Orang Asia Tak Pakai Kontrasepsi Saat Seks Pertama


Masih tingginya angka kelahiran di Indonesia salah satunya karena kurangnya informasi yang tepat mengenai kontrasepsi. Tak hanya di Indonesia, hal yang sama juga terjadi di beberapa negara Asia. Bahkan, 43 persen orang di Asia tidak menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seks pertama kali.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2011 dengan judul ‘Clueless or Clued Up: Your Right to be informed about contraception‘, terdapat 30 persen responden di Asia yang mendapat informasi yang salah mengenai kontrasepsi.

Dengan total 1.800 responden dari 9 negara, yaitu China, Korea Selatan, Thailand, Singapura, Indonesia, India, Pakistan, Taiwan dan Malaysia, 200 diantaranya berasal dari Indonesia.

“Kontrasepsi masih menjadi hal yang tabu untuk menjadi topik pembahasan di kalangan masyarakat Indonesia dan masih banyak orang yang malu untuk menanyakan masalah kontrasepsi,” jelas Allen Doumit, Direktur PT Bayer Indonesia.

“Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebesar 43 persen pasangan responden (orang Asia) melakukan hubungan seksual pertama kali tanpa menggunakan kontrasepsi. Sedangkan 24 persen responden dari Indonesia mengaku tidak menggunakan alat kontrasepsi pada saat berhubungan seksual karena permintaan pasangan,” jelas Allen.

Hal tersebut menunjukkan bahwa masih banyak orang yang memiliki pemahaman yang salah mengenai kontrasepsi dan mengalami kesulitan dalam memilih kontrasepsi yang tepat.

@http://health.detik.com/

One thought on “Orang Asia Tak Pakai Kontrasepsi Saat Seks Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s