Cara mudah untuk mengecek kesehatan pria


5 hal sederhana untuk menilai lelaki Anda sehat tanpa harus bersusah payah tes darah. Lima sisi ini jarang dikupas tapi cukup signifikan untuk meneropong lelaki sehat seperti dilansir dari Askmen.

1. Warna Kuku Merah Muda

Kuku dapat mengungkapkan banyak tentang masalah kesehatan. Seseorang yang sehat akan memiliki kuku merah muda, berbentuk tegas dan permukaan kuku halus. Perubahan kuku menandakan adanya suatu peringatan. Kuku berwarna kuning tebal menandakan penyakit bronkitis kronis. Kuku yang berlekuk-lekuk menunjukkan adanya gejala diabetes. Sementara kuku yang berparut ada garis-garis yang kelihatan jelas pertanda memiliki zat besi rendah.

2. Warna Urine Kuning Pucat

Tak ada salahnya memperhatikan warna urine ketika sedang buar air kecil. Karena urine juga menjadi pertanda masalah kesehatan lelaki. Urine yang normal adalah yang berwarna kuning pucat (kuning keputih-putihan). Warna urine terkait dengan jumlah air minum yang dikonsumsi.

Jika banyak minum air maka warna urin biasanya jelas atau bersih dan ini tidak ada masalah. Namun, jika mengalami dehidrasi, maka urine akan berwarna gelap, kecoklatan seperti es teh. Perubahan warna, bau yang tidak terkait dengan makanan atau obat yang sedang dikonsumsi juga patut diwaspadai.

3. Denyut Jantung rata-rata 70 detak per menit (bpm)

Denyut jantung istirahat (RHR/Resting heart rate) atau detak jantung per menit saat istirahat merupakan tingkat indikator kebugaran secara keseluruhan. Meski RHR bervariasi setiap usia, namun rata-rata pria sehat memiliki RHR antara 70-75 denyut per menit (bpm/beats per minute). Namun denyut jantung 60-100 bpm juga masih dianggap normal untuk orang dewasa.

Detak jantung di luar kisaran itu dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dan mungkin mengindikasikan gangguan kesehatan.

Untuk mengukur denyut jantung cukup letakkan dua jari di pergelangan nadi tangan lalu lihat jam dan hitunglah ketukan dalam 15 detik dikalikan 4 untuk mendapat detak jantung per menit.

4. Ejakulasi dengan air mani sebanyak satu sendok makan

Pria sehat dengan usia menengah seharusnya mampu mengeluarkan air mani saat ejakulasi sebanyak 2-5 ml. Namun jumlah air mani ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jumlah air mani yang kurang dari 2 ml merupakan indikasi hyperspermia, suatu kondisi yang dapat mempengaruhi kesuburan laki-laki. (Jumlah standar air mani ini juga didukung oleh badan kesehatan dunia/WHO).

Selain volume, warna dan kekentalan air mani juga dapat memberi petunjuk kesehatan. Laki-laki yang sehat seharusnya memiliki air mani berwarna putih keabu-abuan dan kental. Air mani yang bercampur darah atau terlalu encer adalah pertanda adanya masalah kesehatan yang serius yang harus dikonsultasikan ke dokter.

5. Memiliki kulit elastis
Elastisitas kulit umumnya menunjukkan derajat dehidrasi. Jika Anda mengalami diare kemungkinan akan mengalami kekurangan cairan yang banyak. Untuk menguji elastisitas kulit cukup dengan mencubit punggung tangan, jika cairan di tubuh normal kulit akan kembali ke posisi semula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s