Mitos Tentang Grooming Untuk Pria


Jangan cuci muka kalau lagi keringetan!”, “Mandi malam-malam bisa bikin rematik,”  “Jangan minum soda sehabis olahraga!”, Anda pasti pernah diberitahu nasehat-nasehat seperti itu dari orang tua, teman-teman atau guru anda. Namun tidak semua mitos itu benar dan akurat bro. Untuk meluruskannya, berikut 7 mitos paling umum tentang grooming untuk pria.

Stres Adalah Penyebab Uban
Dapat diperdebatkan. Memang ada bukti bahwa stres bisa mengeluarkan radikal bebas, yang mempengaruhi produksi putih melanin, sel pigmen dalam rambut. Namun proses beruban tidak terjadi dalam satu malam. Walaupun spekulasi tersebut benar, stres hanya merupakan faktor kecil dalam mempengaruhi pertumbuhan uban.
Sikat Gigi Setelah Makan
Kenyataannnya, langsung menyikat gigi sehabis makan, terutama makanan atau minuman yang mengandung asam, bisa menyebabkan erosi pada enamel gigi. Oleh sebab itu, para dokter gigi menganjurkan untuk menyikat gigi 30 menit – 1 jam setelah makan.
Sering Pakai Topi Menyebabkan Rambut Rontok
Kecuali anda punya topi yang menempel di kepala dan menutup sirkulasi udara (yang pastinya amat sangat tidak nyaman), anda boleh memakai topi sesering yang anda suka. Kebotakan atau kerontokan rambut adalah suatu proses alamiah. Jika rambut anda cepat botak, kemungkinan besar itu faktor genetik atau keturunan, jadi salahkan orangtua Anda.
Makan Coklat Menyebabkan Jerawat
Salah besar. Kebanyakan jenis jerawat bukan disebabkan oleh makanan. Perubahan hormon, stres dan faktor genetik adalah penyebabnya. Jadi Anda bebas untuk memakan coklat yang anda suka asalkan, seperti segala hal di dunia ini, jangan kebanyakan.
Shaving Bisa Membuat Rambut Tumbuh Lebih Banyak
Karakteristik rambut dikendalikan oleh genetik, bukan mencukur. Mungkin waktu SMP Anda pernah mencukur bulu-bulu yang tiba-tiba tumbuh karena takut tubuh anda berbulu tebal seperti monster. Faktanya, anda tidak bisa mengkontrol pertumbuhan serta ketebalan bulu dan rambut Anda. It’s all in the DNA, brother!
Jarang Cuci Muka Bisa Menimbulkan Bintik-bintik Hitam
Pastinya! Kalau tidak pernah mencuci muka, muka anda akan kotor dan kusam. Tapi mencuci muka terlalu sering justru tidak baik, apalagi menggunakan sabun dan bahan yang kasar. Kulit muka bisa iritasi dan karena mengkompensasi lebih banyak kelembaban yang hilang, malah jadi semakin berminyak. Idealnya, kombinasikan cuci muka normal dan dengan menggunakan scrub secara seimbang tiga sampai empat kali seminggu.
Shampoo Anti-Ketombe Bisa Menghilangkan Ketombe
Menggunakan shampoo yang sama setiap hari tidaklah efektif untuk menghilangkan ketombe. Shampoo anti-ketombe memang dapat mengeringkan kulit rambut, tapi anda harus variasikan dengan pemakaian shampoo biasa. Bila problem ketombe masih berlanjut, kemungkinan besar Anda kekurangan Vitamin B.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s