Pengertian Ejakulasi Dini


https://allaboutmens.wordpress.com/Dalam berhubungan seks, durasi adalah salah satu faktor yang penting. Tidak ada patokan pasti mengenai hal ini karena lamanya durasi tersebut tergantung kepada kepuasan masing-masing pasangan. Ketika seorang pria dianggap terlalu cepat mengalami ejakulasi saat berhubungan seks, itulah yang dinamakan ejakulasi dini.

Penelitian pernah dilakukan terkait berapa lama hubungan seks sebaiknya berlangsung. Hasilnya, rata-rata waktu bagi pria untuk mencapai ejakulasi setelah melakukan penetrasi adalah sekitar 5-6 menit. Yang jadi pertanyaan adalah apakah wanita puas dengan waktu tersebut? Jawabannya adalah relatif. Tidak ada definisi yang spesifik mengenai berapa lama hubungan seksual harusnya berlangsung.

Ejakulasi dini yang terjadi secara kadang-kadang merupakan hal umum dan tidak perlu dicemaskan. Namun jika setengah usaha hubungan seks Anda selalu berakhir dengan ejakulasi dini, maka Anda bisa menemui dokter.

Ejakulasi dini terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Ejakulasi dini sekunder, yaitu saat ejakulasi dini terjadi pada seorang pria yang sebelumnya memiliki riwayat ejakulasi normal. Jenis ejakulasi ini adalah jenis yang paling umum.
  • Ejakulasi dini primer, yaitu ejakulasi dini yang selalu dialami oleh pria sejak pertama dan setiap kali berhubungan seks. Jenis ini sangat jarang terjadi.

Penyebab Kondisi Ejakulasi Dini

Sebenarnya masalah ejakulasi ini sangat kompleks dan penyebabnya pun beragam. Di antaranya masalah dalam hubungan, pengalaman seksual sebelumnya yang membuat traumatis, depresi, stres, masalah kesehatan, penggunaan obat-obatan, dan kondisi penis yang sangat sensitif akibat kondisi biologis. Contoh kondisi biologis yang dapat menyebabkan ejakulasi dini adalah tingkat hormon yang tidak normal dan gangguan pada kelenjar tiroid.

Bahkan rasa cemas pun bisa menyebabkan ejakulasi dini. Misalnya seorang pria yang cemas bahwa dirinya akan mengalami disfungsi ereksi, justru bisa menyebabkan dia berhubungan intim dengan terburu-buru.

source: http://www.alodokter.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s