Penyebab munculnya gatal pada penis


tumblr_obh9s9bruj1tuh4e9o1_250

Gangguan berupa gatal di area vital laki-laki jangan dianggap remeh dan sembarangan. Walau mengganggu, tapi tidak sedikit pria yang menganggap tabu karena terlalu malu akan masalahnya untuk diperiksakan ke dokter.

Kerap kali keluhan gatal pada area vital pria dikaitkan kondisi penyakit menular seks. Padahal, sebetulnya penyebabnya bisa beragam, bisa karena penyakit menular seksual maupun tidak.

“Penelusuran penyebab dari kondisi gatal pada penis pun sama pentingnya dengan pengobatannya,” kata dr. Nadia Octavia, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com.

Alasannya, untuk mendapatkan kesembuhan, diperlukan pengobatan tepat sasaran sesuai dengan penyebab dari keluhan yang ada. Lalu hal apa sajakah yang menjadi penyebab munculnya keluhan gatal pada penis? Berikut rangkumannya penyebabnya:

1. Gatal Pada Area Pubis
Area pubis atau kita kenal akrab dengan istilah area tumbuhnya bulu kemaluan, kerap kali juga dikeluhkan muncul keluhan gatal. Gatal pada area tumbuhnya bulu kemaluan bisa disebabkan beberapa pencetus, di antaranya:

– Pubic lice (kutu): kutu ini merupakan parasit yang menempel pada rambut pubis manusia. Biasanya menular melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Gejalanya adalah gatal pada area pubis dan juga bercak-bercak darah atau bercak hitam pada celana dalam yang merupakan feses dari kutu tersebut.

– Follikulitis: biasanya bersifat lebih nyeri dibandingkan gatal

– Molluscum contagiosum: merupakan infeksi virus yang memiliki gejala terdapat benjolan kecil putih seperti mutiara. Merupakan penyakit menular seksual dan dapat terlihat juga pada batang penis.

2. Gatal pada Batang Penis

Gatal pada area batang penis bisa disebabkan beberapa pencetus, di antaranya:

Herpes genitalis : merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh herpes simplex virus type 1 (HSV-1) atau type 2 (HSV-2). Biasanya terdapat juga luka bernanah

– Lichen nitidus: terdapat bintik-bintik kecil pada batang penis yang gatal. Bukan merupakan penyakit menular seksual

Untuk memastikan hal ini, diperlukan pengamatan langsung dengan dokter yang berkompetensi. Kemudiannya hasil pemeriksaan langsung baru akan menghasilkan analisa.

3. Gatal Pada Ujung Penis (Glans Penis)

Ujung penis atau (glans penis) sering juga dialami beberapa pria keluhan gatal. Keluhan gatal yang ada bisa beragam, berikut di antaranya:

– Herpes genitalis: sering menyerang glans penis dan kulit penis

– Candidiasis: merupakan suatu infeksi jamur dan bisa jadi merupakan gejala diabetes pada pria

– Kutil kelamin: merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus. Kutil biasanya juga terdapat pada batang penis dan area pubis.

– Lichen planus, psoriasis dan seborrhoeic dermatitis merupakan penyakit non menular seks yang dapat terjadi pada ujung penis dan menyebabkan gatal

Sekali lagi, satu-satunya cara untuk memastikan keluhan adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Karena hanya dengan pengamatan langsung, akan muncul analisa yang lebih akurat dan sesuai dengan kaidah penegakan diagnosa.

4. Gatal pada Skrotum (Kulit Testis)

Skrotum atau area kulit testis, atau lebih awam dikenal dengan istilah area buah zakar, kerap juga menjadi sasaran keluhan gatal pada area alat vital pria. Berikut beberapa pencetus keluhan gatal pada area buah zakar:

– Eksim: merupakan suatu penyakit kulit kronis yang ditandai dengan gatal, peradangan dan kemerahan pada kulit

– Extramammary Paget’s disease: merupakan suatu keganasan kulit pada kulit skrotum yang terlihat serupa dengan eksim.

Penting diketahui, karena kondisi gatal yang muncul pada area skrotum seringkali kronis (menahun) jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan untuk pengobatan.

5. Gatal pada Selangkangan

Berikut penyebab gatal pada area selangkangan:

– Tinea cruris: merupakan infeksi jamur yang ditandai dengan adanya ruam gatal pada selangkangan. Biasanya berkaitan dengan pakaian yang ketat dan lembab

– Candidiasis: infeksi jamur yang dapat berupa iritasi, rasa terbakar, gatal dan nyeri pada selangkangan

– Psoriasis: merupakan penyakit kulit kronis yang ditandai dengan adanya area kulit kemerahan yang menebal biasanya terdapat juga pada lutut, siku, punggung belakang dan kulit kepala.

– Dermatitis seborrhoik: hampir mirip dengan psoriasis

– Skabies: disebabkan oleh parasit sarcoptes scabiei. Biasanya gatal pada selangkangan, bokong penis, ketiak dan sela-sela jari

– Dermatitis kontak: terjadi akiabt kontak dengan alergen. Misalnya penggunaan sabun atau bahan karet (kondom).

Kemudian apa yang harus dilakukan untuk mencegah keluhan-keluhan tersebut muncul? Berikut tipsnya

a. Jangan digaruk! Coba lakukan tips berikut untuk pencegahan:

b. Bersihkan area selangkan setiap hari dan keringkan. Jamur dapat tumbuh pada area yang lembab, hangat dan tidak ada udara seperti selangkangan Anda.

c. Ganti pakaian dalam Anda setiap hari

d. Gunakan handuk Anda sendiri dan hindari sharing handuk Anda dengan orang lain

e. Gunakan sabun yang tidak berbau atau wangi menyengat jika Anda memiliki alergi

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s