Pria Bertubuh Tinggi Lebih Disukai Sebagai Pemimpin


Orang yang tinggi tak hanya mencolok, namun juga ternyata lebih disukai sebagai pemimpin. Para psikolog percaya bahwa kecenderungan itu berasal dari pandangan evolusi terhadap fisik pemimpin yang dianggap bisa mendominasi musuh.

Kecenderungan tersebut bisa dilihat dari kemenangan Barack Obama (6 kaki 1inci) atas John McCain (5 kaki 8 inci). Sebuah penelitian juga pernah menegaskan bahwa kandidat Partai Republik dan Demokrat yang lebih tinggi menang dalam 58 persen pemilihan presiden AS antara tahun 1789 dan 2008.

Kecenderungan ini menggelitik rasa penasaran Dr Gregg Murray di Texas Tech University di Lubbock, Texas, dengan apa yang disebut ‘indeks tinggi presiden’ ini.

“Nenek moyang kita hidup dalam kelompok-kelompok yang terus-menerus terlibat dalam konflik yang diselesaikan melalui kekerasan fisik. Jika ada gerombolan musuh yang datang dari atas bukit, anggota kelompok ingin agar musuhnya melihat orang besar di depan sehingga musuh tahu bahwa mereka akan menghadapi pertempuran yang sulit,” kata Dr Murray seperti dikutip dari The Guardian.

Kajian Dr Murray ini dimuat dalam jurnal Social Science Quarterly. Ia meminta 467 orang mahasiswa di universitas AS untuk menjelaskan dan menggambarkan sosok ‘pemimpin nasional yang ideal’ dibandingkan dengan ‘warga biasa’.

Hampir dua pertiga atau 64% di antara peserta penelitian menggambarkan sosok pemimpin lebih tinggi daripada rata-rata warga negara, yaitu rata-rata 12% lebih tinggi dari warga biasa. Peserta penelitian yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa dari Amerika, Afrika, Asia, Eropa dan Amerika Latin.

@http://www.detikhealth.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s