Jerawat di bagian penis


14639680_1798442003757939_2080293848762440501_n

Penelitian menunjukkan, 8 dari 10 cowok pernah memiliki jerawat di bagian penis. Media Amerika, beberapa waktu lalu melansir berita meninggalnya seorang remaja usia 19 tahun, karena tumor pada bagian kepala penisnya. Tumor yang semula dianggap hanya bintil biasa dan tidak berbahaya itu dipecahkan dengan tangan yang tidak steril, persis seperti memecahkan jerawat di pipi. Dengan tanpa bantuan dan sepengetahuan tim medis, cowok remaja itu pun menghembuskan nafas terakhir.

Nah, bintil berukuran rata-rata 1-2 mm itu sepintas memang mirip jerawat, namun tidak selalu jerawat sungguhan. Kebanyakan merupakan kelenjar kecil yang membengkak dan bisa ditemukan di sekitar batas antara kepala dan batang kemaluan, pangkal kemaluan dan atau di kantong buah zakar.

Penyebab Lymphocele?

Aktivitas seksual seperti berhubungan sex dan masturbasi kadang juga bisa memicu tumbuhnya bintil-bintil kecil tersebut, terlebih khusus pada area di sekitar batas antara kepala dan batang kemaluan. Bintil yang sifatnya hanya sementara ini merupakan lymphocele yang membengkak karena terjadi penyumbatan kanal limfatik (getah bening dari kelenjar).

Meski pada umumnya hilang saat tumbuh dewasa, beberapa cowok kadang masih memiliki bintil-bintil permanen hingga usia 40 tahun. Baik pada cowok remaja maupun dewasa, bintil-bintil mirip jerawat yang normal dan yang berbahaya bisa dibedakan dari ciri-cirinya.

Ciri yang Berbahaya

Nah, jerawat jenis ini yang harus lebih diwaspadai karena termasuk benjolan yang berbahaya. Jika sudah mengenalnya, bintil ini harus segera ditangani oleh para ahli karena menyangkut dengan masa depan kamu dan keluargamu, cek apa saja jerawat di sekitar penis yang berbahya?

Varikokel: Varikokel atau varises di kemaluan cowok kadang datang disertai gejala benjolan seperti jerawat yang muncul di permukaan kulit. Namun yang jelas, varises di penis akan menyebabkan rasa tidak nyaman terutama jika duduk, berdiri, mauun mengejan. Cowok yang punya bintil varises di kemaluan akan tidak dapat mempunyai keturunan. Ironisnua, tidak semua cowok sadar punya varikokel di biji kemaluan. Padahal diperkirakan 10-15 persen cowok punya kondisi yang membuat susah mendapat keturunan ini. Sebagian besar justru baru sadar setelah menikah. So, kalau kamu ngerasa nyeri di biji, dan ada tonjolan, segera konsultasikan ke dokter untuk bisa didiagnosis dan mendapat pemecahan masalah yang tepat.

Kista/Tumor: Kista maupun tumor pada testis memang tergolong relatif langka namun harus tetap diwaspadai. Jika ada benjolan keras dan berbeda dari bintil sebelumnya yang ada pada bagian testis dan bukan pada skrotum (bukan di kulit/kantong buah pelir), maka lebih baik kamu mewaspadainya dengan melakukan pemeriksaan mandiri di benjolan tersebut. Tumor di testis biasanya jarang disertai dengan sakit pada benjolan kerasnya jika ditekan, tapi kalau kamu merasa tiba-tiba nyeri di sekitar kantongnya dan terus menjalar ke selangkangan, atau ada pembengkakan di skrotum tadi kamu juga harus segra periksa agar dapat arahan yang jelas. Pasalnya meski langka, biasanya tumor testsi ini lebih umum dijumpai pada remaja dan dewasa muda.

Kutil Kelamin: Penyebab adanya kutil kelamin adalah virus yang biasanya disebut Human Papiloma Virus (HPV). Virus ini menginfeksi lapisan permukaan kulit sehingga kutil bisa berada pada kulit. Ada lebih dari 100 jenis HPV, tetapi cuma beberapa yang dapat menyebabkan kutil di area kelamin. Kutil kelamin bisa terjadi pada cowok atau cewek, kalo pada cewek kutil dapat mucul di dalam atau luar alat kelaminnya, ada juga di leher rahim (serviks). Nah, kutil kelamin dapat menyebabkan gejala seperti rasa terbakar, gatal atau nyeri. Kalo terjadi pada cowok, kutil di kelamin biasa muncul di batang atau sekitar Mr.P dan berukuran kecil, berwarna seperti daging atau abu-abu dan biasanya berkum[ul membenyuk kembang kol. Gatal dan kadang gampang berdarah kalo kena gesekan.

Cara Mengatasinya

Faktor terpenting adalah menjaga kebersihan dan kelembaban. Area yang sering tertutup pakaian ini memang sensitif, oleh karena itu jika ada jerawat nikmat, kamu jangan merasa kenikmatan tapi harus berhati-hati karena bisa merenggut kenikmatan yang ada.

Sebagai pencegahan, lakukan perbaikan dasar dengan menjaga kebersihan kelamin terutama sehabis mandi dan buang air (besar dan kecil). Melakukan penggantian celana dalam setelah selesai beraktivitas atau ketika berkeringat, biar si P tetap terjaga kekeringannya. Selalu pastikan untuk tidak melakukan hubungan sexual yang berisiko, contohnya bergonta-ganti pasangan, atau di luar nikah.

Jika jerawat sydah ada, terutama jerawat berbahaya di kemaluan, maka upayakan mendiagnosa penyakit tersebut sejak dini untuk bisa dicarikan solusinya dengan cara terkini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s