Dampak Sering Onani


tumblr_ogb2jhshkw1tuh4e9o1_250

Banyak pria melakukan masturbasi, bahkan ada yang hingga kecanduan sampai-sampai jadi gelisah jika sehari saja tidak melakukannya. Hati-hati jangan berlebihan, sebab masturbasi juga punya efek samping jika terlalu sering dilakukan.

Tidak ada batasan yang pasti tentang seberapa sering pria boleh masturbasi. Meski dipengaruhi banyak faktor termasuk usia, ada beberapa pendapat yang menyebut frekuensi ideal untuk ejakulasi adalah 2-3 kali seminggu baik melalui masturbasi maupun hubungan seks yang sesungguhnya.

Dikutip dari AskMen, masturbasi yang terlalu sering bisa memicu aktivitas berlebih pada saraf parasimpatik. Dampaknya adalah produksi hormon-hormon dan senyawa kimia seks meningkat teramasuk asetilkolin, dopamin dan serotonin.

Ketidakseimbangan kimiawi yang terjadi akibat hobi masturbasi yang terlalu sering bisa memicu berbagai macam gangguan kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Impotensi
Gangguan pada saraf parasimpatik bisa mempengaruhi kemampuan otak dalam merespons rangsang seksual. Akibatnya kemampuan ereksi melemah, bahkan dalam tingkat keparahan tertentu bisa menyebabkan impotensi yakni gangguan seksual yang menyebabkan penis tidak bisa berdiri sama sekali.

2. Kebocoran katup air mani
Bukan hanya ereksi saja yang terpengaruh oleh kerusakan saraf, kemampuan saluran air mani untuk membuka dan menutup pada waktu yag tepat juga terganggu. Akibatnya sperma dan air mani tidak hanya keluar saat ereksi, lendir-lendir tersebut bisa juga keluar sewaktu-waktu seperti ingus sekalipun penis sedang dalam kondisi lemas.

3. Kebotakan
Dampak lain dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi jika terlalu sering masturbasi adalah kerontokan rambut. Jika tidak diatasi, lama-kelamaan akan memicu kebotakan atau penipisan rambut pada pria.

4. Nyeri punggung dan selangkangan
Kontraksi otot saat mengalami orgasme bisa memicu nyeri otot, terutama di daerah punggung dan selangkangan. Bagi yang melakukannya dengan tangan kosong tanpa pelumas, rasa nyeri juga bisa menyerang penis karena gesekan yang terjadi bisa menyebabkan lecet-lecet.

5. Rasa letih sepanjang hari
Setiap kali tubuhnya mengejang karena orgasme, pria akan kehilangan cukup banyak energi karena hampir semua otot akan mengalami kontraksi. Akibatnya jika terlalu sering, pria akan kehilangan gairah untuk beraktivitas dan cenderung akan merasa ngantuk sepanjang hari.

Gimana guys sekarang udah ngerti kan bahaya keseringan onani? Jangan lupa untuk menuliskan pengalaman mengenai onani kalian di kolom komentar ya.

Sumber :

38 thoughts on “Dampak Sering Onani

    1. Setau gue, sebaiknya onani paling banyak dilakukan satu kali sehari agar tidak banyak tenaga dan waktu yang terbuang. Pilih situasi dan kondisi yang tepat dan memungkinkan untuk melakukannya. Onani bersifat pribadi dan rahasia dimana orang lain tidak boleh tahu kalau kita sedang onani.

    1. Masturbasi atau onani kerap dilakukan remaja atau laki-laki yang belum menikah.
      Karena onani adalah cara yang sehat untuk menyalurkan hasrat seksual dibandingkan dengan ML sebelum menikah karena terlalu banyak risikonya.

  1. gan, gue onani 2 atau 3 hari sekali .. gw pengen ngilangin kebiasaan , soalnya menurut gue ini penyakit gan yg bikin gue maless aktivitas .. gw takut kena impoten gan..gimana caranya biar STOP..ONANI..??

  2. Kenapa y klo onani itu ada rasa ingin berhenti tpi ttep masi melakukan onani lagi&lagi,pdhl da tau klou tu haram.brdampk buruk dll..apa tu y9 namaya kecanduan onani…?

    1. Cara yg paling ampuh untuk stop masturbasi adalah keyakinan dari dalam diri sendiri. Loe bisa cari kegiatan yg lebih positive untuk mengalihkan pikiran jorok agar tidak melakukan masturbasi. Yg namanya kecanduan itu melakukannya secara terus-menerus tanpa melihat kondisi dan keadaan sekitar.

  3. Terima kasih infonya om. Saya mau tanya, kalau begitu frekwensi masturbasi nomalnya seminggu berapa kali ya? Oiya satu lagi saya mau tanya, kalau setelah masturbasi kenapa biibir penis (meatus) seperti bengkak ya? Tidak sakit, hanya bengkak.

    Terima kasih

    1. Sperma tidak akan habis sesering apapun Anda melakukan onani. Turn-over (perputaran) produksi cairan sperma bergantung pada usia dan kebugaran fisik pria.

      Laki-laki yang sehat akan memproduksi 70-150 juta sperma per hari. Sperma ini terdapat dalam air mani yang mana rata-rata volume air mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris).

  4. gan, mau tanya, akbt sering onani skrg penis sya mengeluarkan lendir trz menerus.. biarpun dlm ke adaan lemes. adakah obty dan bsa dsembuhkan ap tdk.?? Mhon jwbany.

      1. kl mlakukn sex beresiko aq jamin gk bos, sbab aq cma pnah main dgn pcrku aj.. dan aku tau bngt lawan main aq it bkan org yg sembrangan, hanya pnh dgn q sj,, dan it pun jarang skali dan lama krn jarak kami jauh.. dan seringy brmain sndri via tlp…

    1. Terlalu banyak onani tidak akan berdampak pada kualitas sperma atau bisa berakibat cacat pada keturunan Anda kelak. Lakukan onani dengan porsi yang tidak sampai mengganggu kegiatan rutin dan produktivitas kerja Anda sehari-hari. Imbangi dengan makanan dan minuman bergizi serta latihan fisik teratur.

  5. Gan gra” sring onani bdan saya kurus, lemes & klau saya buang air kecil keluar lendir-lendir… ?
    apakah ada obat nya ?

  6. Om saya mau nanya juga… Saya seeing melakukan onani,selama 3 tahun ini saya melakukannya hampir seminggu 5 kli… Dan sepertinya testis saya mengecil.. Apakah testis akan kembali normal lembali… Trimakasih

  7. Bos mau tanya…
    Knapa wktu sya napsu…
    Kok dakar sya kluar cairan dan buah dakar yg kiri bengkak n sakit perut dbawh jga skit… gmna solusinya..
    Apa sya punya ganggua.

    Trimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s