Mengapa payudara sebagian pria membesar


tumblr_nmkjpqct7e1tkp6t9o1_500

Setiap wanita ingin memiliki payudara yang tumbuh sehat sepenuhnya. Namun, tidak ada pria yang senang mendapati payudaranya tumbuh! Banyak pria yang malu dan berusaha menyembunyikan payudaranya yang lebih besar dari normal. Mereka merasa tidak nyaman dengan dirinya dan seringkali sangat cemas bila badannya sedikit terbuka sehingga memperlihatkan tubuhnya yang “feminin” itu. Rasa malu juga membuat mereka jarang membicarakan masalahnya ke orang lain.

Mengapa payudara sebagian pria membesar di atas normal? Berikut adalah 6 penyebabnya:

1. Kegemukan

Payudara yang membesar karena kegemukan (seperti pada atlet sumo di Jepang) terdiri dari jaringan lemak, bukan perkembangan kelenjar mamari. Payudara tersebut terasa lunak dan bergoyang saat berlari. Lakukan penurunan berat badan maka payudara Anda pun ikut mengecil.

2. Ketidakseimbangan hormon

Pada masa pubertas, terjadi ketidakseimbangan hormon sehingga sebagian remaja pria memiliki payudara sedikit membesar. Masalah ini biasanya akan menghilang sendiri ketika dewasa dan hormon-hormon seksual kembali seimbang.

Setelah pria berusia 40 tahun, produksi testosteron menurun satu persen per tahun dan dapat melewati batas kritis sehingga mengakibatkan kondisi yang disebut andropause (menopause laki-laki). Mereka merasakan gejala umum menopause, kehilangan hasrat seksual, kurang bersemangat dan merasa lelah. Pada beberapa pria, penurunan testosteron juga membuat payudaranya sedikit membesar.

3.Obat-obatan

Beberapa jenis obat seperti cimetidine (penetralisir asam lambung), spornolactone (untuk penyakit jantung), bicalutamide (untuk kanker prostat) dan lainnya dapat memengaruhi sistem hormon dan menyebabkan payudara membesar. Pada banyak kasus, penghentian obat tersebut akan mengurangi pembesaran payudara.

Obat perangsang jenis anabolik steroid yang merangsang pertumbuhan otot juga membuat otot payudara membesar. Beberapa studi menyebutkan penyalahgunaan mariyuana juga dapat memberikan efek yang sama.

4. Kanker

Kanker payudara jarang sekali terjadi pada pria. Namun, bila Anda merasakan ada benjolan di payudara Anda, konsultasikanlah dengan dokter. Berbeda dengan pembesaran payudara fisiologis yang  umumnya berkonsentrasi di sekitar puting susu (areola), pembesaran payudara karena kanker biasanya terjadi di luar puting. Selain itu, beberapa gejala lain seperti keluarnya cairan dari puting atau lipatan kulit juga dapat terjadi.

5. Penyakit berat

Gangguan penyakit di hati, ginjal atau kelenjar tiroid dapat menyebabkan payudara membesar.

6. Kelainan genetik

Kelainan genetik seperti sindrom Klinefelter dan sindrom Gilbert dapat menyebabkan payudara pria membesar. Sindrom Klinefelter adalah kelainan genetik di mana bayi dilahirkan dengan kromosom X tambahan. Ketika mencapai pubertas, mereka tidak memproduksi cukup testosteron sehingga memiliki payudara besar dan testis yang kecil. Sindrom Gilbert adalah kelainan bawaan sehingga produksi bilirubin (zat hasil pemecahan hemoglobin) berfluktuasi.

sumber : http://majalahkesehatan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s