Pernikahan memberi keuntungan tersendiri bagi pria


Dalam kaitannya dengan serangan jantung, penelitian membuktikan bahwa pernikahan memberi keuntungan tersendiri bagi pria yakni jadi lebih cepat mendapat pertolongan. Manfaat yang sama tidak diperoleh wanita meski sama-sama menikah.

Dr Clare Atzema, peneliti dari Institute for Clinical Evaluative Sciences (ICES) mengungkap bahwa pria beristri cenderung mendapat pertolongan leih cepat dibandingkan pria lajang atau duda. Keuntungan ini tak lepas dari peran istri yang bertindak sebagai perawat pribadi.

Dari seluruh kasus serangan jantung pada pria yang terjadi di Kanada selama ini, 46,3 persen pasien mendapat pertolongan kurang dari 2 jam sejak munculnya gejala awal yakni nyeri dada. Sementara itu, 73,6 persen mendapat pertolongan dalam waktu 6 jam.

Jika dilihat status pernikahannya, tampak bahwa pria menikah cenderung mendapat pertolongan lebih cepat. Sebanyak 75,3 persen pria menikah mendapat pertolongan dalam 6 jam, sementara pada pria lajang angkanya hanya 67,9 persen, duda bercerai 68,5 persen dan duda ditinggal mati 70,8 persen.

Meski demikian, perbedaan waktu dalam mendapatkan pertolongan pada serangan jantung tidak dialami oleh kaum wanita. Baik lajang maupun sudah menikah, wanita mendapatkan pertolongan saat mengalami nyeri dada dengan jeda waktu yang relatif sama.

Ada beberapa alasan yang mendasari adanya perbedaan efek menikah terhadap waktu yang dibutuhkan untuk mendapat pertolongan, salah satunya karena pria memang lebih rentan serangan jantung. Selain itu, peneliti lebih melihatnya sebagai peran istri dalam merawat pasangannya.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s