Tak Perlu Banyak Protein untuk Bikin Badan Berotot


Ketika seseorang ingin membangun atau memperbesar otot di tubuhnya maka tak jarang ia disarankan untuk banyak makan protein. Tapi kenyataannya orang tak perlu makan protein gila-gilaan untuk membentuk badannya berotot. Ini rahasianya!

Sarah Dacres-Mannings dari Sports Dietitians Australia mengakui banyak kesalahapahaman di masyarakat, salah satunya adalah seseorang harus makan banyak protein untuk memperbesar otot.

“Anda hanya perlu sedikit menambahkan protein saat membangun otot dan jumlahnya tidak sebanyak yang orang pikirkan. Seseorang perlu makan sekitar 0,8 gram protein per kg massa tubuhnya setiap hari, jika ingin membangun otot maka dibutuhkan 1,2 gram protein/kg massa tubuh,” ujar Dacres-Mannings, seperti dikutip dari ABC.net.au.

Otot terdiri dari 2 jenis filamen yang termasuk protein (actin dan myosin) dan terbuat dari asam amino. Jika ingin membangun otot lebih banyak maka tubuh perlu lebih banyak actin dan myosin yang tergabung bersama-sama dengan asam amino.

Untuk mendapatkan efek yang optimal, cobalah mengonsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah yang sama, karena karbohidrat meningkatkan kadar insulin yang membantu otot mengambil asam amino yang dibutuhkan untuk membangun otot baru.

@http://www.detikhealth.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s