Kenapa Ada Rambut di Puting


tumblr_oe3thmqnss1ul8e3co2_540

Dari sekitar 50 juta folikel rambut yang menutupi tubuh, hanya seperlimanya saja yang ada dikulit kepala, yang mana meninggalkan banyak tempat untuk munculnya untaian rambut lainnya secara acak.

“Tubuh kita mempunyai kelenjar rambut dan minyak diseluruh tubuh, termasuk sekitar puting, jadi selalu ada kemungkinan untuk bertumbuhnya rambut,” ujar Lance Brown, M.D, seorang Dermatologis.

Tempat paling umum menemukan rambut di tubuh

Selain puting, daun telinga, dagu dan pusar adalah tiga area lainnya yang cukup umum ditumbuhi rambut. Pada puting, umumnya rambut akan tumbuh di areola atau sekitarnya. Pada kuping, mungkin Anda akan menemukan rambut kecil yang kasar pada daun telinga.

Pada daerah perut, Anda mungkin akan menemukan sebuah pola pertumbuhan rambut dari pusar hingga kemaluan Anda, atau beberapa rambut acak disekitar pusar. Sementara pada dagu, adalah tempat paling umum untuk menemukan rambut.

Mengapa bisa terjadi?

Jika Anda menemukan hanya beberapa helai, kemungkinan adanya rambut disebabkan oleh fluktuasi hormon, seperti yang terjadi ketika masa kehamilan, atau menopause. Beberapa obat tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya rambut, seperti testosterone, danazol, anabolic steroids, glucocorticoids, cyclosporine, minoxidil, dan phenytoin.

Jika Anda menemukan lebih dari sekedar tumbuh rambut di tubuh, Anda mungkin mengidap hirsutism, sebuah kondisi yang menyebabkan tumbuhnya rambut kasar yang berlebihan pada wanita. Hirsutism juga bisa merupakan sebuah gen turunan.

Atau bisa juga berarti Anda mempunyai kondisi yang lebih serius, seperti polycystic ovary syndrome (PCOS), suatu kondisi penyakit pada wanita yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon. Namun, PCOS relatif jarang terjadi, dan hanya mempengaruhi 10 persen wanita di dunia.

Bagaimana mengatasinya?

Memang tidak ada indikasi kesehatan yang serius mengenai pertumbuhan rambut-rambut tersebut pada tubuh Anda, namun bukan berarti kita menginginkan adanya tambahan rambut-rambut tersebut di tubuh. Menggunakan pinset adalah hal termudah yang Anda dapat lakukan untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut. Mencukur atau waxing juga pilihan yang baik untuk pertumbuhan rambut pada area yang sedikit lebih besar di area perut atau dagu.

Jika Anda mencari cara untuk untuk menghilangkannya secara permanen, Brown merekomendasikan menghilangkannya menggunakan laser. Memang tidak sepenuh permanen, namun cara tersebut bisa memberikan solusi jangka panjang masalah rambut di tubuh Anda.

Sumber : http://health.liputan6.com/

2 thoughts on “Kenapa Ada Rambut di Puting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s