Cara Memilih Instruktur Olahraga


Memilih instruktur olahraga sama pentingnya seperti memilih dokter, sebab pengalaman dan keprofesionalitasnya akan menentukan kebugaran tubuh. Instruktur olahraga yang tepat dapat memotivasi untuk mencapai tujuan program kebugaran.

Akhir-akhir ini, mencari instruktur olahraga terlihat dapat begitu mudah dicari di mana saja, baik di pusat kebugaran, online, di majalah dan bahkan dari selebaran. Tapi bagaimana cara untuk mengetahui seperti apa pelatih yang paling tepat untuk kebutuhan pribadi?

Seperti dilansir Everydayhealth.com, berikut adalah petunjuk sederhana untuk memilih seorang instruktur olahraga yang tepat :

1. Tentukan tujuan
Sebelum mulai mencari instruktur yang tepat, tentukan tujuan yang ingin dicapai. Apakah ingin menurunkan berat badan, membentuk otot, menjadi lebih fleksibel atau berfokus pada masalah tertentu. Mengidentifikasi tujuan akan membantu mempersempit pilihan ketika sedang mencari ratusan instruktur olahraga dengan berbagai spesialisasi.

2. Periksa sertifikasinya
Setelah mulai mencari, langkah pertama adalah memastikan bahwa instruktur memegang sertifikasi kebugaran yang telah diakreditasi. Akreditasi ini akan memberikan jaminan bahwa ia adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan berbagai latihan yang aman dan efektif.

3. Carilah referensi
Tanyakan kepada beberapa orang kenalan. Temui beberapa orang pelatih dan lihatlah siapa yang paling cocok. Pelatih yang terpilih harus seseorang yang sesuai kerakternya dan yang benar-benar dapat membantu mencapai tujuan kebugaran.

4. Menanyakan tempat latihan
Pastikan untuk menanyakan biaya yang harus dikeluarkan, lokasi latihan, latihan yang akan diberikan, fasilitas yang dimiliki, asuransi jika ada dan cara pembayaran.

5. Tanyakan keahlian pelatih
Jika memiliki kondisi medis atau cedera, instruktur olahraga harus merancang sebuah latihan yang dapat membantu proses penyembuhannya. Jika sedang berada di bawah perawatan dokter, instruktur olahraga harus mendapat persetujuan dokter untuk mendiskusikan masalah latihan dengan dokter dan harus meminta dokter untuk izin medis.

6. Berkonsultasi
Kebanyakan pelatih bersedia untuk diminta melakukan konsultasi awal. Jika memungkinkan untuk bertemu pelatih, pastikan pelatih dan peserta pelatihan memiliki visi yang sama. Penting untuk merasa nyaman dengan pelatih sebelum memulai program latihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s