Penyebab Nyeri Saat Buang Air Kecil


tumblr_oh2ogsqy7h1tuh4e9o1_250

George Krucik, MD, ada 34 kondisi yang bisa menjadi penyebab disuria. Namun, kita akan membahas 10 penyebab disuria yang paling utama.

1. Urinary tract infection (infeksi saluran kemih)

Urinary tract infection (UTI) alias infeksi saluran kemih adalah infeksi di bagian manapun dari sistem kemih Anda seperti ginjal, saluran kemih, kandung kemih, dan uretra. Kebanyakan UTI melibatkan saluran kemih bawah seperti kandung kemih dan uretra. Perempuan lebih berisiko terkena UTI dibandingkan pria. Infeksi yang terbatas di kandung kemih Anda dapat mengganggu dan menyakitkan. Jika UTI menyebar ke ginjal, maka akan menyebabkan kondisi serius.

2. Obstruksi uropati

Obstruksi uropati adalah kondisi ketika urin Anda tidak dapat mengalir (baik sebagian ataupun seluruhnya) melalui saluran kemih karena beberapa jenis obstruksi. Alih-alih mengalir dari ginjal ke kandung kemih, urin malah mengalir mundur, alias refluks, ke ginjal. Saluran kemih merupakan salah satu tabung yang membawa urin Anda antara ginjal dan kandung kemih. Obstruksi uropati dapat menyebabkan pembengkakan dan kerusakan lainnya terhadap salah satu atau kedua ginjal.

3. Batu kandung kemih

Batu kandung kemih adalah gumpalan mineral keras dalam kandung kemih. Batu kandung kemih berkembang ketika urin di kandung kemih Anda mengkristal. Hal ini dapat terjadi ketika Anda tidak mampu mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya saat buang air kecil.

4. Striktur uretra

Uretra adalah tabung yang membawa urin dari kandung kemih, sehingga urin dapat dikeluarkan dari tubuh. Biasanya uretra cukup lebar untuk membuat urin dapat mengalir. Namun, saat uretra menyempit dan membatasi aliran urin, maka Anda akan mengalami striktur uretra yang menyebabkan disuria. Kondisi ini biasanya dialami oleh pria.

5. Batu ginjal

Batu ginjal (litiasis ginjal, nefrolitiasis) adalah deposit mineral kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu-batu yang terbuat dari mineral dan asam garam ini memiliki banyak pengaruh terhadap setiap bagian saluran kemih Anda. Sering kali batu terbentuk ketika urin terkonsentrasi dan memungkinkan mineral mengkristal dan melekat satu sama lain.

6.  Infeksi klamidia

Klamidia adalah infeksi menular seksual (IMS) yang umunya disebabkan oleh bakteri. Biasanya infeksi klamidia tidak memiliki gejala luar pada tahap awal, namun klamidia dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tahap selanjutnya, termasuk mencegah wanita untuk hamil, dan membahayakan kehamilan.

7. Prostatitis

Prostatitis adalah pembengkakan dan peradangan pada kelenjar prostat (sebuah kelenjar yang berukuran seperti biji kenari yang terletak tepat di bawah kandung kemih pada pria. Kelenjar prostat menghasilkan cairan (air mani) yang memberi nutrisi dan mengangkut sperma. Prostatitis sering menyebabkan nyeri dan sulit buang air kecil. Gejala lain prostatitis ialah nyeri di selangkangan, daerah panggul, atau alat kelamin yang terkadang disertai gejala seperti flu.

8. Vaginitis

Vaginitis adalah peradangan vagina yang menyebabkan gatal dan nyeri saat buang air kecil. Penyebabnya biasanya akibat perubahan keseimbangan bakteria vagina atau infeksi vagina. Vaginitis juga dapat disebabkan oleh berkurangnya estrogen setelah menopause. Tipe vaginitis yang paling umum adalah vaginosis bakteri, infeksi ragi, trichomoniasis, dan artofi vagina.

9. Herpes genital

Herpes genital adalah infeksi menular seksual (IMS) umum yang mempengaruhi pria dan wanita. Gejala herpes genital biasanya termasuk rasa sakit, gatal, dan luka di daerah genital Anda yang disebabkan oleh adanya virus herpes simpleks (HSV).

10. Artofi vagina postmenopause

Artofi vagina adalah penipisan dinding vagina yang disebabkan oleh penurunan kadar estrogen. Hal ini paling sering terjadi setelah menopause. Wanita yang mengalami artofi vagina memiliki kesempatan yang lebih besar terjangkit infeksi vagina kronis dan masalah fungsi kemih. Kondisi ini juga dapat membuat hubungan seksual menjadi menyakitkan.

Gimana guys, jangan lupa untuk menuliskan pengalaman kalian di kolom komentar.

Sumber :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s