Kanker Langganan Kaum Pria


https://allaboutmens.wordpress.comanker lekat dengan penyakit manusia modern. gaya hidup yang tak seimbang dan tingkat pencemaran yang tinggi diduga menjadi pemicunya.

Sialnya, orang kerap menyadari kanker telah membonceng di tubuhnya dan menggerogoti kesehatannya dengan cepat saat sudah stadium lanjut. Padahal, semakin dini diketahui, akan semakin mudah melakukan pengobatan.

Apa saja kanker yang kerap diderita kaum pria? Berikut ini jenisnya dan bagaimana cara mengendusnya.


Prostat

Gejala awal: Biasanya tidak ada. Pemeriksaan colok dubur dapat mengetahui apakah prostat Anda sulit atau tidak teratur, dan kanker dicurigai dengan tingkat PSA (prostat spesifik antigen) tinggi.

Waspada: jika mengalami masalah baung air kecil: frekuensi sering, tidak bisa menahan, kantung kemih seakan tak pernah terasa betul-betul kosong. Tanda-tanda ini semua terkait dengan pembesaran prostat atau penyempitan uretra.

Uji: Biopsi jika PSA tinggi atau laju perubahannya sangat cepat. Namun tanda-tanda di atas juga bisa menjadi tanda infeksi, yang harus diobati dengan antibiotik selama empat minggu. Kanker tumbuh perlahan, kata Christopher Saigal, MD, seorang ahli onkologi urologi di UCLA.

Paru-paru

Gejala awal: Sering kali , tidak ada. Namun batuk yang tidak akan pergi atau yang membawa darah sering menjadi penunjuknya. “Juga, dada nyeri yang selalu hadir dan tidak dipengaruhi oleh pergerakan,”kata Ezra Cohen, MD, seorang ahli onkologi medis di University of Chicago Medical Center.

Waspada: Pneumonia. Pada foto x-ray dada, baik radang paru-paru dan tumor terlihat putih. Mungkin pneumonia,  dan untuk memastikannya, membutuhkan satu lagi x-ray 4 sampai 6 minggu kemudian.

Uji
: biopsi.

Kolorektal

Gejala awal: Darah pada tinja. Jangan pernah mengabaikannya, bahkan jika itu adalah hanya sekali terjadi. Ini bisa menjadi polip prakanker, dan perdarahan adalah hanya peringatan awal. “Dalam lebih dari setengah kasus, tidak ada tanda,” kata Greg Enders MD PhD, seorang pencernaan pada Fox Chase Cancer Center.

Waspada: Pada laki-laki di bawah 50, pendarahan mungkin dari wasir, diverticulosis, kolitis, atau pembuluh darah yang abnormal. Namun, mendatangi dokter untuk berkonsultasi tetap perlu.

Uji: kolonoskopi memungkinkan dokter untuk memeriksa masalah besar dan kecil dan menghapus polip dalam prosedur yang sama.

Kandung kemih

Gejala awal: Darah dalam urin, yang harus selalu diperiksa, meskipun jika Anda lebih muda dari 60, sering kali merupakan tanda batu ginjal. Sebagian besar kanker kandung kemih hanya mempengaruhi lapisan. Jika tertangkap dini, dapat ditangani, kata Brian Rini, MD, seorang ahli onkologi di Cleveland Clinic Taussig Cancer Institute.

Waspada: Sebuah kandung kemih terlalu aktif atau buang air kecil lebih sering menyakitkan adalah tanda infeksi.

Pengujian
: Diteropong melalui penis untuk melihat kandung kemih dan tes urine yang dapat mendeteksi sel-sel kanker.


Limfoma


Gejala-gejala awal
: rasa sakit, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau pangkal paha. Kelenjar membengkak dengan infeksi, tetapi jika mereka tidak mereda dalam seminggu, minta mereka memeriksa. Selain itu, berat badan mengalami perubahan drastis dalam 1-2 bulan dan mengalami gatal dengan pembengkakan (tanpa ruam)

Waspada: ketiak membengkak karena infeksi.

Uji: Tes darah kadang-kadang dapat mengambil sesuatu, tapi biopsi lebih dianjurkan.

@http://m.republika.co.id

2 thoughts on “Kanker Langganan Kaum Pria

  1. Dok bpk sy br selesai di oprasi prostat, tp stelah di oprasi klo buang air kecil sering tidak bs menahan dan sering ngompol, apakah oprasinya gagal? Apa ada faktor lain? Mohon penjelasannya. Tks

    1. Inkonsistensi urine atau beser adalah efek samping yang lazim pada pria setelah menjalani operasi kanker prostat. Bukan berarti operasinya gagal, untuk penjelasan lebih lanjut anda bisa menghubungi dokter yg bersangkutan yg telah mengoperasi ayah anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s