Pria yang Kurang Tidur Bisa Pengaruhi Kejantanannya


Pria lebih sering mengalami kurang tidur. Jangan anggap remeh masalah kurang tidur tersebut karena pria yang selalu kurang bisa membuat hormon seks testosteronnya berkurang yang akan mempengaruhi performa seksualnya.

Bahkan untuk kurang tidur yang terjadi hanya sementara, efek penurunan kadar testosteronnya cukup dramatis. Sebuah studi baru menunjukkan kurang tidur yang terjadi selama seminggu dapat menurunkan kadar testosteron hingga 15 persen dalam kelompok laki-laki muda yang sehat.

“Kadar testosteron yang rendah dapat berdampak negatif pada kesehatan laki-laki dalam berbagai hal termasuk mempengaruhi perilaku seksual,” kata para peneliti seperti dilansir dari WebMD.

Testosteron adalah hormon steroid dari kelompok androgen. Testosteron merupakan hormon seks utama laki-laki dan steroid anabolik. Pada pria, testosteron memainkan peran kunci dalam pengembangan jaringan reproduksi pria seperti testis dan prostat serta mempromosikan karakteristik seksual sekunder seperti meningkatnya massa otot, massa tulang, dan pertumbuhan rambut pada tubuh. Selain itu, testosteron sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, serta pencegahan osteoporosis.

Dalam studi ini peneliti membandingkan kadar testosteron dalam kelompok 10 pria muda yang sehat setelah seminggu tidur dengan waktu yang normal dan seminggu kurang tidur. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association.

Pada minggu pertama, para peserta penelitian, tidur selama 8 jam setiap malam di rumah. Kemudian para peserta penelitian memiliki 3 malam dengan waktu tidur selama 10 jam dan 8 malam dengan waktu tidur selama 5 jam di laboratorium.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kadar testosteron menurun sebesar 10 -15 persen setelah seminggu kurang tidur dibandingkan dengan para peserta penelitian yang memiliki waktu tidur yang cukup. Penurunan kadar testosteron juga terkait dengan hilangnya semangat di antara para peserta.

@http://www.detikhealth.com/

One thought on “Pria yang Kurang Tidur Bisa Pengaruhi Kejantanannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s