Penyebab gatal pada kemaluan


http://namelessbybudy.tumblr.com/

Apakah Anda sering mengeluh gatal pada kemaluan? Keluhan gatal pada kemaluan tentu saja mengganggu. Terlebih jika Anda merasakan gatal ketika Anda berada di tempat umum, tentu hal ini menyebabkan gangguan tersendiri. Jangan sepelekan gatal pada kemaluan, karena gatal kemaluan merupakan tanda dari penyakit pada daerah kemaluan. Apa saja penyakit yang dapat menyebabkan keluhan gatal pada kemaluan?

1.Cacing kremi

Cacing kremi atau Enterobius vermicularis merupakan cacing yang dapat menyebabkan infeksi dengan gejala gatal pada kemaluan. Infeksi cacing kremi berawal dari tertelannya telur cacing. Telur cacing akan menetas di dalam usus kecil dan kemudian bertumuh menjadi cacing dewasa di dalam usus besar. Cacing dewasa betina kemudian bergerak ke daerah anus untuk menyimpan telur di lipatan anus penderita. Saat cacing betina ini bergerak, timbulah keluhan gatal pada anus penderita. Pengobatan untuk penyakit ini adalah dengan memberikan obat cacing. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan.

2.Infeksi jamur

Tinea kruris adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur pada daerah kemaluan seperti daerah sekitar anus, bokong, dan kadang-kadang sampai perut bagian bawah. Tinea kruris dapat menyebabkan keluhan bercak dengan warna yang lebih gelap dan gatal. Infeksi tinea ini terjadi karena kebersihan tubuh yang kurang dan juga terjadi pada daerah yang lembab. Pengobatan infeksi tinea adalah dengan pemberian obat anti jamur dan menjaga kebersihan kemaluan Anda.

3.Skabies

Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu (Sarcoptes scabei). Penyakit Skabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia. Keluhan skabies adalah gatal pada seluruh tubuh, seperti sela-sela jari dan pergelangan tangan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa keluhan gatal juga dapat terjadi pada daerah selangkangan.

4.Dermatitis

Eksim atau di dalam dunia kedokteran dikenal dengan dermatitis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan gejala gatal, kemerahan, atau kulit bentol. Dermatitis  dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah alergen (zat penyebab alergi), bahan kimia, dan sebagainya. Pada bayi yang masih menggunakan popok, dapat terjadi gangguan kulit berupa dermatitis popok. Penanganan dermatitis meliputi pemberian salep dan menghindari pencetusnya.

sumber : http://www.klikdokter.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s