Cedera Penis, Penyebab Utamanya adalah Ritsleting


tumblr_ohapv5vd0q1tuh4e9o1_250

Saatnya para pria harus menyadari bahwa menempatkan ritsleting tajam di dekat alat kelamin adalah ide yang buruk. Menurut sebuah studi baru bidang urologi yang dimuat dalam jurnal BJU Internasional menyatakan bahwa sebanyak 18 ribu orang Amerika Serikat diperkirakan masuk ke UGD dengan luka kelamin yang disebabkan oleh ritsleting. Data ini dikumpulkan sedari tahun 2002 hingga 2010.
Para peneliti memperkirakan sebagian besar cedera penis itu dialami oleh anak laki-laki dan remaja berusia kurang dari 18 tahun. Diduga, pria dewasa telah belajar menghindari trauma ini.

Bahkan dari semua cara penis terluka, ritsleting adalah penyebab utama tunggal untuk cedera ini yang memerlukan kunjungan ke UGD. Lainnya karena kecelakaan sepeda yang biasanya hanya dialami kalangan pria dewasa.

Menurut Herman Singh Bagga, ahli urologi di University of California, San Fransisco sekaligus penulis utama pada studi ini, kerusakan permanen karena cedera ritsleting pada penis jarang terjadi. “Biasanya cedera itu hanya masalah nyeri. Meskipun begitu, ini akan merusak malam Anda,” katanya. Dalam beberapa kasus, cedera ritlseting memerlukan intervensi bedah, seperti sunat yang tidak direncanakan.

Untuk menolong pasien yang terlanjur cedera karena ritsleting-penis ini, Bagga menyarankan untuk menurunkan ritsleting itu dengan pelan. Bahkan jika cara ini gagal, Dr Steven M. Selbst, profesor pediatri di Jefferson Medical College di Philadelphia menyarankan untuk menuangkan miyak mineral di bagian penis yang “tersangkut” tadi.

“Cara ini cukup murah. Biarkan pasien duduk selama 20 atau 30 menit. Ketika Anda kembali, kulup penis akan perlahan menyelinap keluar dari risleting. Meskipun dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu kapas untuk membantunya,” ujar Selbst.

Orang tua mestinya tidak perlu memberikan anak laki-laki dengan celana panjang beritsleting. Sampai si anak memiliki ketangkasan manual untuk menghindari diri dari cedera itu.

sumber : http://gaya.tempo.co

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s