Pria Kelebihan Testosteron Cenderung Pelit


Banyak pria menganggap semakin tinggi hormon testosteron, akan semakin jantan. Namun kali ini tidak. Peneliti dari Inggris menyebutkan bahwa pria yang kelebihan hormon testosteron punya sifat pelit. Kelebihan hormon itu ternyata bisa mengurangi tingkat kedermawanan pria hingga 27 persen.

Seperti dikutip Dailymail, peneliti dari Claremont Graduate University mencoba menganalisa sifat dermawan 25 responden pria. Responden diberi sebuah gel yang mengandung hormon testosteron oleh peneliti.

Hormon pemicu hasrat seksual pada pria itu kemudian akan masuk ke dalam aliran darah melalui pembuluh darah. Tiap-tiap responden juga diberi krim plasebo (tidak mengandung zat apapun) sebagai pembanding ketika dirinya sedang berhormon testosteron tinggi atau rendah.

Pemberian krim dilakukan secara acak tapi menggunakan kode. Baik peneliti maupun responden tidak ada yang tahu krim mana yang mereka pakai selama studi. Responden kemudian diminta untuk melakukan sebuah permainan di komputer yang berhubungan dengan ekonomi dan jual beli.

Hasilnya ternyata, mereka yang diketahui menggunakan gel testoteron cenderung susah mengeluarkan uang pada saat melakukan permainan. Fakta itu berlawanan pada pria yang menggunakan krim plasebo. Mereka yang tidak ditambah hormon testosteronnya lebih merasa enteng ketika mengeluarkan uang.

Peneliti pun melakukan perhitungan dan analisa dari hasil data tersebut. Dan hipotesis peneliti adalah, penambahan hormon testosteron pada pria menyebabkan sifat dermawan dan murah hati berkurang hingga 27 persen.

Untuk lebih meyakinkan lagi, peneliti mencoba jenis hormon lain yang mirip dengan testosteron, yaitu dihydrotestosterone (DHT) pada responden. Dan ternyata hasilnya menunjukkan gejala yang sama. Pria yang memiliki hormon DHT tinggi dalam aliran darahnya diketahui lebih pelit ketika bermain dalam sebuah permainan ekonomi.

Testosteron adalah hormon yang cenderung menentukan sifat pria, yang sering diidentikkan dengan kejantanan pria, seperti berotot besar, suara dalam, berbulu lebat dan lainnya.

@http://www.detikhealth.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s