Tanda-tanda Bahaya di Alat Vital Pria


Infeksi menular seksual kadang tidak disadari oleh seorang laki-laki. Tapi ada beberapa gejala tertentu yang bisa muncul di penis jika seseorang terinfeksi penyakit menular seksual.

Diketahui ada berbagai macam infeksi menular seksual yang bisa menyerang laki-laki seperti gonorrhea (kencing nanah), herpes kelamin, kutu kelamin, HIV dan sifilis atau raja singa.

Berikut gejala yang muncul di penis jika memiliki infeksi menular seksual, seperti dikutip dariAbout.com yaitu:

1. Keluar cairan dari penis
Cairan berwarna putih, kuning atau hijau yang keluar dari ujung penis bisa jadi tanda gonorrhea, terutama jika diikuti pula dengan rasa nyeri pada uretra atau rasa sakit saat buang air kecil.

2. Ada benjolan di penis
Pada sifilis primer, muncul seperti benjolan ada bagian yang keras tapi tidak sakit yang muncul di penis. Hal ini biasanya disertai dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening di selangkangan.

3. Nyeri di penis atau rasa tidak nyaman
Nyeri atau ketidaknyamanan yang muncul saat buang air kecil ada kemungkinan merupakan tanda dari infeksi menular seksual, biasanya juga mengalami perubahan debit urine dari uretra.

4. Ada lecet atau koreng di penis
Adanya bintik-bintik merah yang gatal dan nyeri atau lecet kecil di penis merupakan tanda dari herpes genital. Awalnya muncul rasa sakit atau gatal-gatal terlebih dahulu dan 1-2 hari kemudian muncul lecet. Luka herpes juga bisa muncul di paha, skrotum (buah zakar) dan bokong.

5. Adanya bintik-bintik cokelat di rambut sekitar penis
Bintik kecil berwarna abu-abu kecokelatan pada rambut kemaluan bisa jadi merupakan tanda adanya investasi dari kutu kemaluan.

6. Benjolan merah pada penis dan skrotum
Kutu kudis yang terdapat di penis bisa menyebabkan benjolan merah yang gatal dan biasanya muncul satu baris. Lesi atau luka serupa juga bisa hadir di bagian tubuh lain jika memang memiliki kutu kudis.

Coba cek dulu guys di penis kalian ada tanda2 seperti diatas gak? jangan lupa untuk menceritakannya di kolom komentar.

@berbagai sumber

16 thoughts on “Tanda-tanda Bahaya di Alat Vital Pria

  1. klo ada benjolan merah n ditengahnya kyk ada lubang kecil dbagian kepala penis apa dok? gk sakit tp geli aja, cm awalnya kerasa gatel, apaan dok tu? n gw gak pernaH TU HBNGAN INTIM

    1. Jika kamu sama sekali belum pernah berhubungan intim / sex beresiko berarti itu bukan penyakit menular seksual, tapi jika benjolan tersebut menyebabkan rasa sakit sebaiknya periksa ke dokter untuk memastikannya.

  2. Dok saya mau tanya tentang poin no.1 (Keluar cairan dari penis). saya pernah mengalaminya tapi itu sudah beberapa bulan yang lalu dan sangat sangat jarang terjadi. Kira” apakah itu berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya? (Catatan:saya tidak pernah berhubungan badan)
    Trims.

    1. Jika anda belum pernah melakukan hubungan badan, berarti itu bukan tanda gonorrhea. terutama jika tidak diikuti pula dengan rasa nyeri pada uretra atau rasa sakit saat buang air kecil.

    1. Setau mimin sih, Genital herpes hanya dapat ditularkan langsung melalui kontak seksual, termasuk ke-genital-genital, mulut-ke-genital, atau kontak dengan partner yang terinfeksi. Sesekali, kontak oral-genital herpes mulut dapat menyebar ke alat kelamin (dan sebaliknya). Individu dengan herpes aktif atau luka di sekitar mulut mereka atau di alat kelamin mereka hanya terlibat dalam seks, melalui vagina atau anus.

    1. Kalo dari ciri2 nya sepertinya terkena Gonore/ kencing nanah. biasanya ciri2 Gonore Pada pria:

      -Ujung penis keluar kotoran atau nanah berwarna putih, kuning, atau hijau
      -Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air
      -Sering buar air kecil
      -Rasa sakit di testikel

  3. Kalo geli dr sekitaran anus sampai kepala penis trus saat kencing geli dan agak sakit gmana dok?? Intensitas kencing juga bertambah, selalu ingin buang air kecil tp kluarnya dikit…

    1. Sepertinya itu gelaja anyang-anyangan
      Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan.

      -Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
      -Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
      -Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
      -Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus

      untuk mengatasinya anda dapat menempatkan kantong atau botol berisi air hangat pada perut bagian bawah untuk mengurangi nyeri pada kandung kemih. Selain itu, Anda akan disarankan untuk minum banyak air untuk membantu membilas bakteri dari saluran kemih.

  4. Dok d area kepala penis saya ada lesi yang berwarna hitam tapi tidak terasa sakit,dan d kepala penis saya ada bintik bintik putih gitu. Kira” itu pnyakit apa ya dok?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s