Cowok Yang Tinggi Berisiko Kena Kanker Prostat


Ternyata tidak selamanya menjadi cowok yang tinggi itu menguntungkan. Karena penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa laki-laki yang bertubuh tinggi cenderung lebih berisiko terkena kanker prostat lebih cepat.

Meskipun memiliki tubuh yang tinggi tidak memberikan pengaruh secara keseluruhan terhadap risiko kanker prostat, tapi menurut peneliti dari Amerika Serikat dan Jerman hal tersebut mungkin memainkan peran tertentu dalam terjadinya penyakit tersebut.

“Kami menemukan bahwa faktor tinggi badan ternyata berhubungan dengan meningkatnya risiko terkena kanker prostat lebih awal pada pria usia muda,” ujar Dr. Jiyoung Ahn dari New York University School of Medicine, New York, seperti dikutip dari Reuters.

Dr. Jiyoung Ahn dan koleganya bisa mengambil kesimpulan seperti itu setelah sebelumnya melakukan analisis data dari pemeriksaan kanker yang melibatkan 34.268 laki-laki. Penelitian yang dilakukan selama 8 hingga 9 tahun, ternyata didapatkan 144 laki-laki mengidap kanker prostat. Hal ini seperti dilaporkan dalam British Journal of Cancer.

Meskipun setiap orang memiliki risiko untuk terkena kanker prostat, tapi pemicu kanker prostat lebih agresif terjadi pada laki-laki yang memiliki tubuh tinggi sekitar 190 cm atau lebih dengan persentase 39 persen lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki yang tidak memiliki tubuh terlalu tinggi atau sekitar 170 cm atau kurang.

@http://www.detikhealth.com/

2 thoughts on “Cowok Yang Tinggi Berisiko Kena Kanker Prostat

    1. Memang belum ada korelasi yang pasti antara tinggi badan seseorang dengan penyakit kanker prostat, ini hanya lah sebuah analisis data yang dilakukan oleh British Journal of Cancer untuk mengetahui seberapa besar resiko kanker prostat pada seorang pria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s