Cara Meningkatkan Kualitas Sperma


https://allaboutmens.wordpress.com

Kesulitan hamil tidak selalu disebabkan gangguan kesehatan reproduksi wanita. Kualitas atau kesehatan sperma kaum Adam pun memiliki peranan penting untuk mendukung terwujudnya kehamilan.

Stres dan pola hidup yang tidak sehat, dapat memengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan pria. Oleh karena itu, perlu sekiranya bagi pria memerhatikan kesehatan jasmani agar dapat menghasilkan sperma yang berkualitas dan sehat

Dikutip Boldsky, berikut beberapa tips sederhana untuk meningkatkan kualitas sperma.
1. Cek berat badan

Kekurangan atau kelebihan berat badan dapat berefek negatif pada sperma laki-laki. Oleh karena itu, sangat penting bagi kaum pria untuk memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang ideal karena memengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan.

2. Cukup asupan asam folat

Tidak hanya kaum wanita, pria juga membutuhkan asam folat. Pasalnya, asam folat memengaruhi kadar kromosom dalam sperma.

Jika kekurangan folat, kromosom akan menjadi abnormal yang tentunya memengaruhi kualitas sperma yang dihasilkan. Oleh karena itu, kaum pria disarankan memperbanyak konsumsi makanan yang dengan kandungan asam folat. Contohnya, bayam dan sayuran hijau lain.

3. Menghilangkan kebiasaan buruk

Kaum Adam cenderung mengadopsi kebiasaan hidup buruk dalam keseharian mereka, seperti merokok. Perlu Anda ketahui, merokok mengurangi jumlah dan memperlambat gerak sperma. Jadi, jika Anda seorang perokok atau bahkan perokok pasif, saatnya untuk berhenti mulai hari ini.

4. Tidak minum bir

Alkohol tidak baik bagi pria, terutama jika Anda yang sedang menjalani program memiliki bayi. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol memiliki sifat yang dapat mengurangi produksi sperma dan menyebabkan kelainan sperma.

5. Mengurangi stres

Stres dapat membuat sperma menjadi abnormal dan mengurangi konsentrasi kualitasnya. Oleh karena itu, saran dokter pasangan tidak untuk mengambil atau menjalani segala bentuk stres, karena tidak baik untuk pria dan wanita.

6. Hati-hati konsumsi obat

Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa obat yang dapat memengaruhi kualitas atau jumlah sperma laki-laki? Dibutuhkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai obat yang Anda konsumsi, apakah memiliki pengaruh terhadap kualitas sperma atau tidak.

7. Lingkungan yang beracun

Bahan kimia beracun akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Logam beracun seperti pelarut kimia dapat meningkatkan persentase kerusakan pada sperma anda. Oleh karena itu, cobalah untuk membentengi diri atau menjauh dari lingkungan beracun agar tidak mempengaruhi kualitas sperma anda.

sumber : http://rona.metrotvnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s