Saatnya Pria Peduli Perawatan Kulit


Kini tak hanya perempuan yang memperhatikan perawatan kulitnya. Kaum pria pun mulai peduli dengan kondisi kulitnya.

Mereka tak lagi ragu melakukan perawatan dan secara rutin pergi ke klinik kulit. Ada juga yang rutin merawatnya secara mandiri, dengan menggunakan produk perawatan kulit sehari-hari di rumah.

Tapi, apakah memang pria perlu merawat kulit mukanya? Secara umum, 20% kulit pria lebih berminyak, berpori lebih besar, dan tampilannya lebih kasar tinimbang kulit perempuan. Akibatnya, kulit pria lebih mudah kotor lantaran dengan pori terbuka kotoran lebih mudah masuk.

Ditambah lagi aktivitas kaum pria yang cenderung lebih tinggi dibanding perempuan. Terpaan sinar matahari, debu, cucuran keringat, hingga polusi yang lebih banyak ketika beraktivitas di luar, membuat kulit muka pria mau tidak mau harus dirawat.

Hanya saja, sebenarnya esensi perawatan muka pria dengan perempuan tak beda jauh. Toh sama-sama untuk mendukung penampilan dan kesehatan. Cuma intensitas pekerjaan yang tinggi dan waktu luang yang tak banyak pada pria membuat perlakuannya berbeda. Perawatan kulit muka pria bisa lebih sedikit dan simpel. Produk-produk perawatan kulit pria pun biasanya menyesuaikan, lebih sederhana dan praktis.

Berikut adalah beberapa upaya minimal yang dilakukan pria dalam merawat kulit mukanya.

* Facial wash(pembersih wajah)
Agar kebersihan kulit wajah terjaga, facial bisa dilakukan secara teratur , minimal dua kali sehari. Gunakanlah facial dengan pH seimbang sehingga kelembapan kulit alami terjaga

* Moisturizer(pelembap)
Kulit lembap bisa mencegah kulit berkerut dan penuaan dini. Pelembap bisa digunakan dua kali sehari setelah mencuci wajah. Pelembap dapat berbentuk krim atau lotion. Krim lebih cocok digunakan oleh pria yang berkulit normal dan cenderung kering. Sementara lotion lebih cocok digunakan pria dengan kulit berminyak.

* Sunscreen
Sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari, terlebih di alam tropis yang mendapat sinar sepanjang tahun. Bila beraktivitas di luar ruangan pada siang hari (pukul 10.00-14.00), kita harus menggunakan sunscreen pada wajah. Pilihlah sunscreen dengan SPF spektrum luas 15 untuk aktivitas dalam ruangan dan SPF 30 untuk aktivitas di luar ruangan.

@http://www.tribunnews.com

One thought on “Saatnya Pria Peduli Perawatan Kulit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s