Transplantasi alat vital pria


https://allaboutmens.wordpress.comTranplantasi organ manusia di era modern tampaknya bukan hal yang tabu lagi. Pemindahan organ manusia telah ada sejak tahun 1905. Ini adalah tranplantasi kornea pertama yang berhasil diterapkan.

Sejak saat itu, tranplantasi di dunia bedah pun semakin berkembang. Pemindahan anggota tubuh, wajah hingga organ reproduksi juga berhasil dilakukan. Berikut ini adalah 4 transplatasi organ manusia yang paling menarik di ulas,seperti yang dilansirĀ My Healt News Daily:

1. Tranplantasi rahim

Pada 9 Angustus 2011, dokter asal Turki berhasil melakukan tranplantasi rahim. Pemindahan rahim ini dilakukan pada seorang wanita yang bernama Derya Sert. Wanita usia 21 tahun itu lahir tanpa rahim.

Tranplantasi rahim yang di ambil dari wanita meninggal ini pun berjalan sukses. Namun, menurut para dokter, tranplantasi dapat dikatakan berhasil jika ada janin yang berkembang dalam rahim.

Sejak pemindahan rahim tersebut, Sert juga telah mengalami mentruasi normak sejak usai operasi.

2. Tranplantasi ovarium

Dorothee Tilly, memberikan ovarium kanannya pada saudara kembarnya. Operasi yang dilakukan Pusat Infertilitas St Louis itu berhasil membuat Susanne Butscher memiliki seorang putri.

Butscher, tidak dapat memproduksi sel telur. Saat usia 15 tahun, ovarium di dalam reproduksinya telah berhenti memproduksi sel telur. Ia mengalami menopause dini.

3. Transplantasi alat vital pria

Ahli bedah di Cina, berhasil melakukan tranplantasi penis pertama di dunia. Meski berjalan sukses, namun operasi yang dilakukan 2006 itu memberikan tekanan psikologis pada si penerima.

Pria usia 44 tahun itu, menerima transplantasi alat vital dari pria usia 22 tahun. Hal ini terjadi akibat kecelakaan, kehilangan alat vital membuatnya tidak bisa buang air seni dan berhubungan seksual.

Saat 10 hari pemindahan organ, pria itu meminta tim medis untuk mengangkatnya kembali. Ia mungkin dapat membuang air seni secara normal, tapi kondisi alat vital yang bengkak membuat tekanan psikologis pada sang istri dan dirinya.

4. Transplantasi ginjal

Ini adalah tranplantasi berantai yang pernah ada di dunia. 30 pasien menerima donor ginjal hidup. Peristiwa ini berawal dari Good Samaritan Rick Ruzzamenti yang mencoba mendonorkan ginjalnya pada sang paman.

Tipe darah yang tidak cocok membuat sang paman harus menerima ginjal dari orang lain. Ginjal yang tidak cocok, ia sumbangkan pada wanita lain dengan syarat penukaran ginjal kembali.

Sebagai gantinya, mantan pacar wanita tersebut rela mencarikan donor ginjal untuk sang paman. Dari sinilah tercipta rangkaian transplantasi ginjal. Pada bulan Februari lalu, 60 orang melakukan transplantasi ginjal, dan semuanya berjalan dengan lancar.

@http://m.news.viva.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s