Sperma yang Mendadak Berubah Warna


tumblr_nn4onwufyh1tkp6t9o1_500

Dok, mengapa sperma saya tiba-tiba berwarna sedikit kecoklatan dalam beberapa minggu ini? Sebelumnya sperma saya berwarna putih terkadang sedikit kekuningan. Tetapi tidak ada rasa nyeri di penis ataupun testis Dok. Apakah ini normal Dok? Berbahayakah Dok? Apa yang harus saya lakukan Dok?

Jawabannya 

Bahwa warna dan kepekatan sperma ditentukan oleh keseimbangan hormon testoteron, oxytocin, dan sebagainya. Selain itu dipengaruhi pula oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Akan tetapi, perubahan warna sperma yang semula putih kekuningan menjadi bewarna mencolok kecokelatan patut dicermati adanya gangguan karena iritasi jaringan. Sementara, olahraga yang dilakukan selama 3 kali seminggu tidak mempengaruhi warna sperma karena olahraga yang 3 kali seminggu relatif tidak berat.

“Biasanya iritasi jaringan akibat perdarahan yang bisa saja tidak ada keluhan nyeri (painless bleeding) pada saluran sperma dari buah zakar sampai dengan kelenjar prostat,”

Kami menganjurkan seseorang yang mengalami hal ini patut memeriksakan cairan spermanya ke laboratorium klinik untuk mengetahui penyebabnya. “Bila sebulan sebelum gejala tersebut tidak lakukan ML, penyebabnya mungkin gangguan keseimbangan hormonal. Minum banyak air putih sangat disarankan, dan menjaga kebersihan penis, tetapi bila upaya tersebut tidak kunjung sembuh sangat disarankan untuk memeriksa cairan sperma ke laboratorium klinik,”

Sumber : http://health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s