Periksa Penis, Untuk Hindari Kanker Testis


Hanya satu dari 30 pria yang memeriksa testisnya.  Sayangnya banyak pria tidak memeriksa testisnya sendiri karena kanker testis sangat mudah disembuhkan jika ditemukan pada tahap awal.

Pemeriksaan sendiri pun sangat mudah, hanya dilakukan selama beberapa menit setiap bulan. Dan ini paling baik dilakukan setelah mandi, saat skrotum hangat dan rileks karena ini akan meningkatkan peluang ditemukannya kelainan.

Pemeriksaan mandiri benar-benar bermanfaat untuk dilakukan, menurut data yang dituliskan Dr Mirriam Stoppard dalam bukunya “Panduan Kesehatan Keluarga”, terapi terkini dapat memulihkkan sembilan dari 10 pria sepenuhnya.

Pria perlu memeriksakan tubuhnya untuk mendeteksi kanker, berikut adalah pemeriksaan mandiri yang bisa digunakan untuk mencari tanda awal kanker testis.

1. Berdirilah di depan cermin dan carilah bengkak pada skrotum. Salah satu testis mungkin tampak lebih besar daripada testis lain atau mungkin terletak lebih ke bawah, ini biasanya normal.

2. Peganglah setiap testis dengan lembut antara ibu jari dan ujung jari kedua tangan, dan perlahan rapatkan ibu jari dan ujung jari satu tangan sambil merelaksasi ujung jari tangan lain.

3. Lakukan ini beberapa kali agar testis bergulir halus di antara kedua tangan. Ini memungkinkan Anda menilai bentuk dan tekstur.

4. Anda tidak boleh menekan terlalu kuat dan harus berhati-hati agar testis tidak terpuntir.

5. Setiap testis seharusnya terasa lembut dan halus, seperti telur rebus matang tanpa cangkang.

Apa yang Anda cari?

Benjolan, bengkak, kejanggalan, kekerasan abnormal, nyeri, atau perubahan lain dalam badan testis itu sendiri. Kanker testis hampir selalu timbul hanya pada salah satu testis.

@http://health.okezone.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s