Mengungkap Disorientasi Seksual


Menjadi berbeda dari orang lain kadang suatu hal yang tak mudah untuk dijalani. Terlebih, jika perbedaan tersebut adalah disorientasi seksual.

Menurut Dr Miriam Stoppard, seorang ahli kesehatan dari Inggris, pilihan bagi individu yang mengalami perbedaan orientasi seksual tersebut untuk menyikapi masalah itu.

Berikut arahan Stoppard yang dikemukakan dalam bukunya, ‘Panduan Kesehatan keluarga’, bagi individu yang mengalami kegundahan ketika menyadari dirinya seorang homoseksual:

– Menerima diri sendiri

“Mungkin terasa sulit bagi remaja gay untuk menerima kenyataan bahwa dirinya seorang gay. Tetapi dia tidak selamanya bisa bersembunyi dari kenyataan ini. Namun, dia tidak seharusnya merasa terpaksa untuk mengungkapkan dirinya kepada semua orang,” ujar Stoppard.

Hal terpenting adalah belajar mencoba menerima keadaan dirinya sendiri.

“Bagaimanapun seksualitas merupakan hal pribadi dan jika dia memilih untuk merahasiakannya, itu adalah pilihannya. Intinya, dia merasa nyaman dengan diri sendiri, ‘mengaku’ kepada teman dan keluarga tidak selalu bisa menimbulkan rasa ini,” jelasnya.

– Bercerita kepada orang lain

Berbicara dengan anak muda yang sedang atau telah mengalami keadaan serupa dapat membantu membangun rasa percaya diri, dan mengurangi perasaan kesepian.

– Keluarga tetap andalan

Langkah terakhir dan mungkin yang paling penting adalah, berbagi rahasia hidup dengan orang-orang yang paling dicintai di dunia, yaitu keluarga.

Tahap terakhir ini akan terasa menegangkan karena orangtua sebagian besar kaum gay adalah heteroseksual dengan pandangan dan harapan yang tertanam kuat bahwa anak-anaknya harus menikah dan membentuk keluarga sendiri.

Nilai-nilai yang dianut oleh masing-masing keluarga berbeda-beda. Dengan melihat aspek religius, keterbukaan, dan toleransi dalam keluarganya, seseorang harus bisa memperkirakan saat yang tepat baginya untuk bersikap terbuka dan menceritakan orientasi seksualnya yang berbeda ini.

“Memberi tahu secara bertahap, atau memberikan informasi secara tidak langsung kepada keluarga mengenai adanya beberapa orang yang tertarik dengan kaum sejenisnya, bisa dijadikan sebagai tahap persiapan,” imbuhnya.

@http://health.okezone.com/

One thought on “Mengungkap Disorientasi Seksual

  1. menjadi disorientasi atau Gay bukanlah Pilihan tetapi itu Give,,,, krn mereka tdk pernah mnginginkan mnjadi sperti itu. dan kita harus tetap menghargai mereka bukan malah memicingkam mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s