Kondom Setipis Kulit Manusia dan Lebih Lembut


dv098017Dibanding wanita, pria memang lebih enggan menggunakan kondom atau pengaman saat berhubungan seksual. Alasannya beragam, mulai dari malas, hingga repot dan terburu-buru. Namun kondom bikinan Australia ini diklaim bakal mengubah pandangan itu.

Baru-baru ini tim peneliti dari Intelligent Polymer Research Institute, University of Wollongong, Australia berhasil menciptakan kondom ‘generasi baru’. Tak hanya bahannya yang setipis kulit manusia, tetapi juga diklaim memberikan perlindungan lebih dari kondom pada umumnya.

Bahannya adalah hidrogel, seperti halnya yang kerap ditemukan pada lensa kontak, pasta gigi dan gel pembersih muka, sehingga sebagian besar bahannya adalah air.

“Berbeda dengan kondom dari lateks, kondom hidrogel kami tidak terasa seperti sarung tangan karet,” ungkap salah satu penemunya, Dr Robert Gorkin seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (7/8/2015).

Karena terbuat dari hidrogel, lanjut Dr Gorkin, kondom ini berbentuk bening dan lembut seperti plastik, namun dapat mengungguli kekuatan kondom lateks dalam hal memberikan perlindungan. “Orang mungkin akan merasa lebih nyaman dengan kondom ini karena seperti tidak menggunakannya,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat, tim peneliti juga berencana melekatkan obat anti-HIV ke dalam kondom bikinan mereka. Dengan begitu, selain mencegah kehamilan yang tak diinginkan, kondom ini juga benar-benar bisa melindungi pasangan suami istri dari penyakit menular seksual.

“Kelebihan hidrogel adalah kami dapat menambahkan agen-agen lain ke dalamnya dan ketika dipakai dalam aktivitas seksual, agen-agen ini akan lepas dengan sendirinya. Rencananya kami juga ingin menambah bahan kimia lain yang dapat meningkatkan kenikmatan bercinta bagi pasangan yang memakai kondom ini,” tutur Dr Gorkin.

Untuk harganya sendiri, Dr Gorkin memperkirakan kondom hidrogel buatannya tak akan jauh berbeda dengan harga kondom lateks. Sebab Dr Gorkin berharap kondom ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan pengaman dan penurunan angka kasus penyakit menular seksual yang belakangan mulai marak lagi.

Saat ini fokus Dr Gorkin dan rekan-rekannya adalah mencari tambahan dana agar kondom hidrogel dapat diproduksi secara massal. Untuk itu tim yang sebelumnya mendapatkan bantuan dana dari Bill and Melinda Gates Foundation ini tengah melakukan upaya penggalangan dana lewat situs Thinkable dan menargetkan perolehan dana sebesar 15.000 dollar AS (Rp 203 juta).

sumber : http://health.detik.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s