Penyakit menular seksual (PMS) pada pria


cifgagbvaaad6sf

Penyakit menular seksual (PMS) pada pria sama umumnya seperti pada wanita. Perbedaannya adalah bahwa beberapa PMS ini tidak mudah terdeteksi pada pria. Mereka dapat disembuhkan melalui pengobatan atau melalui operasi sederhana dan kekambuhan penyakit jarang sekali.

Karena sulit untuk mendeteksi penyakit menular seksual tertentu pada pria, disarankan agar pria memeriksakan diri secara tahunan untuk memastikan bahwa ia berada dalam kesehatan yang baik dan bahwa tidak ada penyakit bersembunyi di dalam sistem tubuhnya. Dengan cara ini jika terdeteksi adanya PMS maka dapat dimulai pengobatan segera.
Chlamydia

Chlamydia adalah salah satu PMS umum yang dapat dialami seorang pria. Ini berkembang melalui mikroba yang disebut Chlamydia trachomatis. Tingkat Chlamydia dilaporkan meningkat seiring tahun berlalu karena kemajuan dalam metode pengujian. Chlamydia biasanya dapat terdeteksi dalam waktu satu sampai tiga minggu setelah gejala muncul.

Pria yang terinfeksi penyakit itu akan mengalami keluarnya cairan dari penis, nyeri buang air kecil, dan rasa terbakar atau kesemutan di sekitar mulut penis yang juga bisa dirasakan di testis. Jika Chlamydia ditemukan di daerah dubur, pria akan mengalami gejala seperti pengeluaran cairan di dubur atau kekeringan dan sakit parah baik saat buang air besar beberapa kali jika tidak sepanjang hari. Selain itu, Chlamydia dapat ditularkan ke tenggorokan melalui seks oral.

Gonore

Gonore dikembangkan melalui mikroorganisme tertentu yang disebut neisseria gonorrhoeae. Gejala gonore termasuk nyeri buang air kecil, keluar cairan putih, kuning atau hijau dari penis, dan testis bengkak atau membesar. Gonore juga mempengaruhi rektum dan dapat sangat menyakitkan. Gejala yang dialami seorang pria mencakup keluarnya cairan di dubur, nyeri, rasa kesemutan, kekeringan di dubur, buang air besar yang sangat menyakitkan dan keras. Jika gonore telah ditularkan melalui seks oral, seorang pria akan mengalami sakit tenggorokan yang akan terus memburuk karena berbagai jenis bakteri yang sudah ada di tenggorokan berinteraksi dengan mikroorganisme yang menyebabkan gonore. Gonore juga dapat menyebabkan epididimitis yang merupakan bagian melengkung di bagian belakang testis dimana sperma matang; yaitu pembengkakan saluran yang menghubungkan testis dengan vas deferens. Efek samping bisa berlangsung 2-30 hari setelah tertular penyakit. Jika tidak diobati, dapat membuat seorang pria tidak subur dan tidak mampu memiliki anak.

Sifilis

Sifilis adalah salah satu dari PMS yang “diam tapi mematikan”. Anda bisa terkena sifilis selama beberapa minggu, bulan, dan dalam kemungkinan yang langka, beberapa tahun sebelum mengalami efek samping pada setiap tahap. Tahap pertama sifilis muncul sebagai luka di sekitar area genital. Ini akan muncul sebagai bentol pada kulit Anda dan biasanya menghilang tanpa pengobatan dalam waktu tiga sampai enam minggu. Tahap kedua sifilis muncul dalam bentuk ruam pada kulit dan lapisan mukosa dalam tubuh. Ruam bisa sangat merah dan kasar atau seperti bintik-bintik cokelat yang paling sering ditemukan pada telapak tangan atau telapak kaki. Gejala lain yang mungkin dialami termasuk pembengkakan kelenjar getah bening, demam, sakit tenggorokan, sakit otak, pola kebotakan, penurunan berat badan yang signifikan, dan menjadi luar biasa lelah atau keletihan. Ruam adalah indikator terbesar seberapa parah penyakit ini; sementara ruam akan hilang sendiri tanpa pengobatan, setelah ruam hilang itu menjadi indikator utama bahwa penyakit sekarang dalam tahap lanjutan. Pada tahap akhir dari sifilis, seorang pria tidak akan menunjukkan efek samping yang terlihat. Namun, sementara efek samping mungkin tidak terlihat, penyakit pada dasarnya “menggerogoti” dan menyerang organ utama. Dalam tahap ini, penyakit ini mulai menyerang otak, jantung, hati, tulang, dan sendi. Seorang pria dapat mengalami kesulitan bergerak, mati rasa, perubahan penglihatan sampai ia mungkin akhirnya menjadi buta, demensia, dan tak terelakkan, kematian.

Herpes

Herpes adalah bentuk paling umum dari PMS. Ini muncul karena tertular infeksi herpes simpleks 1 (HSV-1) atau infeksi herpes simpleks 2 (HSV-2). Namun, herpes genital paling sering karena tertular virus Hsv-2. Awalnya Virus herpes muncul sebagai satu koreng atau lebih di daerah genital atau rektal. Ini adalah luka terbuka yang berubah menjadi borok pada alat kelamin dan dubur dan dapat membutuhkan lima minggu atau lebih untuk menyingkirkan virus. Ketika borok pertama kali muncul, ini adalah rasa sakit yang paling menyakitkan, paling intens, dan paling menyiksa bagi seorang pria. Dengan berjalannya waktu, ini berkurang secara bertahap.

Human Immunodeficiency Virus

Human Immunodeficiency Virus, atau HIV, menyerang sistem kekebalan tubuh. Menyebabkan seorang pria sangat rentan terkena penyakit berat lainnya. Sering kali ketika seorang pria yang telah terjangkit virus HIV, ia mungkin tidak mengalami gejala penyakit. Sampai dia menjadi sakit karena jenis penyakit, barulah HIV terdeteksi. Gejala seperti flu misalnya demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening dapat mulai muncul dua sampai enam minggu setelah terinfeksi virus HIV. Gejala yang sangat umum lainnya dari penyakit tradisional yang sering mneyertai HIV termasuk diare, kelelahan tanpa sebab, luka di mulut, dan ruam. Gejala-gejala ini dapat berlangsung 10 tahun atau lebih untuk muncul jika gejala flu biasa tidak terjadi. Terkena PMS lain dapat meningkatkan kemungkinan Anda tertular virus HIV.

Pengujian untuk PMS

Mendapatkan pengujian PMS sudah lebih mudah daripada dulu. Sekarang, Anda bisa pergi ke apotek dan membeli alat penguji PMS kit yang akan mendeteksi jenis tertentu PMS tapi tidak semua. Pengujian di rumah telah menjadi metode yang lebih umum untuk menghindari rasa malu pergi ke dokter. Jika seorang pria mencurigai dia telah terkena PMS yang lebih lanjut dari apa yang dapat dideteksi alat tersebut, sangat penting untuk diuji sesegera mungkin oleh dokter sehingga penyakit dapat segera diobati. Jika diperlukan, pengujian tambahan akan dilakukan untuk menentukan jenis PMS yang diderita.

Gimana guys kalian pernah mengalaminya gak? Jangan lupa untuk menuliskan pengalaman pribadi kalian soal PMS di kolom komentar.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s