Wajib Militer Selebritas Korea yang Kontroversial


Korea Selatan hingga kini memang masih menerapkan wajib militer bagi pria berusia 18-35 tahun. Aturan ini berlaku pula bagi selebritas. Yang boleh tidak mengikuti wajib militer hanyalah mereka yang mengalami ketidakmampuan fisik atau mental.

Leeteuk sebenarnya dapat bebas dari wajib militer lantaran mengalami cedera akibat kecelakaan di tahun 2007. Namun setelah menjalani perawatan, ia dinyatakan mampu menjalani wajib militer dan tak menunda kewajiban tersebut. Tindakan patriotis itu berbeda dengan beberapa selebritas Korea berikut yang malah membuat kontroversi dengan menyiasati wajib militer.

Siapa dan apa saja yang mereka perbuat?

PSY
Pelantun “Gangnam Style” ini memilih mengikuti wajib militer golongan 4 di tahun 2003. Di golongan ini, peserta yang punya keahlian khusus dapat melakukan pelayanan publik sebagai pengganti tinggal di barak kamp militer. PSY kemudian bekerja kantoran pada firma peranti lunak.

Belakangan ia ketahuan tak memiliki keahlian khusus yang dimaksud dan hanya mengerjakan pekerjaan sederhana. Menurut laporan The Korea Times, selama wajib militer itu pula ia malah mengadakan lebih dari 52 konser dan muncul di televisi. Konsekuensinya tegas. Di tahun 2007, PSY harus mengulangi wajib militer dengan tugas aktif — dan baru selesai tahun 2009 lalu.

Jika saja PSY tidak menyelesaikan wajib militer dengan benar, bisa jadi ceritanya berbeda. Mungkin kita tak pernah mengenal fenomena “Gangnam Style”.

Jang Hyuk dan Song Seung Hun
Di tahun 2004, aktor Jang Hyuk dan Song Seung Hun tertangkap tangan telah mengakali kewajiban wajib militer dengan sengaja menenggak obat-obatan yang membuat mereka tak lolos uji kesehatan.

“Saya takut karier akting saya akan berhenti selamanya jika harus absen dari televisi selama dua tahun,” jelas Seung Hun dalam tulisan tangan yang dikutip Chosun Ilbo, mengungkap alasannya menghindari wajib militer.

Di bawah tekanan publik, keduanya segera melaporkan diri untuk menjalani wajib militer yang selesai di tahun 2006. Jang Hyuk langsung kembali ke dunia hiburan di tahun yang sama sedangkan Song Seung Hun menunggu dua tahun sebelum kembali ke dunia akting. Tak seperti yang mereka takutkan, karier keduanya kini malah semakin bersinar.

MC Mong
MC Mong dituduh sengaja mangkir dari wajib militer pada tahun 2010. Konon ia membayar dokter gigi agar mencabut dua giginya, sehingga ia tak perlu menjalankan wajib militer.

Bulan April 2011, pengadilan memutuskan tak menemukan bukti ia sengaja mencabut gigi. Meski begitu, seperti dilaporkan Chosun Ilbo, ia tetap dihukum 6 bulan penjara dengan satu tahun percobaan karena dianggap sengaja menunda wajib militer.

Bersalah atau tidak, akibat skandal ini MC Mong dituntut mundur dari acara televisi yang ia pandu dan praktis menghilang dari dunia hiburan. Bukan itu saja, dua stasiun televisi besar Korea KBS dan MBC juga melarang MC Mong untuk tampil dalam acara mereka.

Steve Yoo
Kasus Yoo Seung Jun alias Steve Yoo adalah desersi wajib militer yang fatal. Steve Yoo debut sebagai penyanyi pada tahun 1997 dan sempat menjadi artis pendatang baru terbaik. Namun di tahun 2002, karier hiburannya di Korea habis saat menerima panggilan wajib militer.

Steve Yoo 
Beberapa saat sebelum waktu melaporkan diri, ia mengambil status kewarganegaraan Amerika Serikat lewat naturalisasi dan lolos dari tuntutan wajib militer. Pemerintah Korea Selatan yang berang lantas mendeportasi Steve Yoo dan melarangnya menginjakkan kaki di negara itu lagi.

“Saya masih muda saat itu. Jika itu terjadi saat ini, saya pasti akan menjalaninya. Saya ingin kembali ke Korea suatu hari nanti,” kata Steve Yoo yang kini bernaung dibawah manajemen JC Group milik Jackie Chan, menyesali keputusannya lari dari wajib militer.

@http://id.omg.yahoo.com/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s