Mari Waspada Terhadap Kanker Testis


Tak ada salahnya, sembari mandi, periksalah testis Anda. Pakar kesehatan dan penulis beberapa buku tentang kesehatan pria asal Kanada, Jacob Franek, menyatakan kasus kanker testis kini cenderung menyerang pada pria muda usia.

Mengapa? “Seperti halnya penyakit kanker lain, penyebab pasti tidak diketahui,” katanya. Namun gaya hidup kaum muda yang cenderung serampangan, diduga kuat menjadi pemicunya. 

Menurutnya, pemeriksaan genital sendiri adalah hal paling murah tetapi bahkan bisa menyelamatkan hidup kita. Pemeriksaan buah zakar atau testis, katanya, berguna untuk mengendus kanker testis pertama kali. Berita bagusnya, jika terdeteksi secara dini, kanker testis adalah hampir 100 persen  dapat disembuhkan.

Cemas? Tak perlu. Kata Franek, kanker testis merupakan kanker yang paling umum pada pria antara usia 15 dan 34 (kelompok umur lainnya masih rentan). Sementara kanker testis adalah langka dan hanya menyumbang sekitar 1 persen  dari semua kanker laki-laki. Cuma ya itu tadi, kini cenderung menyerang pria muda usia.

Tidak ada aturan untuk seberapa sering Anda harus memeriksa testis demi memastikan tak ada benjolan asing di sana. Tapi realistis, sebulan sekali harus dilakukan. Melakukan hal ini akan membuat Anda terbiasa dengan bentuk, ukuran dan nuansa testikel Anda sehingga Anda dapat lebih mudah mendeteksi perubahan apapun.

Waktu terbaik untuk memeriksnya, kata Franek, adalah selama atau setelah mandi air hangat. Air hangat memungkinkan skrotum untuk bersantai dan testikel mengendur sehingga pemeriksaan menjadi mudah.

“Jika Anda melihat ada pembengkakan, benjolan atau perubahan ukuran atau warna testis, atau jika Anda memiliki rasa sakit atau pegal di daerah pangkal paha Anda, Anda harus menjadwalkan janji dengan dokter, sebaiknya spesialis urologi, segera,” ujarnya.

Apakah setiap benjolan asing selalu pertanda kanker? Jika Anda melihat sesuatu yang tidak normal, kata Franek, jangan terlalu cemas. “Ada banyak penyebab lain benjolan abnormal yang kurang serius dari kanker. Infeksi, misalnya, namun semua memerlukan perawatan segera,” katanya.

Segera mencari bantuan medis jika:

* Sebuah pembesaran atau penyusutan signifikan dari sebuah testis

* Perasaan sumbatan di skrotum

* Nyeri di perut bagian bawah atau di selangkangan

* Tiba-tibakeluar cairan di dalam skrotum

* Nyeri atau ketidaknyamanan di testis atau di skrotum

*  Pembesaran atau rasa sakit padakanker payudara

@http://www.republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s