Cairan Pra Ejakulasi Membuat Hamil?


3

Bagi seorang pria yang kehidupan seksualnya cukup aktif mungkin terbiasa mengalami kejadian ada cairan yang keluar dari penis ketika dirinya terangsang. Cairan tersebut punya karakteristik khusus dan berbeda dari cairan mani yang keluar saat ejakulasi.
Apa yang keluar dari batang penis ketika seseorang terangsang atau bercinta tersebut bernama cairan pra ejakulasi atau pre-cum. Cairan dihasilkan oleh kelenjar vesica seminalis dan berfungsi sebagai pelicin dan penetral lingkungan agar sperma bisa bertahan lebih baik.

Pengamat kesehatan seksual dr Andri Wanananda MS menuturkan pada cairan tersebut tak ada kandungan sperma di dalamnya. Oleh karena itu secara logika ketika seseorang melakukan foreplay dan cairan tak sengaja masuk ke vagina maka seharusnya tak akan membuat hamil.

“Berbeda dengan proses ejakulasi saat pria mencapai orgasme, yang keluar adalah cairan sperma yang berisi spermatozoa,

Namun demikian bila ada sel-sel sperma sisa dari ejakulasi sebelumnya di saluran uretra, maka cairan pre-cum dapat membawa sperma keluar dan memasuki vagina bila situasinya tepat. Saat itulah kehamilan bisa terjadi.

“Kemungkinan hamil dari cairan pre-cum sangat kecil dibandingkan dari air mani, tetapi kemungkinan tetap ada,” ujar organisasi Planned Parenthood.

Studi yang dipublikasi di tahun 2011 di jurnal Human Fertility menunjukkan bahwa 11 sampel cairan pre-cum dari 27 pria terbukti ditemukan mengandung sel sperma. Oleh sebab itu ahli menyarankan untuk memakai kondom secepatnya ketika melakukan hubungan seksual bila memang ingin menghindari kehamilan.

sumber : http://health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s