Jerawat di Bagian Kemaluan, Bagaimana Mengatasinya?


tumblr_nmkkg4atkl1tkp6t9o1_500

Assalamualaikum Dok, saya mau tanya, di kemaluan saya kok tumbuh seperti jerawat berwarna merah. Apakah ada obat yang bisa direkomendasikan untuk penyakit saya ini Dok? Sebagai catatan, saya belum pernah melakukan hubungan badan Dok. Apakah sakit saya ini termasuk berbahaya dan apakah bisa sembuh karena sudah lama. Terima kasih. Wassalam.

Jawaban :
Wa’alaikumsallam, mas Santoso yang baik, sehubungan dengan pertanyaan yang diberikan maka penyakit dengan bentuk benjolan seperti jerawat yang muncul dikemaluan sangat beragam. Bisa saja benjolan tersebut adalah abses biasa atau bisa juga kista kulit atau virus.

Perlu diperhatikan lebih jauh seperti apakah benjolan tersebut sakit? apa semakin bertambah besar atau menyebar dan bertambah banyak? Sejak kapan munculnya? Apakah menyebabkan gangguan gerak? Apakah berdampak gatal?

Pada kondisi yang umum, penyebab problem kulit didaerah kelamin disebabkan karena faktor kebersihan dan kondisi letak yang lembab karena selalu tertutup pakaian. Oleh karena itu lakukan perbaikan dasar seperti membersihkan kelamin setelah BAK, melakukan penggantian celana dalam setelah beraktifitas dan berkeringat, dimana hal tersebut diupayakan agar kondisi kulit didaerah tersebut tetap terjaga tingkat kekeringannya.

Selain itu, ada baiknya untuk segera menjadwalkan diri bertemu dengan Spesialis Kulit & Kelamin untuk dapat menjawab beberapa pertanyaan atas situasi penyakit yang anda alami tersebut, agar dapat ditentukan diagnosa dan penanganan yang tepat. Terima kasih, salam.

Terima kasih.

Dr. Agung P, SpKK
Spesialis Kulit & Kelamin RS Meilia Cibubur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s