Cara Mengukur Kesuburan Pria


cgs_kfmukaed3-a

Setiap wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi yang terbagi dalam beberapa tahap di mana akan selalu ada masa subur. Saat masa subur tersebutlah wanita punya potensi paling besar untuk hamil dan saat itulah tingkat hormon reproduksi tubuhnya meningkat. Jika kita mengetahui kapan masa subur wanita, tapi bagaimana dengan pria?
Tak ada yang tahu kapan pria punya masa subur terbaik dalam hidupnya, bisa hari ini, kemarin, bulan depan atau hari lainnya. Tapi kamu pasti tak pernah tahu kapan seorang pria punya tingkat kesuburan paling tinggi. Ternyata kamu bisa kok menilai seorang pria subur atau tidak dari wajahnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wajah pria sebenarnya menyimpan berbagai rahasia tentang pria itu sendiri, termasuk kamu bisa menilai kesuburan seorang pria dari wajahnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Evolutionary Biology ini menganalisis 50 mahasiswa laki-laki ras Kaukasia  dari University of Valencia, Spanyol.

Para peneliti menganalisis sampel sperma mereka dan menghubungkan dengan fitur wajah setiap pria (seperti mata, hidung, mulut, jenggot, brewok, kumis, alis, tulang pipi, lubang hidung, bentuk wajah, rahang dan lain sebagainya).

Secara mengejutkan, mereka menemukan bahwa fitur wajah para pria yang termasuk dalam kategori berwajah maskulin punya kualitas sperma yang rendah dibanding pria yang tak terlihat begitu maskulin. Dengan kata lain, pria tampan yang punya rahang kotak, brewokan, dan berbagai fitur wajah “sangat lelaki” justru tak begitu subur.

Para peneliti juga belum tahu pasti apa alasannya. Diduga ini berhubungan dengan tingkat testosteron, para pria yang tampak lebih maskulin juga memiliki tingkat hormon testosteron yang tinggi dan dampaknya adalah kurangnya kualitas pada sperma.

Tentu saja penelitian ini masih butuh dikembangkan dan bukan berarti 100% pasti bahwa pria dengan wajah maskulin tidak bisa memberi keturunan, setiap pria pasti punya tingkat kesehatan yang berbeda.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s