Yang Harus Anda Lakukan Saat Pertama Kali Nge-Gym


Nge-gym untuk pertama kalinya bisa menjadi pengalaman menakutkan, apalagi kalau anda belum pernah sama sekali. Kalau masih mencoba-coba untuk workout dan biaya member menurut anda cukup mahal, berikut beberapa tips yang bisa berguna:

Apa Yang Harus Dibawa
Berikut beberapa items yang wajib dibawa saat nge-gym:
  • Handuk kecil –  Tidak ada orang yang mau berbagi keringat , begitu juga anda. Bawalah 2-3 handuk kecil untuk menyeka keringat dan sebagai alas saat kamu berbaring di alat-alat gym.
  • H2O –  Air putih paling penting untuk mencegah dehidrasi karena working out akan lebih melelahkan dari yang anda kira.
  • iPod – Paling seru dengerin musik sambil berlatih karena akan menambah semangat dan mengangkat mood. Pastikan musik anda tidak terlalu keras sehingga mengganggu aktivitas. Pakai baju fitness yang memiliki kantung untuk iPod.
  • Kunci untuk Locker – Kebanyakan gym tidak memperbolehkan anda untuk membawa-bawa tas ke dalam area workout jadi anda harus menyimpannya di locker.
Apa yang Harus Dilakukan
Hal pertama yang anda lakukan adalah menuju ke ruang locker, sambil melihat-lihat ruangan untuk mengetahui suasana gym dan area dimana alat-alat berada; mesin cardio, nautilus, barbell, aerobic, sepeda, treadmill, sauna, whirlpool dan lain lain. Setelah mempersiapkan diri di ruang ganti, pertama-tama cobalah area cardio; elliptical, treadmill, sepeda dan lain lain. Anggap ini sebagai pemanasan sambil anda melihat area-area lain. Habiskan sedikit agak lama disini, tapi jangan lupa cek time limit yang berlaku. Step pertama ini berguna untuk pemanasan dan agar anda lebih nyaman dengan lingkungan gym.
Kalau anda belum pernah menggunakan alat fitness sebelumnya, disarankan untuk menemui personal trainer dan meminta jadwal untuk dilatih, karena kalau salah menggunakan alat-alat tersebut, anda bisa terkena cedera.
Familiar Dengan Etiket Gym 
Mematuhi etiket-etiket dan peraturan di gym bisa menghindari anda terlihat clueless:
  • Banyak bertanya! Tanya kepada instruktur gym cara menggunakan alat yang anda belum pernah coba, juga kalau anda memerlukan tutorial lebih lama, atau cara-cara workout yang benar. Jadwalkan sesi dengan personal trainer. Kebanyakan gym menawarkan sesi gratis bagi pemula.
  • Pakailah handuk! Pastikan mengelap sisa-sisa keringat di alat-alat gym. Pastinya orang-orang lain nggak mau kan berlatih di bekas keringat orang lain?
  • Kalau anda merasa seseorang terlalu lama memakai alat yang ingin anda pakai, jangan ragu untuk tanya apakah dia sudah selesai. Peraturan gym mengharuskan tamunya untuk bergantian menggunakan alat-alat yang tersedia.
  • Kenakan Outfit Yang Pantas. Pastinya anda ingin memakai outfit senyaman mungkin saat nge-gym, tapi perhatikan juga penglihatan orang-orang lain sewakut anda latihan. Dianjurkan untuk memakai bicycle pants didalam celana pendek agar Mr. P anda tidak nongol  sewaktu mengangkat beban. Cek juga dress code di gym tersebut.
  • Atur Beban Yang Pas. This is your first time, bro, jadi jangan mengangkat beban terlalu berat karena otot anda tidak akan terbentuk secara instan. Sehabis latihan, letakkan kembali alat-alat yang sudah anda pakai di tempatnya.
Ajak Teman
Selain agar tidak bosan berlatih sendirian, anda juga bisa share hal-hal baru bersama teman anda. Ikuti kelas atau jadwal sesi latihan bersama-sama.
Jangan panik, bro! Jangan minder melihat pria-pria berotot lain karena pastinya banyak juga first-timers seperti anda disana, dan gym yang bagus pastinya akan melayani para tamunya dengan baik. So, ready to lift up those weights?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s