Bagaimana Mengatasi Rasa Gatal di Area Kelamin?


https://allaboutmens.wordpress.com

Dok, ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kesehatan kulit kelamin yang saya alami:

1. Apa faktor dominan yang menyebabkan kulit kelamin kita itu terasa gatal yang amat sangat dokter? Wilayahnya dari bawah sampai atas kulit kelamin yang kalau digaruk akan berwarna putih dan mengkerut atau kasar seperti kulit salak?

Pengobatan dengan salep kulit juga masih belum bisa mengatasi rasa gatal-gatal ini dokter. Ini sudah terjadi 2 tahunan dan sampai sekarang masih terasa tetapi kadang kulit kelamin tersebut tidak terasa gatal.

2. Apa obatnya karena saya ingin kesembuhan pada kulit kelamin ini, dikarenakan hal ini sangat menggangu aktivitas kerja saya?

Jawaban

Penyebab gatal pada alat kelamin bermacam-macam. Yang paling sering tentu saja infeksi jamur. Infeksi jamur umumnya dicetuskan oleh keadaan lembab, misalnya akibat sering berkeringat ataupun pada obesitas (kegemukan).

Selain itu infeksi jamur juga meningkat pada penyakit tertentu misalnya pada kencing manis (diabetes melitus). Pada orang yang sering mengonsumsi antibiotika ataupun kortikosteroid, angka kejadian infeksi jamur juga lebih tinggi.

Yang juga penyebab sering gatal kelamin adalah eksim atau disebut juga dermatitis. Eksim umumnya dipicu oleh stres. Pada situasi ini, biasanya gatal lebih nyata saat Anda sedang tak beraktivitas. Saat stres berkurang, penyakit biasanya akan mereda juga.

Eksim juga lebih sering kambuh bila kulit terlalu kering sehingga mudah teriritasi. Pada orang yang gemar membersihkan kulit kelamin secara berlebihan, maka kulit kelamin akan menjadi sangat kering, berkeriput dan bersisik. Semua hal ini juga dapat memicu munculnya gatal.

Pengobatan yang tepat tentu saja harus dimulai dengan diagnosis penyakit secara tepat. Bila Anda sudah mencoba mengobati sendiri kelainan yang diderita tanpa hasil yang memuaskan, sebaiknya Anda datang berobat ke dokter kulit dan kelamin setempat agar dapat dievaluasi secara komprehensif.

Semoga jawaban kami dapat membatu.

dr. Susie Rendra, SpKK

10 thoughts on “Bagaimana Mengatasi Rasa Gatal di Area Kelamin?

  1. untuk mengatasi gue gak tahu, tapi untuk mencegah bisa dengan olive oil. dari dulu minyak zaitun / olive oil terkenal bagus untuk kesehatan kulit. Latihan jilq gue biasanya dilakukan dengan minyak zaitun ini

  2. Mlm dok..

    kulit skrotum saya bersisik seperti kulit salak, gatal sekali dok smpe mengelupas krna sya sering garukin juga, trus kayak ada benjolan seperti jerawat kecil gitu di skrotum dan sepertinya ada benjolan juga di testis sebelah kanan sya dok, yg sya tanyakan ini penyakit apa ya dok. mohon informasinya. tksh

    1. Setau gue sih, mungkin Loe kurang menjaga kebersihan di daerah alat vital atau mungkin saja karena infeksi jamur. untuk soal benjolan di daerah alat vital sebaiknya Loe periksa ke dokter kulit kelamin setempat.

  3. Terus, dok, gimana caranya menjaga kelembapan pada area kelamin? saya suka ngasih bedak salicyl sebelum pake CD, ada pengaruhnya gak ya Dok?

  4. Dok, saya mau tanya.
    Dibagian kulit skrotum saya ada bentolan2 sejenis jerawat dan terkadang merasa gatal di malam hari. Kira2 itu gejala apa ua Dok! Dan penanganannya bagaimana??
    Mohon pencerahannha Dok.
    Trim’s

    1. Untuk pemeriksaan lebih mendetail jika hanya memberikan ciri-ciri / tanda-tanda kami kesulitan memberikan saran atau info penyembuhan. maka dari itu mohon dilampirkan juga gambar kondisi Mr.P anda ke email allaboutmens@yahoo.co.id
      (kerahasian gambar terjamin, dan tidak akan disalah gunakan)

      Regards
      All About Mens

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s