Teller Bank di Tiongkok Kena Kutil Kelamin Gara-gara Pegang Duit


https://allaboutmens.wordpress.comGonta-ganti pasangan atau berhubungan seksual tanpa pengaman kerap dituding sebagai biang kerok penyebaran penyakit menular seksual (PMS). Namun di Tiongkok, ada orang-orang yang terkena infeksi menular seksual hanya karena tidak mencuci tangannya dengan bersih.

Insiden ini bermula ketika dua orang teller sebuah bank di kota Wenzhou, Provinsi Zhejiang didiagnosis dokter terkena salah satu jenis penyakit menular seksual, yakni kutil kelamin. Padahal salah seorang teller, sebut saja A Li, mengaku hanya berhubungan intim dengan tunangannya saja. Lagipula sang tunangan juga terbukti negatif mengidap penyakit seksual.

Akan tetapi betapa kagetnya mereka ketika dokter ahli ginekologi dari Wenzhou City People’s Hospital yang memerika mereka mengatakan bahwa virus penyakit seksual yang ditemukan pada kedua pasien berasal dari uang kertas yang mereka pegang selama ini.

Dan sang dokter menduga setelah memegang uang-uang tersebut, mereka tidak mencuci kedua tangannya, sebelum akhirnya keduanya buang air dan menyentuh kemaluan mereka. Apalagi menurut sang dokter, kutil kelamin dapat ditularkan lewat kontak langsung antara kulit dengan kulit. Demikian seperti dikutip dariShanghaiist.com, Senin (29/6/2015).

Yang tak kalah mengejutkan, dokter di rumah sakit lain bernama Li Feifei mengklaim kasus semacam ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya ia pernah menangani seorang pasien yang terkena penyakit seksual padahal belum pernah sekalipun berhubungan intim. Kebetulan si pasien juga bekerja di perbankan.

Kendati demikian, sebagian besar penyakit seksual tidak dapat disebarkan lewat benda-benda yang sering digunakan bersama seperti dudukan toilet, handuk, kolam renang atau bahkan uang. Kecuali beberapa jenis virus seperti herpes.

Virus herpes dapat menyebar karena pengidapnya memiliki luka terbuka dan terjadi kontak dengan luka tersebut. Ini karena virus herpes dapat bertahan selama beberapa jam di luar tubuh. Meski begitu, penularan penyakit seksual tanpa disertai kontak kulit secara langsung sangat jarang terjadi, atau bahkan hampir mustahil.

Hal senada dikemukakan dr Andi Darma Putra, SpOG(K)Onk dari divisi obstetri dan ginekologi Fakultas Kedokteran Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM). Menurutnya, menggunakan toilet umum memiliki risiko kecil untuk menularkan Human Papilloma Virus (HPV), salah satu virus yang sering dituding sebagai penyebab sejumlah penyakit skesual seperti kanker serviks, penis dan kutil kelamin.

“Jangan takutlah. Kan yang terkena dudukan toiletnya cuma kulit di sekitaran pantat saja, nggak sampai ke dalam-dalam vagina,” tutur dr Andi beberapa waktu lalu.

Namun ia menyarankan agar setiap orang selalu membawa tisu basah kemanapun pergi, terutama untuk memastikan dudukan toilet bersih sebelum digunakan. Selain itu, cuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

sumber : http://health.detik.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s