Sering Masturbasi, Apakah Sperma Bisa Habis?


Dok, saya sering melakukan kegiatan onani seminggu 2 kali, tetapi sehabis melakukannya muncul dipikiran saya sperma bisa habis. Sebenarnya sperma itu bisa habis atau tidak? Terimakasih Dok.

Jawaban

Sperma tidak akan habis sesering apapun Anda melakukan onani. Turn-over (perputaran) produksi cairan sperma bergantung pada usia dan kebugaran fisik pria.

Laki-laki yang sehat akan memproduksi 70-150 juta sperma per hari. Sperma ini terdapat dalam air mani yang mana rata-rata volume air mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris).

Sperma diproduksi di testis dan membutuhkan waktu selama 10 minggu untuk menjadi matang. Sperma yang matang ini bisa menunggu selama dua minggu di daerah yang disebut epididimis (waduk penyimpanan sperma), organ ini berada di atas testis.

Semoga jawaban kami dapat membantu.

Dr. Andri Wanananda MS

@http://health.detik.com/

10 thoughts on “Sering Masturbasi, Apakah Sperma Bisa Habis?

    1. Menurut gue, tidak bisa mengatakan normal atau tidak normal, karena masturbasi atau onani di negara timur seperti Indonesia ini masih berhubungan erat dengan budaya, norma dan agama, sehingga benturan-benturan yang ada seringkali muncul dalam bentuk larangan-larangan atau dosa.

    1. Frekuensi onani pada pria normal amat bervariasi. Bergantung pada usia, kebugaran fisik, waktu yang dimilikinya dan tidak mengganggu kegiatan produktif sehari-hari.

      Jadi kalau Anda melakukan onani setiap hari ya boleh-boleh saja asalkan memenuhi ketentuan di atas.

    1. Menurut gue sih, ada untuk menyalurkan hasrat sekxual dengan cara yang aman dan mudah. daripada jajan pinggir jalan trus kena penyakit? tapi itu semua tergantung kepribadian masing2 setiap orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s