamin pria dan tips-tips bagaimana sih cara mencegahnya?

  2. joetex says:

    min, punyaku ada bintik” putih di bagian kepala penis .. apa normaL??

  3. zoefar says:

    dok mau tanya
    pada skrotum atau kantung buah zakar muncul bintik bintik kecil berwarna hitam seperti korengen
    itu apa ya dok ??

  4. jack says:

    permisi dok ,mau tanya dong .
    pada kantung buah zakar saya terdapat bintik2 kecil gitu ,rasanya gatal dok ,itu namanya penyakit apa yak dok ???
    terima kasih

  5. made says:

    dok, kalau gatal di daerah penis gimana?
    kulit penis mengelupas seperti ganti kulit, tidak ada benjolan di kepala penis dok, tidak ada selaput putih jamur juga.
    tapi sangat gatal.
    sudah hampir 2 minggu.

  6. ardhi says:

    Dok,sdh 2 hari ini di buah zakar saya luka hingga bernanah,,
    Tapi hanya setengah..saya tdk tahu penyebabnya.
    Dia tepat di bulu2 yng tumbuh..
    Mohon abatnya dok

    • Mungkin itu Gonore atau Gonorrhea adalah penyakit kelamin yang mudah menular sebagai akibat dari peradangan yang disebabkan oleh bakteri gonokokus. Berdasarkan survey, 200 – 500 jiwa terserang penyakit ini setiap tahunnya. Paranya lagi, lebih dari 50% dari jumlah tersebut adalah kaum wanita. Penyakit gonore ini ditandai dengan cairan nanah yang berwarna kekuningan yang menetes dari mulut penis dan kaum pria akan merasakan sakit yang luar biasa dan panas serta kesulitan dalam buang air kecil. bagi pria, gonore menimbulkan peradangan di testis, kandung kemis, serta penyempitan saluran air kencing. Dalam jangka panjang, penyakit ini akan mengakibatkan kemandulan.

      • junalove says:

        mau tanya dok.
        di bagian kepala penis saya , bagian yg brbatasn dgn btang penis…atw pd lingkararan kepala penis.. ada semacm bintil2 kyak pada lidah gt.. tp warnanya putihh, tapi tdk terasa skit, klu di gosok, kyak rasa ngilu pd kepala penis..
        .. apa itu penyakit dok? atw nrmal? jelasin ya

      • Jika bintik2 putih pada kepala penis itu terasa gatal mungkin itu disebabkan kerena jamur, tapi jika terasa sakit bisa diakibatkan hal lain.Sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikannya.

  7. dd says:

    dok, dipenis saya pernah lecet dan tidak masalah karena cepat mengering. Tetapi setelah itu sebagian dari testis saya terus mengeluarkan cairan bening dan terasa gatal. apakah ini penyakit dok? bagaimana cara penyembuhannya?

    • Beberapa jenis luka bisa mengenai penis. Penis terjepit pada resleting celana adalah yang sering terjadi, tetapi luka yang diakibatkan biasanya sembuh dengan segera. Potongan dan luka sembuh segera tanpa pengobatan tetapi bisa memerlukan antibiotik jika terjadi infeksi. Luka pada urethra (pembukaan pada ujung penis) bisa memerlukan pengobatan khusus lainnya, biasanya dilakukan oleh ahli urologi (dokter yang khusus mendiagnosa dan mengobati gangguan genitourinary).

  8. kade says:

    dok…di penis sy.,di bagian kepala,batang,dan ad jg d bwah kantung zakar..ada semacam benjolan seperti biduran…dan rasanya kadang gatal…sy sendiri pnta penyakit alergi dingin…yg kalok dingin past biduran..tp yg biduran selain d penis langsung sembuh…ini termasuk penyakit penis gk dok??

  9. Malik says:

    Bolehkah lelaki yang mempunyai gynecomastia seksualitinya bertukar menjadi homoseksual atau gay?

    • setau gue, Gynecomastia adalah pembesaran jaringan payudara pada pria yang disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon estrogen & testosteron. jadi apa hubungannya dengan homosexual, sesorang menjadi homosexsual itu bisa dikarenakan berbagai faktor baik ekternal maupun internal.

  10. darnotok says:

    dok,mau tanya.buah zakar kok sering bengkak,apalagi kl hbs angkat beban berat.

    • Pembesaran pada kantung zakar yang terjadi pada saat setelah anda mengedan kemungkinan besar disebabkan oleh karena hernia yaitu turunnya usus ke daerah inguinal atau scrotum melalui daerah yang lemah pada dinding perut.
      sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikannya.

  11. ari says:

    mw tnya kalau di bagian kulit penis dan buah zakar gatal dan mengelupas knp ya? apa karna jamur? udh hampir 2 minggu .

  12. rafi says:

    dok,saya mau nanya nih kalau buah zakar pendek sebelah (cuma sedikit)yang sebelah kiri lebih turun sedikit apa itu wajar?

    • Jika perbedaanya tidak terlalu signifikan biasanya itu memang wajar terjadi pada pria, tapi jika besarnya sudah tidak terlalu wajar dan menimbulkan rasa sakit sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikannya apakah itu penyakit atau bukan.

  13. eka says:

    sy mau tanya di mulut samping kanan penis sy ada kaya semacam benjolang kecil berwarna abu-abu keunguan dan tdk sakit di sekitar benjolan tersebut kulit penis terlihat berwarna merah seperti kena inflamasi awalnya tidak ada.
    yg sy mau tanyakan itu kutil kelamin atau bkn? apakah bs meningkatkan resiko kena hiv?????? umur sy baru 13 thn dan dulu sy sering onani tp karena benjolan tsb sy sdh mengurangi frekuensi onani sy

    • Kutil kelamin dikenal sebagai penyakit kelamin yang mudah menular melalui hubungan seksual yang bisa mengenai pria maupun wanita. dan apakah bisa meningkatkan resiko kena hiv belum tentu, karena untuk menentukannya anda harus cek darah. tapi jika anda belum pernah melakukan hubungan sex anda tidak perlu khawatir.

  14. No name says:

    Boleh tanya ?
    Kalo ujung penis perih saat buang air kencing itu diakibatkan oleh apa ? Trus sembuhinnya bagaimana ?

    • Jika dari penis keluar Cairan berwarna putih, kuning atau hijau yang keluar dari ujung penis bisa jadi tanda gonorrhea, terutama jika diikuti pula dengan rasa nyeri pada uretra atau rasa sakit saat buang air kecil. cara mengatasinya segera periksakan ke dokter.

  15. Mimi says:

    Dok, kalau ujung penis perih itu cara atasinya bagaimana, awalnya terkena sabun, biasanya hanya sebentar, tetapi ini sampai berhari hari, bagaimana cara mengatasinya ?

    • Infeksi menular seksual kadang tidak disadari oleh seorang laki-laki. Tapi ada beberapa gejala tertentu yang bisa muncul di penis jika seseorang terinfeksi penyakit menular seksual. Untuk mengatasinya sebaiknya periksakan ke dokter.

  16. no name says:

    Dok mau Tanya,,
    di ujung kepala penis saya ada bercak-bercak kehitaman..,????
    apakah itu hanya jamur aja atau berbahaya,,,????
    bagaimana cara menghilangkannya,,??
    saya belum pernah melakukan hubungan jadi setahu saya ini tidak menular

  17. sefri says:

    dok kalo kontol ya miring gimana cara ngatasinya dok

    • Yang penting untuk penis pria adalah keras dan tegangnya. Panjang dan bentuknya adalah sekunder. Bila bengkoknya penis ringan, tetap bisa penetrasi pada vagina yang sudah lubrikasi. Kecuali bila bengkoknya penis ekstrem, bisa dilakukan rekonstruksi dengan operasi bedah-plastik. bisa dilihat disini Apakah Kemaluan Anda Bengkok

  18. Abege says:

    Dok, kulit di kantong zakar saya kaya di gigit apa gitu. Gatelnya minta ampun, lama lama jadi kaya mengeras dan agak bengkak. Solusinya donk dok. Takut…

  19. abi says:

    kalo dkulit buah zakar,perih,trus kaya lecet keluar kaya nanah itu apa?trus obatnya apa yah?awalnya datel sedikit,tau2 perih,kirain saya lecet biasa,pas dilihat,kulitnya berwarna agak gelap gt….

  20. AHMAD JAUHARI says:

    selama 5 hari di ujung penis sy trasa skit apalagi saat kencing,itu knp y dok? thanks dok.

    • Mungkin itu, Gonorrhea
      Ini adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri itu adalah Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonorrhea ini sering di kenal dengan kencing nanah, karena memang penis akan mengeluarkan nanah berwarna putih kuning atau putih kehijauan. Gonorrhea bisa menyebar melalui aliran darah kebagian tubuh lainnya, teutama kulit dan persendian.

      Gejala-gejalanya sangat mudah di deteksi dan di ketahui terutama untuk laki-laki. Ciri-cirinya adalah terasa sakit perih ketika buang air kecil, kadang-kadang pada waktu kencing atau sesudah kencing akan terasa nyeri beberapa saat, setelah itu tidak terasa lagi. Ciri kedua adalah penis akan mengeluarkan cairan putih kekuning-kuningan atau kehijau-hijaun. Jika anda menemukan dua gejala itu pada diri anda bisa dipastikan anda telah terinfeksi bakteri ini.

  21. zulkiflimustafa says:

    tdk mungkin sakit kelamin jika tdk jajan

  22. robertarino says:

    Dok mau tanya nii

    Kenapa ya buah zakar saya sperti ada 3…
    Tpi yang 1 ini sungguh sangat keras
    Trus sperti ada benjolan gitu

    • Normalnya pada pria hanya terdapat 2 buah zakar, tapi jika mempunyai 3 sebaiknya periksakan ke dokter. apalagi jika berbentuk seprti benjolan dan terasa sakit.

  23. rio says:

    .dok,,,,,udh 3 hri ni tiap buang air perih kyak ad luka di bagian dlam penis trus d ujung penis luka ngluarin nanah,,,knpa y dok?

  24. geo says:

    dok.sblm saya mengenal onani.kontol dan buah zakar saya kecil..tp stelah mengenal onani dan melakukan onani,,buah zakar saya menjadi besar,,bgtu pula dg kntol saya,,apakah itu tidak apa apa dok/??

    • Penis dan buah zakar lu membesar bukan karena sering onani, mungkin karena lu masih dalam masa pertumbuhan seksual otomatis penis dan zakar akan membesar selama masa tersebut.

  25. xanderson says:

    Dok, dibatang penis dekat dengan rambut halus bagian atas saya ada semacam kutil kecil tapi dipegang tidak sakit. Itu gejala penyakit apa ya dok dan apa berbahaya? Cara mengobati dengan apa dok?

  26. cupin says:

    kalo ujung penis terasa sakit saat buang air kecil,itu penyakit apa?
    padahal kemarin2 tidak terasa apa2?

    • Nyeri saat ejakulai atau berkemih bisa disebabkan karena peradangan penis, testis atau prostat. Pada kasus yang sangat jarang, nyeri saat ejakulasi juga bisa disebabkan karena batu di prostat atau penyumbatan pada saluran-saluran sperma.

  27. Randy says:

    Dok,di ujung penis saya ada urat memanjang gitu tapi tidak terasa sakit.apakah itu aman?

    • sebaiknya pastikan kalo itu bukan Varises yang terjadi di alat kelamin pria disebut dengan varikokel (varicocele). Kondisi ini dipicu oleh pembengkakan pembuluh darah vena, terutama pada buah zakar sehingga sering menyebabkan ukurannya besar sebelah.

      Varikokel diyakini merupakan salah satu pemicu kemandulan pada pria dewasa. Selain terasa nyeri, varikokel mempengaruhi kondisi buah zakar mengecil dan mengurangi kualitas sperma yang dihasilkan.

  28. Me says:

    Dok saya setiap mandi dengan air hangat. dan ketika air hangat mengenai penis saya. penis saya terasa ngilu/perih gitu dok. itu ada apa yah? ??

  29. rico says:

    sore dok ,,, saya baca semua pertanyaan2 teman saya tertarik dgn penyakit gonorrhea yang kata dokter penis bernanah … kloa kata dokter disebabka sering hubungan seks bebas .. nah saya saat ini sedang mengalami penis bernanah tp saya belum pernah seks bebas , cuman saya sangat sering onani, hampir setiap hari terkadang 1 hari itu bisa 3 kali …… kloa bisa minta tolong , kira2 obatnya apa yach dokter … berhubung keuangan saya tidak cukup kedokter adakah obat yang murah tanpa harus ke dokter atau mungkin semacam ramuan tradisional atau makanan yg harus dikonsumsi. terima kasih

    • Gonorrhea
      Ini adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri itu adalah Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonorrhea ini sering di kenal dengan kencing nanah, karena memang penis akan mengeluarkan nanah berwarna putih kuning atau putih kehijauan. Gonorrhea bisa menyebar melalui aliran darah kebagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian.

  30. aneist says:

    dok….aqu usia 22 thn sring onani trus bagian pangkal peler saya terasa skit apakah itu faktor dari kangker prostat. minta saran dok

    • Onani itu tidak menyebabkan kanker loh, dan untuk mengetahuinya apakah lu mengidap kanker prostat gak sebaiknya pergi ke dokter untuk dapat diperiksa lebih detail.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s