Manfaat dari Tidur Cukup


tumblr_o6dnjgjr181qifygso1_500

Banyak orang kekurangan tidur setiap harinya. Hal ini, karena berbagai macam alasan. Dari lembur, tidak bisa tidur, bahkan karena sakit. Namun, penelitian telah menunjukkan jelas bahwa tidur yang cukup membantu Anda untuk dapat berbuat lebih baik dalam menjalankan tugas yang memerlukan mental, serta pikiran.

Untuk itu, Anda harus lebih mementingkan tidur Anda, agar bisa bugar di pagi harinya. Berikut, manfaat mengejutkan mendapatkan cukup tidur, seperti dilansir laman Huffington Post.

Tidur dapat melawan penyakit 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada bulan April, menemukan bahwa orang yang mempunyai tidur lima jam, atau kurang setiap malam, lebih mungkin mengalami infeksi flu, atau lainnya dalam 30 hari terakhir.

Hal ini mendukung studi sebelumnya, termasuk satu orang yang sengaja diberikan virus flu. Hasilnya, orang yang tidur sedikit hampir mungkin terkena flu, dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam, atau lebih.

Tidur dapat meningkatkan olahraga

Olahraga telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Sebaliknya, penelitian telah menunjukkan bahwa ketika Anda kurang tidur, olahraga akan terasa sulit, dan berakibat berkurangnya intensitas olahraga.

Tidur dapat membuat hormon nafsu makan berimbang

Tubuh Anda memiliki hormon yang bekerja terus-menerus menciptakan rasa lapar dan kenyang. Studi laboratorium manusia telah menunjukkan hormon kelaparan ghrelin, leptin, dan insulin akan terganggu ketika memiliki tidur yang singkat.

Selain itu, penelitian telah menemukan meningkatnya perasaan lapar ketika subjek kurang tidur, dan mereka yang kurang beristirahat cenderung memilih makanan yang tinggi akan kalori.

Tidur dapat mencegah migrain

Sebuah studi yang dilakukan di Korea Selatan, mengindentifikasi alasan mengapa orang dapat menderita migrain. Pemicunya ternyata kurang tidur, kelelahan, dan stres menempati posisi tiga teratas dalam studi ini. Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Headache, menunjukkan penurunan migrain terhadap wanita yang rentan, ternyata memiliki waktu lebih banyak untuk tidur.

Tidur dapat melawan obesitas

Banyak penelitian observasional menunjukkan hubungan antara obesitas dan kurang tidur pada anak-anak dan orang dewasa. Salah satu studi yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity menunjukkan, tingkat metabolisme pada pagi hari lebih rendah ketika subjek kurang tidur.

Sementara itu, studi lain dari University of Pennsylvania menunjukkan kenaikan berat badan pada orang yang kurang tidur, sedangkan yang mendapatkan cukup tidur tidak ada kenaikan.

Jadi, mulailah mengatur jadwal tidur Anda secara teratur dan rutin, serta mengurangi kafein, membatasi nikotin, dan alkohol, agar memiliki tidur yang cukup. Namun, bila tidur Anda memiliki masalah, Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis.

sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s