Pilihan KB untuk pria di Indonesia



Sampai saat ini, pilihan KB untuk pria di Indonesia masih terbatas pada kondom dan vasektomi (kontrasepsi bedah). Untuk mengendalikan angka kelahiran tidak hanya wanita yang harus ber-KB tetapi juga pria. Pil KB untuk pria Indonesia masih dalam tahap uji klinis dan akan segera beredar.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah bekerja sama dengan Universitas Airlangga yang kini sedang melakukan uji klinis dan memperbanyak sampel demi menjamin keamanan dan kemudahan penggunaan pil KB untuk pria Indonesia.

Pil KB tersebut berasal dari bahan-bahan produksi dalam negeri termasuk daun gandarusa yang banyak digunakan oleh kaum pria di Papua.

“Pil KB pria sekarang dalam tahapan penelitian lanjutan. Karena terus terang saja ini kan penemuan dan termasuk kebanggaan bangsa Indonesia karena di dunia belum ada yang menemukan ekstrak untuk KB pria ini,” jelas Dr Sudibyo Alimoeso, MA, Sestama BKKBN disela-sela acara Konsultasi Bidang Pembangunan Kependudukan dan Program Keluarga Berencana se Indonesia di Hotel Harmoni One, Batam, Selasa.

Menurut Dr Sudibyo, temuan ini diharapkan bisa ditampilkan pada Hari Inovasi Nasional yang diselenggarakan Komite Inovasi Nasional melengkapi hasil temuan inovatif dari pemerintah.

Dr Sudibyo menjelaskan daun gandarusa yang dijadikan pil KB dalam bentuk ekstrak nantinya diharapkan bisa berbentuk butiran sehingga cukup diminum 1 pil saja.”Sekarang kalau diminum masih 7 atau 6 pil, itu kan terlalu banyak,” imbuh Dr Sudibyo.

Dr Sudibyo juga mengatakan bahwa uji klinis untuk pil ini terus berjalan. Jika sebelumnya sudah dilakukan uji klinis pada sampel 100 orang, nantinya akan dilakukan pada 300 orang atau lebih.”Ini (pil KB pria) sudah bisa dikonsumsi tetapi belum digunakan secara massal. Tahun ini belum bisa dipastikan,” tutup Dr Sudibyo.

Saat ini keikutsertaan pria menggunakan alat KB hanya 1,6 persen. Jauh lebih rendah dibanding wanita yang mencapai 98,4 persen.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s