Gangguan Jantung yang Bisa Terjadi Saat Bercinta


Hubungan seks bisa membuat jantung berdebar-debar terutama kalau sudah mencapai orgasme. Meski risikonya sangat kecil, fungsi jantung bisa mengalami gangguan karena harus memompa darah lebih kencang dibanding saat sedang istirahat.

Dalam berbagai penelitian, hubungan seks banyak dikaitkan dengan sistem peredaran darah yang mencakup jantung dan pembuluh darah. Hubungan seks bisa mempengaruhi jantung, demikian pula sebaliknya jantung bisa mempengaruhi fungsi seksual seseorang.

Ketika jantung atau pembuluh darah sedang bermasalah, seseorang bisa mengalami gangguan fungsi seksual misalnya impotensi pada laki-laki. Pada perempuan, gangguan pada sistem peredaran darah juga bisa menghambat aliran darah ke organ sensitif sehingga susah mencapai orgasme.

Sebaliknya ketika sedang berhubungan seks, maka fungsi jantung dan pembuluh darah juga bisa terpengaruh. Aktivitas fisik yang cukup berat membuat kerja jantung meningkat, sehingga rentan mengalami gangguan khususnya bagi yang memang memiliki faktor risiko.

Risiko yang bisa terjadi pada jantung saat berhubungan seks antara lain sebagai berikut, seperi dikutip dari Palmbeachpost.

1. Angina atau nyeri dada
Risiko mengalami angina atau nyeri dada akibat gangguan jantung adalah 5 persen. Jika tidak ada kelainan saat melakukan tes fisik dengan alat rekam jantung, maka sangat kecil kemungkinan mengalaminya. Biasanya hanya dialami oleh orang-orang yang sangat jarang berolahraga.

2. Serangan jantung
Risiko serangan jantung pada orang yang aktif secara seksual memang lebih tinggi, yakni 2,7 kali lipat dibandingkan yang masih perawan atau perjaka. Namun dalam kenyataannya, hanya 1 persen kasus serangan jantung yang terjadi saat berhubungan seks.

3. Mati mendadak
Menurut sebuah penelitian yang didasarkan pada hasil otopsi, kematian mendadak yang terjadi karena berhubungan seks hanya sekitar 0,6 pesen atau sangat rendah. Dari angka tersebut, 82 sampai 93 persen dialami oleh laki-laki dan kebanyakan saat sedang selingkuh.

@http://health.detik.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s