Benarkan orientasi seks bisa menular?


Masih ingat peristiwa pernikahan menghebohkan antara Umar dan Icha, yang diduga keduanya berjenis kelamin laki-laki.

Dalam kasus ini, Rahmat Sulistyo alias Fransiska Anastasya Octaviani alias Icha diduga punya tujuan tersembunyi menikahi Umar yakni menularkan orientasi seksualnya.

Benarkan orientasi seks bisa menular? Lantas, seperti apa penularannya?

Orientasi seksual atau kecenderungan seksual adalah pola ketertarikan seksual emosional, romantis, atau seksual terhadap laki-laki, perempuan, keduanya, tak satupun, atau jenis kelamin lain.

American Psychological Association menyebutkan bahwa istilah ini juga merujuk pada perasaan seseorang terhadap identitas pribadi dan sosial berdasarkan ketertarikan itu, perilaku pengungkapannya, dan keanggotaan pada komunitas yang sama.

Pakar kejiwaan RS Cipto Mangunkusomo menjelaskan secara kejiwaan dan psikologi, orientasi seksual seseorang bisa berubah dalam jangka waktu tertentu berdasarkan lingkungan. Jika interaksinya tinggi maka makin cepat orientasi seksual menyimpang itu terbentuk.

“Lelaki yang awalnya normal bisa menyimpang orientasi seksualnya kalau dia sering bergaul dengan waria atau gay. Jadi awalnya suka dengan perempuan, lalu menjadi heteroseks, kemudian jadilah dia homo,” jelasnya.

Sementara itu, orientasi seksual ke sesama jenis oleh dunia Barat dinilai sebagai kenyataan sosial yang harus diterima. Hal itu disetarakan dengan orientasi seksual ke lawan jenis. Karena itu, perilaku lesbian dan homoseksual merupakan bagian dari hak asasi manusia. Tentu saja hal itu merupakan persoalan besar bagi dunia Timur dan agama. Mereka tegas menolak hal itu.

Mereka menilai orientasi seksual sesama jenis sebagai bentuk penyimpangan dan merupakan suatu penyakit kejiwaan yang bisa disembuhkan. Apalagi, menurut ilmu kedokteran, peran genetik sangat kecil sekali pengaruhnya. Sebagian besar, sekitar 80%, orientasi seksual sesama jenis lebih karena pengaruh sosial.

Jadi, homoseksualitas dan lesbian merupakan penyakit kejiwaan yang menular. Karena itu, kita harus menjaga lingkungan kita dari penyakit kejiwaan semacam ini.

Sumber :

2 thoughts on “Benarkan orientasi seks bisa menular?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s