Pria lebih sehat tidak gunakan celana dalam


Banyak hal yang bisa mempengaruhi kesuburan serta kualitas sperma yang diproduksi. Tapi benarkah penggunaan celana dalam yang tidak tepat bisa mengganggu kesuburan laki-laki?

Beberapa studi menunjukkan bukti bahwa jenis celana dalam tertentu yang digunakan oleh laki-laki bisa mempengaruhi produksi sperma dan juga kemungkinannya untuk memiliki anak.

“Memakai celana dalam yang ketat sangat tidak baik untuk produksi sperma karena bisa membuat suhu tubuh meningkat,” ujar Dr Sarah Meachem selaku peneliti kesuburan pria, seperti dikutip dari ABC.net.au.

Suhu yang meningkat di sekitar testis seorang laki-laki telah terbukti bisa mengurangi jumlah sperma dan beberapa penelitian menyatakan penggunaan pakaian yang ketat dapat mempengaruhi kesuburannya.

“Testis harus berada di suhu yang rendah agar produksi spermanya berhasil. Jika Anda menggunakan pakaian atau celana dalam yang ketat, maka kondisi ini tidak ideal untuk spermatogenesis (proses dimulainya pembentukan sperma pada testis),” ungkapnya.

Efek yang ditimbulkan ini bisa bersifat sementara saja, tapi ada juga yang bertahan lama bahkan hingga 3 minggu. Ada pula studi yang menunjukkan pakaian dari bahan poliester memberikan lebih banyak gesekan elektrostatik yang bisa mengurangi jumlah sperma.

“Idealnya jika ingin memiliki anak dan jumlah sperma yang baik, maka hindari pemandian air panas dan penggunaan celana dalam yang terlalu ketat baik pada siang atau malam hari. Saya lebih memilih pakaian katun longgar,” ujar Meachem.

@http://www.detikhealth.com/

4 thoughts on “Pria lebih sehat tidak gunakan celana dalam

      1. Karena, beberapa studi menunjukkan bukti bahwa jenis celana dalam tertentu yang digunakan oleh laki-laki bisa mempengaruhi produksi sperma dan juga kemungkinannya untuk memiliki anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s