Yang Perlu Anda Tahu Tentang Klamidia


tumblr_oh2odsugyu1tuh4e9o1_250Klamidia adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Walaupun Anda mungkin tidak merasa akrab dengan namanya, klamidia adalah salah satu penyakit menular seksual paling umum. Karena sering tidak terlihat adanya gejala, banyak orang yang menderita penyakit ini dan tidak mengetahuinya.

Bakteri ini bisa berpindah dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual, dan kemungkinan melalui oral seks. Bila seseorang menyentuh cairan tubuh yang mengandung bakteri dan kemudian menyentuh matanya, infeksi mata klamidia (konjungtivitis klamidia) mungkin terjadi. Klamidia juga bisa diturunkan dari ibu ke bayinya pada saat melahirkan. Hal ini menyebabkan pneumonia dan konjungtivitis, yang bisa menjadi sangat serius pada bayi bila tidak diobati. Anda tidak bakanisa tertular klamidia dari handuk, kenop pintu, atau dudukan toilet.

Jika saya pria, bagaimana cara mengetahui bila saya terkena klamidia?

Seorang pria bisa juga mengalami kesulitan dalam mengenali gejala penyakit ini dan sebaiknya diperiksa oleh dokter setidaknya setahun sekali bila aktif secara seksual. Ketika terdapat gejala, seorang pria mungkin mengeluarkan cairan dari ujung penisnya (urethra – tempat air seni keluar), atau gatal serta sensasi panas di sekitar penis. Terkadang juga muncul bengkak pada testikel. Sering kali, seorang pria penderita klamidia mengalami sedikit gejala atau tidak ada gejala sama sekali, sehingga dia bahkan tidak mengetahui bila terjangkit penyakit ini.

Kapan gejala klamidia muncul?

Seseorang yang terjangkit klamidia mungkin akan melihat gejala beberapa minggu kemudian. Pada beberapa orang, gejala membutuhkan waktu sampai 3 minggu hingga akhirnya muncul dan banyak orang tidak mengalami perkembangan gejala.

Apa efeknya jika saya terkena klamidia?

Jika dibiarkan tidak diobati pada wanita, klamidia bisa menyebabkan infeksi pada urethra (tempat keluarnya air seni) dan peradangan (bengkak dan nyeri yang disebabkan infeksi) pada serviks. Bisa juga menyebabkan penyakit radang panggul, infeksi pada uterus, rahim, atau saluran tuba. Penyakit radang panggul bisa menyebabkan ketidaksuburan dan kehamilan ektopik di kemudian hari.

Bila tidak diobati pada pria, klamidia bisa menyebabkan peradangan pada urethra dan epididimis (struktur yang melekat pada testikel dan membantu memindahkan sperma).

Bagaimana cara mengobati klamidia?

Bila Anda berpikir Anda memiliki klamidia atau bila Anda memiliki pasangan yang menderita klamidia, Anda perlu untuk memeriksakannya ke dokter, atau ginekologis. Beberapa klinik kesehatan setempat, juga bisa memberikan pemeriksaan dan mengobati orang dengan klamidia.

Dokter biasanya mendiagnosis klamidia dengan memeriksa urin orang tersebut. Bila Anda pernah terpapar dengan klamidia atau didiagnosis dengan klamidia, dokter akan meresepkan antibiotik, yang bisa menyembuhkan infeksi dalam 7 sampai 10 hari.

Setiap orang yang pernah berhubungan seks dengan Anda juga perlu diperiksa dan diobati untuk klamidia, karena mungkin orang tersebut telah terinfeksi dengan penyakit ini tanpa adanya gejala terlihat. Termasuk pasangan seksual dalam waktu dua bulan terakhir atau pasangan terakhir Anda bila telah lebih dari dua bulan sejak terakhir kali Anda melakukan seks. Penting bagi penderita klamidia untuk tidak melakukan hubungan seks sampai mereka dan pasangannya diobati.

Bila pasangan seks Anda menderita klamidia, pengobatan secepatnya akan menurunkan risiko komplikasi dan akan menurunkan risiko Anda terinfeksi kembali bila Anda berhubungan seks dengan pasangan Anda (Anda bisa terinfeksi kembali dengan klamidia bahkan ketika Anda usai diobati karena hal tersebut tidak membuat Anda kebal akan penyakit ini).

Lebih baik mencegah klamidia daripada mengobatinya, dan satu-satunya cara yang benar-benar pasti dapat mencegah infeksi adalah dengan tidak melakukan jenis hubungan seksual apapun. Bila Anda melakukan seks, selalu gunakan kondom. Hanya ini metode yang dapat membantu pencegahan klamidia.

Gimana guys, jangan lupa untuk menuliskan pengalaman kalian di kolom komentar.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s