Cara Menjaga Kualitas Kondom


kondom-pria-tidak-sesederhana-kelihatannya-alodokter

Kondom merupakan salah satu alat bantu yang bisa digunakan pasangan untuk mendapatkan kepuasan dalam bercinta. Namun jika tak dijaga kualitasnya, kondom malah bisa membuat aktivitas bercinta menjadi tak nyaman.

Pengasuh rubrikasi konsultasi seksual, dr Andri Wanananda, MS, mengatakan kondom bisa menjadi salah satu alat bantu mencapai kepuasan. Sebab, kondom dapat membuat suami tahan lebih lama saat bercinta serta membantu lubrikasi istri.
“Ada juga kondom yang memiliki bentuk khusus, ini dimaksudkan untuk menyentuh titik-titik sensitif istri yang bisa membuatnya lebih cepat mencapai orgasme,” ungkap dr Andri.

Untuk itu, kualitas kondom yang harus dibeli juga harus dijaga. Bagaimana caranya? Simak 4 langkah berikut ini:

1. Simpan di tempat sejuk

Kondom sebaiknya memang disimpan di tempat yang sejuk dan tak kena sinar matahari. Apabila kondom disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung maka ada risiko cairan lubrikan yang tersimpan di dalam kemasan akan mengering.

Padahal lubrikan tersebut punya fungsi sebagai penjaga agar gesekan saat penggunaan dapat dikurangi. Apabila kondom dipakai kering maka risiko untuk terjadi iritasi dan lapisan robek menjadi tinggi.

2. Kenali bahan pembuatnya

Sebagian besar kondom yang beredar di pasaran memiliki bahan dasar lateks. Jika Anda memiliki alergi lateks, tentunya penggunaan kondom yang ada di pasaran tidak disarankan.

Alih-alih mendapat kepuasan, alergi lateks bisa membuat Anda gatal, batuk, mata berair dan bersin-bersin. Pastikan dahulu bahan dasar kondom yang digunakan agar tidak menyebabkan alergi.

3. Taruh di tempat aman

Kebiasaan menaruh kondom di dompet atau saku belakang juga dinilai dapat merusak kualitas kondom. Jika memang kondom ingin dibawa bepergian, sebaiknya kondom ditaruh di tempat aman seperti tas atau koper.

4. Gunakan pelumas khusus kondom

Kondom yang kering memang dapat menyebabkan luka dan iritasi. Meski begitu, jangan sembarangan memilih pelumas untuk sekadar membasahi kondom.

Saat ini sudah banyak merek lubrikasi khusus kondom yang dijual di pasaran. Hindari juga penggunaan silikon oil atau hand body karena dapat membuat kondom berbahan lateks robek.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s