Perbedaan papula mutiara dan condyloma


https://allaboutmens.wordpress.com/

Dok mau tanya apa perbedaan papula mutiara dengan condyloma? (Ipan)

Jawab :Hallo Ipan,

Papula penis mutiara atau dalam dunia medis lebih dikenal dengan Hirsuties papillaris genitalis merupakan variasi anatomi normal dari kulit penis yang tidak berbahaya dan tidak bersifat ganas oleh karena itu umumnya tidak memerlukan tindakan terapi karena pada beberapa orang dapat menghilang sendiri seiring dengan waktu.

Gejalanya yaitu benjolan berupa bintik-bintik berwarna agak cerah atau sama dengan kulit sekitar yang mengumpul pada lipatan kepala penis. Papula penis mutiara ini juga tidak disebabkan oleh penyakit menular seksual sehingga tidak mengganggu kehidupan seks seseorang.

Sedangkan kondiloma akuminata atau yang dikenal dengan kutil kelamin merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus yang bernama HPV. Virus human papilloma ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit saat melakukan aktivitas seksual dengan penderita yang terinfeksi virus ini.

Gejalanya yaitu benjolan berupa bintik yang berwarna merah muda atau abu-abu yang tumbuh secara berdekatan seperti kembang kol pada batang atau ujung penis yang terasa gatal.

2 thoughts on “Perbedaan papula mutiara dan condyloma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s